Wow! Menyalakan Mobil Mogok Dengan Cara Praktis

27/07/2018| Abdul

Memang dalam mengatasi masalah Mobil mogok dapat dilakukan dengan beberapa cara. Hal yang bisa dilakukan seperti melakukan jumper aki dengan meminta bantuan kendaraan lain, mendorong Mobil dan memasukkan gigi transmisi atau bisa dengan memesan aki baru untuk diantar ke tempat Mobil mogok. Namun dalam masalah ini, ternyata ada solusi lain yang dapat dilakukan untuk menyalakan Mobil mogok.

Masalah yang kerap terjadi saat Mobil mogok adalah bagian akinya yang telah tidak bekerja dengan maksimal. Meskipun kadang ada pula masalah lain yang bisa dikarenakan beberapa faktor lain. Nah untuk kali ini, akan diberikan tips untuk menyalakan Mobil mogok dengan menggunakan keringat sendiri. Jadi tidak memanggil derek ataupun memanggil mekanik untuk datang.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memasang tali pada roda Mobil dengan bodi warna silver

Saat Mobil mogok dapat membuat bingung pengemudi jika tidak tahu cara mengatasinya

Untuk peralatan yang digunakan sangat simpel, yakni hanya dongkrak dan tali saja. Mungkin untuk dongkrak setiap kendaraan memilikinya, karena merupakan alat wajib bagi kendaraan yang harus ada pada Mobil. Sedangkan untuk tali membutuhkan yang kuat, karena nantinya akan ditarik. Apabila tidak kuat bisa membuat pemilik terlempar karena putus.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips mengemudi lainnya di Mobilmo.com

Untuk tips kali ini berasal dari salah satu presenter video si saluran shake Youtube, Denny. Mari kita simak saja langkahnya.

1. Mendongkrak Mobil

Setelah peralatan telah tersedia yaitu dongkrak dan tali, langkah selanjutnya adalah mendongkrak Mobil agar roda terangkat. Setelah itu, pastikan bahwa roda bisa diputar tanpa menyentuh tanah. Dalam posisi ini gigi transmisi berada di Netral.

2. Memposisikan kunci kontak di On dan memindah gigi transmisi

Setelah posisi roda telah terangkat dengan baik dan pastikan tepat dalam meletakkan dongkrak, langkah selanjutnya adalah memutar kunci kontak pada posisi on. Setelah itu masukkan gigi transmisi ke 1.

>>> Baca juga, Awas, Jangan Pakai Tuas P Saat Mobil Masih Jalan

3. Memutar ban dengan tali

Adapun langkah selanjutnya dalam menyalakan Mobil mogok adalah dengan mengikat tali memutar ban beberapa putaran. Setelah itu ditarik sekuat tenaga sampai roda berputar hingga menyala. Lakukan beberapa kali jika belum bisa menyala dan mencoba lebih banyak memutar tali pada ban Mobil. Karena bisa saja tarikannya kurang kuat, jadi tidak menyala.

4. Tahap akhir

Dalam tahap terakhir adalah dengan memindahkan gigi transmisi pada posisi netral. Setelah itu turunkan dongkrak yang digunakan untuk mengangkat roda Mobil tadi dan dimasukkan kembali ke dalam Mobil. Dengan begitu perjalanan bisa dilanjutkan kembali untuk mencari bengkel terdekat ataupun pulang ke rumah.

Jika dilihat memang prinsipnya seperti didorong, hanya saja untuk cara ini tidak membutuhkan banyak orang untuk melakukannya. Menurut Saya, cara ini dapat dilakukan ketika tidak ada bala bantuan yang mau menolong untuk mendorong Mobil ketika mogok.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terlengkap di Cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang tali yang diikatkan pada ban Mobil

Menyalakan Mobil dengan tali diputar ban dan ditarik bisa digunakan untuk pengendara yang bepergian sendiri dan jauh dari pemukiman

Cara tersebut membuat piston bergerak dan kembali melakukan pembakaran. Sebagai catatan, bahwa cara ini memang dapat digunakan pada Mobil dengan transmisi manual saja.

Dalam video memang tidak dijelaskan masalah detailnya, akan tetapi untuk langkah berjaga-jaga sebaiknya menggunakan dongkrak untuk kedua roda yakni kiri dan kanan. Tujuannya adalah agar Mobil tidak melompat saat mesin menyala. Hal tersebut juga tergantung mobilnya menggunakan sistem penggerak roda depan atau belakang. Jika penggerak roda depan, maka yang diputar adalah roda depan pula. Jika roda belakang maka yang diputar adalah roda belakang. Jadi untuk menyalakan Mobil mogok bisa menggunakan cara ini, namun apabila ada teman atau orang yang membantu sebaiknya didorong.

>>> Mungkin tertarik, Hal yang harus diperhatikan dalam menyalakan lampu sein mobil

Mungkin dalam hal ini para pembaca memiliki penilaian sendiri-sendiri, namun langkah seperti ini dapat menjadi tambahan informasi. Oke, untuk lebih jelasnya simak videonya di bawah ini.

Berita sama topik

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

  • Fitur ISOFIX Pada Mobil Ada Di Bangku Kedua, Kenapa?

    18/02/2021| Abdul

    Fitur ISOFIX Pada Mobil Ada Di Bangku Kedua, Kenapa?

    Terdapat alasan mengapa fitur ISOFIX pada mobil ditempatkan pada baris kedua. Tentunya banyak pertanyaan terkait hal tersebut, namun ternyata alasannya berhubungan dengan sistem keselamatan. ISOFIX sendiri ditujukan untuk menempatkan Child Seat yang merupakan sebuah kursi anak untuk dipasangkan di mobil.

  • Mengetahui Seatbelt 3 Titik dan 2 Titik Serta Sejarah 3 Point-Seatbelt

    06/01/2021| Abdul

    Mengetahui Seatbelt 3 Titik dan 2 Titik Serta Sejarah 3 Point-Seatbelt

    Apabila membicarakan soal fitur keselamatan tentunya Sobat pasti tahu yang namanya Seat belt atau sering dikenal dengan nama sabuk pengaman. Fitur ini dapat melindungi pengendara dan penumpang supaya tidak terpental ketika terjadi kecelakaan. Untuk jenisnya ada 2 yaitu seat belt 3 titik (3-Point-Seatbelt) dan 2 titik (Two Point-Seatbelt).

International