Turun Hujan Deras, Hindari Hal Ini Ketika Mengemudi Mobil Demi Keamanan

25/11/2018| Abdul

Hujan yang turun bisa saja mengganggu perjalanan menuju ke lokasi tujuan. Namun hal ini mungkin berlaku pada sebagian orang saja, karena banyak orang  yang menantikan kedatangan air hujan, apalagi setelah kemarau panjang. Pada saat mengemudi mobil terdapat beberapa hal yang perlu dihindari dan tidak boleh dilakukan.

Adapun alasan mengapa saat turun hujan terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengemudi karena untuk keamanan dan keselamatan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dihindari saat mengemudi mobil dalam kondisi turun hujan.

1. Menerjang banjir

Gambar ini menunjukkan 1 mobil menerjang banjir dan beberapa mobil di jalanan yang tidak ada airnya

Perhatikan kedalaman banjir sebelum menerjangnya

Di beberapa tempat kadang jalanan terendam banjir sehingga dapat mengganggu perjalanan. Menerjangnya boleh saja dengan catatan aman untuk dilewati. Untuk mengetahuinya bisa melihat kendaraan lain terlebih dahulu, apakah aman atau tidak. Umumnya pengemudi yang biasa saja dalam melewati banjir karena telah mengetahui kondisi jalan nya, apakah ada lubang atau tidak. Dengan melihat kendaraan lain terlebih dahulu maka sobat bisa mengambil langkah atau bagian yang telah dilewati kendaraan sebelumnya dan dipastikan aman.

>>> Baca juga, Berapa Batas Maksimal Banjir Yang Bisa Dilewati Mobil Supaya Tetap Aman

2. Parkir di bawah pohon

Gambar ini menunjukkan ranting pohon yang jatuh dan terdapat tanda pemberhentian bus

Pohon yang terkena hujan dan angin kencang beresiko tumbang

Pada saat berangkat mengemudi mobil dari rumah umumnya dalam kondisi cerah. Bahkan untuk cuaca di jalan apakah cerah atau tidak memang belum diketahui. Kadang setelah menempuh beberapa kilometer tiba-tiba turun hujan deras sehingga memutuskan untuk berhenti terlebih dahulu karena jarak pandang yang terlalu pendek. Hal tersebut sah-sah saja asalkan harus memperhatikan tempat pemberhentian.

Jadi saat berniat menepikan kendaraan dalam kondisi hujan deras sebaiknya memilih tempat yang aman, hindari parkir di bawah pohon atau papan reklame. Hal tersebut dikarenakan dapat beresiko terkena kendaraan saat pohon atau papan reklame tidak kuat menahan terjangan air hujan yang kadang disertai angin kencang. Sobat bisa memilih supermarket, Restoran, spbu dan tempat lain yang aman untuk melakukan parkir dan beristirahat sejenak menunggu hujan agak reda.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang tips pengemudian lainnya di Mobilmo.com

3. Pengereman mendadak

Gambar ini menunjukkan banyak mobil melaju di jalanan menjelang malam dalam kondisi jalanan yang basah

Saat jalanan basah dan licin melakukan pengereman mendadak dapat beresiko terjadi kecelakaan

Saat melaju dalam kondisi hujan deras dengan diikuti kendaraan lain haraplah lebih waspada. Jangan sampai niat hati ingin berhenti tapi malah bikin celaka. Jadi sebelum berhenti sebaiknya menyalakan lampu sein kiri kemudian pengereman dilakukan bertahap. Jangan melakukan pengereman mendadak karena dapat membuat pengendara di belakang kaget. Apalagi saat kondisi hujan, yang mana daya cengkram ban terhadap jalan berkurang.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Memilih Lokasi Parkir Yang Aman Di Musim Hujan

4. Tidak menyalakan lampu

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil yang melaju di jalanan yang berkabut tebal

Saat hujan turun sangat deras dan timbul kabut maka nyalakanlah lampu mobil sebagai tanda

Adapun hal yang perlu dihindari selanjutnya saat mengemudi mobil dalam kondisi hujan turun lebat adalah  tidak menyalakan lampu utama. Headlamp dan lampu belakang berfungsi untuk menjadi penanda saat berada di jalanan dalam kondisi hujan deras. Apalagi terdapat kabut tebal yang menutupi, oleh sebab itu dengan menyalakan lampu mobil dapat dijadikan penanda bahwa ada kendaraan lain disekitarnya.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

5. Fitur pendukung tidak berfungsi dengan baik

Gambar ini menunjukkan kaca mobil sedang diseka oleh wiper dan terdapat mobil lain di depannya

Fitur mobil dalam kondisi baik menambah kenyamanan dan keamanan selama berkendara

Sebelum menempuh perjalanan sebaiknya melakukan pemeriksaan pada bagian kendaraan, baik dari segi fitur dan komponen lainnya. Apalagi di musim hujan, maka fitur seperti AC, defogger, wiper dan karet wiper, spion, lampu kabut dan lainnya harus bekerja dengan baik. Tentunya akan jadi masalah apabila saat berkendara di jalan kemudian turun hujan tapi wiper tidak bekerja dengan baik. Jika begitu resiko terjadi kecelakaan menjadi lebih besar apabila nekat melajukan kendaraan. Apabila wiper tidak berfungsi maka kaca depan akan tertutup air dan pandangan terhadap jalan menjadi berkurang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa hal yang perlu dihindari saat mengemudi mobil dalam kondisi hujan deras. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?

International