Teknik Aman Putar Balik Mobil Di Tengah Jalan

01/05/2019| Fatchur Sag

Karena suatu alasan, adakalanya pengemudi harus melakukan putar balik mobil di tengah jalan. Hal ini akan mudah dilakukan jika ada jalur putar balik, tinggal ambil jalur kanan, nyalakan sein kanan dan lakukan putar balik seperti berkendara biasa. Bagaimana jika tidak ada jalur putar balik dan Anda harus melakukannya di tengah jalan.

Foto jalur putar balik di jalan raya

Putar balik lebih mudah dilakukan di jalur putar balik

Secara teori ada dua cara untuk putar balik mobil di tengah jalan, yaitu Three Point Turn atau teknik maju mundur dan U Turn atau putar langsung. Masing-masing teknik tersebut dilakukan menurut situasi dan kondisi. Ada kalanya di satu lokasi bisa dengan cara teknik Three Point Turn, namun di saat dan lokasi lain bisa langsung berputar.

Putar Balik dengan Teknik Three-Point Turn

Anda bisa memutar balik mobil dengan teknik three-point-turn, sebuah teknik memutar dimana Anda akan melakukan tiga titik penghentian. Gunakan teknik ini jika Anda ingin melakukan putaran balik di jalan yang sama. Sebab, Anda takkan bisa berputar balik secara langsung di jalan yang sama, meskipun sudah membelokkan setir hingga penuh. Itulah mengapa teknik three-point-turn perlu dilakukan oleh pengemudi yang ingin berbalik di jalan yang sama.

>>> Bolehkah Memutar Setir Sampai Mentok?

Gambaran Teknik Putar Balik Three Point Turn di jalan raya

Teknik putar balik maju mundur yang dikenal dengan Three Point Turn

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca pedoman teknik three-point-turn ini, antara lain:

  • Anda atur transmisi ke gigi pertama.
  • Bila posisi mobil Anda saat ini berada di sebelah kiri, dan hendak diputar ke sebelah kanan, maka Anda bisa injak pedal gas mobil sambil membelokkan setir ke arah kanan.
  • Setelah itu, Anda atur transmisi ke gigi mundur, lalu injak pedal gas sambil membelokkan setir ke arah kiri.
  • Atur kembali transmisi ke gigi pertama, dan injak pedal gas sambil membelokkan setir ke arah kanan.

Catatan:

  • Saat mengerjakan teknik Three-Point Turn, Anda harus memposisikan kedua tangan pada setir dengan posisi searah jarum jam 3 (tangan kanan) dan jam 9 (tangan kiri).
  • Bila saat ini posisi mobil Anda berada di sebelah kanan, dan ingin dibelokkan ke arah kiri, maka Anda perlu melakukan langkah-langkah sama seperti di atas, tapi ke arah sebaliknya ya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Putar Balik dengan Teknik U-Turn

Selain teknik three-point-turn, putar balik mobil di tengah jalan bisa dilakukan menggunakan teknik berbelok yang dikenal dengan nama teknik u-turn. Letak perbedaannya dengan teknik three-point-turn adalah teknik u-turn digunakan ketika Anda ingin berbalik ke jalur berlawanan dari jalur jalan Anda sebelumnya.

Gambaran Teknik Putar Balik U Turn di jalan raya

Waspadai kendaraan dari lawan arah saat melakukan putar balik U Turn

Nah, bagaimana cara melakukan putar balik mobil di tengah jalan dengan teknik u-turn? Ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini, yaitu:

  • Anda sebaiknya merapat ke jalur yang lebih dekat dengan pembatas antar jalanan.
  • Setelah itu atur transmisi ke gigi pertama.
  • Gunakan feel, saat ujung putaran bertemu dengan bagian tengah-tengah mobil, Anda bisa mulai membelokkan mobil ke arah yang diinginkan.
  • Namun, Anda jangan langsung injak gas, berhenti dulu. Cara untuk menghentikan mobil adalah dengan menginjak pedal kopling, lalu menginjak pedal rem. Kemudian, perhatikan, apakah ada mobil yang melaju dari arah yang berlawanan?
  • Jika ada, Anda berhenti dulu. Tunggu sampai semua mobil sudah tidak ada lagi. Jika sudah tidak ada mobil, Anda bisa berjalan lagi dengan melepaskan pedal kopling secara perlahan sampai mesin mobil bergetar, tapi tetap injak pedal rem.
  • Setelah Anda memastikan ada ruang putaran, lepaskan pedal rem perlahan-lahan, dan Anda bisa sambil membelokkan setir untuk menyempurnakan putaran mobil Anda. Dekati pembatas jalan, jika lalu lintas sedang ramai-ramainya.

>>> Bertemu Pengemudi Ugal-ugalan, Lakukan 4 Hal Berikut Biar Tetap Aman

Catatan:

  • Ketika melakukan teknik u-turn, Anda harus menempatkan kedua tangan di setir dalam posisi searah jarum jam 9 (tangan kiri) dan jam 3 (tangan kanan).
  • Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan teknik u-turn adalah memperhatikan pengendara motor yang ada di samping kanan Anda. Sebab, para pengendara yang juga ingin melakukan putaran balik suka menyerobot melalui celah di sebelah kanan.

>>> Kemudi Mobil Bergetar, Bisa Saja Karena 2 Komponen Ini Mengalami Kerusakan!

Cara memegang setir yang benar tangan berada di jarum jam 3 dan 9

Pastikan tangan memegang kemudi di posisi yang benar

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International