Rev Matching Sangat Disarankan Untuk Mobil Bertransmisi Manual. Mengapa Demikian?

24/04/2019| Arfian Alamsyah

Sejak banyaknya mobil dengan jenis transmisi otomatis meramaikan pasar mobil Indonesia. Maka cara rev matching ini mulai agak asing terdengar di telinga kita. Maklum saja, mobil dengan transmisi otomatis mengikuti modul untuk perpindahan gigi, berbeda dengan mobil dengan transmisi manual feeling pengemudi serta ketepatan putaran mesin sangat menentukan dalam perpindahan gigi. Mengapa demikian?

>>> Kenapa wajib pakai gigi 1 ditanjakan curam? Ini alasan teknisnya

Tampak mobil All New Honda Brio Satya E CVT

Rev matching akan membuat komponen mesin dan transmisi awet, dan laju mobil jadi lebih halus

Pertama Anda harus paham dulu apa yang disebut dengan istilah rev matching. Pada dasarnya rev matching adalah  usaha untuk menyesuaikan putaran mesin di gigi berikutnya. Ambil contoh saat mobil melaju dari gigi satu hendak pindah ke gigi dua, kan saat perpindahan gigi atau gear shifting tersebut akan ada saat dimana rpm atawa putaran mesin turun, misal dari 4.000 rpm ke 2.500 rpm, nah prediksi rpm tersebut disebut dengan rev matching.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Injak kopling mobil manual

Rev matching hanya dapat dilakukan pada mobil dengan transmisi manual

Cara rev matching biasanya dilakukan dengan menekan sedikit pedaln gas saat berpindah ke gigi yang lebih rendah. Jadi pada intinya, rev matching ini akan sangat membantu Anda dalam menemukan titik optimum dari torsi yang bekerja pada mesin mobil Anda. Sehingga usaha yang dibutuhkan saat menggerakkan mobil lebih efisien jika Anda menerapkan rev matching ini. Namun, Anda wajib kenal banget atau memahami karakter mesin mobil Anda, dan hanya dapat dipraktekkan pada mobil bertransmisi manual.

>>> Ini yang dimaksud mengenai safe mode pada transmisi otomatis mobil

Tampak Spidometer All New Honda Brio Satya E CVT

Pada mobil bertransmisi otomatis, perpindahan gigi diatur dari modul transmisi

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

  • Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    04/08/2020| Abdul

    Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    Bumper pada mobil bukan hanya disediakan sebagai aksesoris tambahan namun juga untuk meredam atau menahan benturan. Jika diartikan, pengertian bumper adalah batang plastik atau besi yang melintang pada bagian belakang dan depan mobil yang berfungsi untuk benturan.

  • Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    12/07/2020| Abdul

    Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    Makanan penambah konsentrasi pengendara bisa dikonsumsi. Sehingga perjalanan bisa lebih fokus terhadap jalanan dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Sobat tidak perlu khawatir karena makanan yang kami infokan mudah untuk didapatkan.

International