Saat Mobil Menemui Banjir, Pilih Terjang Atau Cari Jalan Lain

08/01/2020| Abdul

Pada awal Tahun Baru 2020 di beberapa daerah di Indonesia berlangsung meriah. Namun pada malam itu diwarnai dengan turunnya hujan deras sehingga terasa ada yang kurang. Bahkan beberapa wilayah ada yang berakibat banjir seperti di Jakarta dan sekitarnya. Banjir yang menda mencapai 2 meter untuk ketinggiannya seperti yang terjadi di Kecamatan Jati Asih, Bekasi Jawa Barat. Jika mobil menemui banjir diharapkan untuk mempertimbangkan segala sesuatunya terlebih dahulu.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang melintasi jalanan dalam kondisi hujan

Saat hujan deras ada potensi jalanan yang tergenang banjir

>>> Mengemudi Saat Hujan, Anda Wajib Lakukan 5 Hal Ini

Bahkan di media terdapat banyak foto yang viral seperti mobil dan sepeda motor terendam banjir dengan tinggi air yang bervariasi. Bahkan sebelumnya di jalan Tol Cipali Km 136 jalan telah tergenang banjir, padahal jalan tersebut seharusnya nyaman namun memaksa pengemudi untuk lebih waspada dan berkonsentrasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Saat Mobil Menemui Banjir

Pada saat mengemudi tiba-tiba bertemu dengan banjir akan sangat dilematis. Di pikiran pengemudi terdapat pilihan yaitu cari jalan lain, utar balik atau tetap menerjangnya. Semua ada resikonya, kalau banjir di jalan tol atau jalan satu arah maka kemungkinan putar balik tidak bisa dilakukan. Bisa juga jalanan sedang padat sehingga tidak memungkinkan melakukannya. Bahkan jika melakukannya bisa menimbulkan kemacetan dan ada potensi berbahaya, namun saat ingin mencari jalan lain juga merepotkan karena jaraknya lebih jauh, belum lagi jalurnya tidak diketahui lancar atau tidak.

Sehingga banyak pengemudi yang memilih untuk tetap melintasi banjir. Kalau soal kebenaran, langkah tersebut bisa saja benar tapi juga bisa salah. Hanya saja sangat tidak direkomendasikan untuk pengemudi menerjang banjir. Kalau soal keuntungan memang ada, tapi juga mempunyai resiko yang lebih banyak yang berhubungan dengan kualitas kendaraan yang turun dan segi keselamatan. Belum lagi kalau menyebabkan kerusakan biayanya cukup besar untuk melakukan perbaikan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melewati jalanan yang terkena banjir

Pertimbangkan segala sesuatunya sebelum melewati banjir

>>> Baca Juga, Mobil Matic Kebanjiran, Cukup 3 Hal Ini Yang Boleh Dilakukan Pemilik

Dari pihak Sony Susmana selaku Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) menyebutkan, jadi saat mobil menemui banjir tidak boleh nekat untuk melewatinya. Bahkan bukan hanya banjir saja, pihaknya juga menambahkan bahwa genangan air seperti rob ataupun tumpahan air yang berasal dari saluran tidak boleh dilewati. Namun apabila ingin tetap melewati karena suatu alasan bisa melakukannya namun harus memperhatikan batas aman yakni tinggi air tidak boleh lebih dari setengah ban mobil.

"Pertanyaannya boleh tidak sih mobil nerobos banjir? Ya bukan banjir, tapi genangan yang boleh. Kalau genangan air itu setengah dari tinggi ban. Itu ideal. Kalau lebih tidak dianjurkan lewat," tutur Sony seperti dikutip dari CNN Indonesia, (2/1/2020).

Batas Aman Banjir Yang Dilewati

Seperti yang telah disebutkan, bahwa saat mobil menemui banjir dan ingin melewatinya perlu memperhatikan batas aman. Selain itu, keamanan dan keselamatan juga perlu dipertimbangkan. Sobat dapat melihat kendaraan lain sejenis yang sudah lebih dulu melewatinya. Lihat seberapa dalam air yang dilewati, apabila air sudah berada di atas ban bahkan sampai tidak terlihat maka dapat dipastikan bahwa melewatinya tidaklah aman. Selain itu, jalur yang dilewati juga perlu diperhatikan, apakah ada lubang atau tidak karena beresiko terperosok.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna hitam melintasi banjir

Pastikan ketinggian banjir aman dilewati sebelum menerjangnya

Namun apabila tidak ada kendaraan lain yang menerjang banjir sebaiknya tidak melintasinya. Sobat juga bisa menunggu sampai ada kendaraan lain yang melewatinya. Bila dipastikan aman maka Sobat bisa ikut melewatinya namun tetap berhati-hati. Demikianlah informasi mengenai hal yang perlu dilakukan saat mobil menemui banjir. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International