Tips Bagi Pengendara yang Berpuasa Menurut Rekomendasi Dokter

15/05/2018 Abdul Kosim Pengemudian mobil

Saat bulan puasa segala aktivitas tetap berjalan seperti biasa. Yang membedakan hanya tidak makan dan juga minum seharian sampai waktunya berbuka. Bagi yang sering berkendara menjaga kondisi tubuh harus dilakukan, supaya konsentrasi tetap terjaga. Terdapat beberapa tips untuk mencegah terjadinya lemas atau lesu bagi pengendara yang berpuasa.

Seringkali badan akan terasa lemas dan lesu saat berpuasa karena asupan nutrisi dalam tubuh telah habis. Dengan begitu produktivitas akan terganggu. Untuk menghindarinya bisa memperhatikan asupan saat sedang sahur ataupun berbuka.

Bagi pengendara yang berpuasa diharapkan menjaga asupan makanan saat berbuka dan sahur supaya kebutuhan tubuh tercukupi. Seperti yang dikatakan oleh Doktor Fiastuti Witjaksono yang merupakan ahli gizi medik dari fakultas kedokteran Universitas Indonesia.

Gambar ini menunjukkan 2 orang pria dan 1 wanita sedang bersantap makanan saat sahur

Asupan makanan yang tepat saat sahur membuat puasa menjadi lancar

“Agar puasa tetap lancar maka kita harus benar-benar memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka," ungkap Dokter Fiastuti Witjaksono.

Apabila asupan makanan yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka, ternyata bisa menjadikan rasa kantuk dan lesu melanda pada tubuh. Oleh sebab itu bagi pengendara yang berpuasa harus benar-benar diperhatikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi Harga Mobil terbaru

“Apalagi bagi mereka yang membutuhkan tenaga ekstra karena harus mengendarai sepeda motor atau mobil. Jadi kalau asupannya salah bisa mengakibatkan lesu dan ngantuk,” terang Fiastuti.

Selain itu pihaknya juga menambahkan untuk tidak minum kopi terlalu banyak saat sahur. Selain itu jangan pula konsumsi minuman manis berlebihan, hal tersebut dikarenakan kopi dapat menstimulasi tubuh agar buang air kecil. Apalagi kalau sedang berpuasa dan saring buang air kecil, maka akibatnya cairan dalam tubuh cepat habis dan mengalami kekurangan.

“Selain itu porsi yang cukup untuk nasi. Jangan terlalu banyak makan nasi karena membuat kita lemas. Hindari tidur setelah sahur karena akan menguras kalori tubuh,” sarannya.

Gambar ini menunjukkan dua tangan yang satu memegang roti dan yang satu memegang kemudi

Segera berbuka jika sudah waktunya supaya energi tubuh terisi kembali

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi informasi review Mobil terbaru

Seperti yang dikatakannya, bahwa tidur sesudah habis sahur juga tidak dianjurkan, karena dapat menguras kalori yang terdapat dalam tubuh.  Untuk menu sahur sangat disarankan konsumsi buah dan sayur karena memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Untuk contoh sayuran yang bergizi dan membantu tubuh saat berpuasa adalah, labu, rebung dan kentang. Sedangkan untuk buah meliputi salak, pisang, apel dan juga alpukat.

Bagi Anda yang mempunyai dokter pribadi bisa meminta resep multivitamin. Kegunaannya adalah sebagai tambahan vitamin terutama untuk pengendara yang berpuasa. Suplemen tubuh yang direkomendasikan tersebut dapat menjaga stamina tubuh tetap prima disamping mengkonsumsi sayur dan juga buah-buahan.

Dengan mengkonsumsi vitamin yang direkomendasikan oleh Dokter dan juga konsumsi buah dan sayur dapat membuat badan menjadi terasa segar sepanjang hari. Selain itu rasa letih dan lesu juga dapat dihindarkan. Dengan begitu pengendara yang sedang berpuasa akan dapat mengemudi Mobil dengan lancar dan mampu berkonsentrasi serta fokus sehingga keselamatan dan kenyamanan lebih maksimal.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Berbuka Puasa Saat Perjalanan Dengan Mobil

Gambar ini menunjukkan beberapa buah kurma berada di atas sendok

Kandungan gizi pada kurma dapat mengisi nutrisi tubuh yanbg hilang

Pengendara yang berpuasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma saat sahur ataupun berbuka. Kandungan buah kurma yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang ketika berpuasa adalah magnesium, kalium dan juga karbohidrat. Dengan begitu puasa akan lebih lancar dan tidak mudah terserang rasa kantuk.

Selain kurma, makanan lain yang baik dikonsumsi adalah makanan yang berserat tinggi dan lambat untuk dicerna. Makanan dalam kategori ini seperti nasi merah, kacang-kacangan biji-bijian dan juga gandum.

Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat terutama bagi pengendara yang berpuasa, dapat melancarkan kegiatan di siang hari. Selain itu rasa lesu dan juga kantuk tidak akan mudah menyerang tubuh.

Mungkin anda ingin baca