Mengenal Fungsi Spoiler Mobil Yang Sebenarnya

27/09/2018 | Abdul Kosim

Setiap orang mempunyai pandangan sendiri-sendiri, akan tetapi banyak yang berpendapat bahwa spoiler Mobil merupakan aksesori belaka untuk menambah estetika kendaraan. Memang ketika sebuah Mobil dilakukan pemasangan komponen tersebut, maka tampilannya menjadi lebih sporty. Namun ternyata bukan hanya dari tampilan saja, pemasangannya juga berpengaruh pada performa yang dimiliki.

Perlu diketahui, bahwa Spoiler Mobil merupakan salah satu komponen yang dapat berpengaruh pada aerodinamika pada kendaraan. Fungsinya adalah untuk menambah downforce atau bisa disebut juga dengan tekanan ke bawah. Dengan begitu saat Mobil melaju pada kecepatan tinggi, maka gaya angkat yang timbul pada Mobil akan berkurang. Gaya angkat yang terjadi pada saat kecepatan tinggi bisa berakibat Mobil terasa melayang dan kurang stabil, sehingga kontrol pengendalian Mobil menjadi berkurang.

>>> Review Ferrari Portofino 2018: Penerus yang Lebih Cepat dan Lebih Stylish

Gambar ini menunjukkan sebuah spoiler mobil 2 buah warna hitam

Spoiler Mobil selain membuat tampilan sporty juga untuk fungsi lainnya (Foto: Bukalapak)

Selain hal tersebut, spoiler Mobil yang dipasangkan juga dapat membuat pengendalian Mobil menjadi meningkat. Hal tersebut dikarenakan adanya efek aerodinamis yang meningkat dan roda akan tetap bertahan dalam menempel terhadap jalanan.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Biasanya spoiler akan dipasangkan pada bagian belakang kendaraan. Sebagai contoh pada Mobil jenis sedan yang letaknya berada di atas pintu bagasi. Sedangkan pada kendaraan yang tidak mempunyai bagasi di bagian belakang seperti jenis hatchback, spoiler diletakkan di bagian atap paling belakang. Selain bagian atap ada juga yang tempatnya berada di bagian atas kaca Mobil belakang.

Dalam hal pemasangan tidak boleh sembarangan, harus ada imbangan antara bagian depan dan juga samping. Apabila pemasangannya di bagian belakang saja, maka saat Mobil melaju kencang maka beban akan terpaku pada satu titik saja yang berakibat Mobil melaju dengan arah tak menentu. Selain itu kada Mobil berubah haluan sendiri saat kendaraan melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi. Untuk posisi spoiler bagian samping, biasanya diletakkan di bagian bawah panel pintu baik di sisi kanan ataupun kiri. Sedangkan untuk bagian depan ditempelkan pada bagian bumper.

Gambar ini menunjukkan Mobil warna biru tampak belakang dan terdapat spoiler

Mobil sedan memiliki spoiler di atas pintu bagasi belakang (Foto: Tantemobil)

Di pasaran banyak sekali spoiler yang dijual, bahkan dengan adanya teknologi yang modern membuatnya semakin canggih. Bahkan ada pula spoiler yang bisa mengembang dengan sendirinya saat pengendara memacu kendaraan dalam kecepatan diatas 100 km/jam. Tujuannya adalah supaya Mobil dapat lebih stabil ketika melaju dengan kecepatan tersebut.

>>> Baca juga, Ingat! Jangan Asal Dalam Memilih Aksesori Mobil

Dari pihak pabrikan memang memproduksinya, namun ada juga produk aftermarket yang banyak dijual di pasaran. Biasanya pemilik yang suka akan modifikasi akan menambahkan spoiler dengan berbagai model yang disukai. Tujuannya adalah supaya tampilan Mobil lebih sporty. Selain hal tersebut, bagi pemilik kendaraan yang dimana mobilnya belum ada komponen ini bisa menambahkannya. Namun perlu diketahui, bahwasanya pemasangan sendiri belum tentu tujuannya seperti yang dipikirkan dari pihak pabrikan Mobil.

Gambar ini menunjukkan spioler pada mobil yang terletak di bagian atap belakang

Spoiler pada Mobil juga membantu pengendalian Mobil lebih stabil (Foto: Nissan)

Tidak hanya itu saja, pemasangan spoiler Mobil yang kurang tepat juga mempunyai resiko. Jadi resikonya adalah membuat beban bertambah dan berakibat pada konsumsi bahan bakarnya yang menjadi lebih besar. Oleh sebab itu saat berniat memasangnya sebaiknya ditempat yang sudah terpercaya jangan asal.

Demikianlah informasi mengenai masalah spoiler Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik