Perbedaan Spoiler Dan Wing Pada Mobil

14/05/2020 | Abdul

Spoiler dan wing merupakan aksesoris pada kendaraan yang dapat mendukung kinerja dari mobil. Namun kedua aksesoris tersebut tidak bisa disamakan. Terdapat perbedaan spoiler dan wing dari segi ukuran, kegunaan serta bahan yang digunakan. Bagi Sobat yang ingin membelinya tentunya perlu mengetahui perbedaannya.

Gambar ini menunjukkan mobil sedan warna silver tampak belakang dan samping

Penggunaan spoiler dan wing ada perbedaan

>>> Baca Juga, Bukan Lagi Pemanis, Ini Peran Besar Stop Lamp Pada Spoiler

Perbedaan Fungsi Spoiler Dan Wing Serta Bentuknya

Meskipun tampak mirip namun keduanya terdapat perbedaan. Pada umumnya spoiler dipasangkan pada kendaraan jenis City Car yang berguna untuk mengurangi efek melayang ketika mobil melaju. Saat mobil dipacu dengan kecepatan yang tinggi maka spoiler akan bekerja dengan maksimal. Tidak hanya itu saja, spoiler juga berfungsi untuk mencegah kotoran seperti pasir kecil, air hujan dan debu terkena kaca belakang karena efek turbulensi udara yang dihasilkan oleh spoiler.

Sementara wing kerap digunakan pada mobil yang mempunyai performa tinggi atau mobil balap yang melaju di sirkuit. Selain itu, wing juga dibuat disesuaikan dengan desain kendaraan. Hasilnya bentuknya ada perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Umumnya desain dari wing akan disesuaikan dengan lekuk bodi mobil, sehingga akan berpengaruh terhadap aliran udara dari depan menuju ke belakang.

Selanjutnya wing akan menekan mobil bagian belakang supaya memiliki traksi aau grip ke aspal jadi semakin kuat. Jadi walaupun mobil berbelok dalam kecepatan tinggi maka mobil akan tetap stabil.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan spoiler pada mobil warna putih

Spoiler digunakan untuk harian dan biasanya digunakan pada mobil City Car

>>> Lihat Juga, Mengenal Fungsi Spoiler Mobil Yang Sebenarnya

Oleh sebab itu, saat pemasangan wing dipakai untuk harian maka terasa kurang begitu ideal. Ditambah lagi yang menggunakan bentuk tinggi dan besar, malah bisa berpotensi mengganggu pengendara lainnya dan kinerja mesin juga terbebani. Kalau perbedaan spoiler dan wing dari segi bentuk, spoiler bentuknya lebih kecil. Oleh sebab itulah spoiler sangat cocok untuk digunakan harian.

Perbedaan Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Spoiler Dan Wing

Biasanya spoiler dibuat dengan memakai bahan plastik polyurethane. Dengan bahan tersebut membuat sifatnya jadi ringan dan lentur sehingga bisa mempunyai umur yang panjang. Berbeda dengan spoiler aftermarket yang umumnya dibuat dengan menggunakan bahan fiberglass dan pembuatannya dilakukan secara handmade dengan cetakan.

Sementara untuk wing, bahan yang digunakan mengikuti dengan desain bodi mobil, lekukan dan juga sirkuit yang akan dilintasi. Umumnya bahannya adalah fiber dan karbon yang kerap dipakai oleh para modifikator.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

gambar ini menunjukkan pemasangan wing warna hitam

Penggunaan wing basanya digunakan pada mobil sport untuk dipakai di sirkuit

Aksesoris Tambahan

Adapun perbedaan spoiler dan wing terakhir adalah pada aksesoris tambahannya. Spoiler biasanya diberikan aksesoris tambahan seperti stoplamp. Sementara untuk wing desainnya memang khusus untuk pengaturan aerodinamika dari kendaraan sehingga tidak mendapatkan tambahan aksesoris apapun.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik