Penjelasan Dan Cara Menghindari Motion Sickness Saat Di Dalam Kendaraan

27/08/2018| Abdul

Setiap orang memiliki ketahanan yang berbeda, ada yang kuat menempuh perjalanan berhari-hari. Kadang juga ada yang baru mau naik Mobil sudah pusing dan merasa mual. Tentunya masalah ini sangat mengganggu. Lantas apa sebenarnya motion sickness?

Motion sickness kerap disebut dengan mabuk perjalanan, namun jika diterjemahkan secara langsung dari bahasa Inggris berarti suatu penyakit yang terjadi dan penyebabnya adalah pergerakan. Biasanya masalah tersebut akan terjadi saat sedang berada di dalam Mobil dalam keadaan tertutup dan melaju dengan kecepatan cukup tinggi.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi wanita sedang memegang kepalanya di dalam Mobil

Motion Sickness juga dikenal sebagai mabuk perjalanan

Adapun tanda seorang yang mengalaminya adalah kepala terasa pusing, perut mual sampai dirasa ingin muntah. Apabila sobat mengalaminya, maka bisa jadi terdapat gangguan yang terjadi di bagian telinga dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan pada tubuh seseorang.

Lantas bagaimana sebenarnya Motion Sickness bisa terjadi pada seseorang ketika naik kendaraan?

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Seorang manusia dapat merasakan gerakan yang terjadi dengan 3 sistem saraf.

1. Gerakan akan dikirimkan menuju ke telinga bagian dalam dengan bentuk sinyal

2. Gerakan akan dikirimkan melalui bagian penglihatan atau mata

3. Gerakan akan dikirimkan melalui jaringan yang terdapat di dalam tubuh atau proprioceptors

Gambar ini menunjukkan seorang wanita keluar mengeluarkan sebagian tubuhnya dari jendela Mobil karena ingin muntah

Seseorang yang merasakan Motion Sickness biasanya tidak gembira saat dalam perjalanan

Pada saat proses tersebut, bisa saja otak juga akan melakukan koordinir terhadap jalannya dari 3 saraf tersebut. Sebagai contoh mudah adalah ketika sedang di dalam Mobil yang melaju, maka mata akan melihat pergerakan keadaan sekitar. Ditambah lagi kadang terdapat suara pergerakan seperti Mobil menyalip dan lain sebagainya.

Jadi pergerakan yang ditangkap oleh mata dan juga suara yang didengar oleh telinga akan disalurkan ke dalam tak. Dengan begitu otak akan berpikir bahwasanya sedang dalam kondisi yang bergerak. Akan tetapi sebenarnya tubuh sedang dalam kondisi berdiam di dalam kendaraan.

>>> Mungkin tertarik, Tips Mendengarkan Musik Saat Berkendara Untuk Menghilangkan Rasa Bosan

Adapun ketidakseimbangan yang terjadi itulah sehingga menjadikan konflik yang berada di dalam tubuh sehingga berakibat memunculkan motion sickness. Apakah masalah ini dapat dihindari? Jika bisa, bagaimana caranya?

Pada saat melakukan perjalanan tentunya kenyamanan yang diharapkan dan tidak mengalami masalah tersebut, dengan begitu perjalanan dapat menyenangkan. Dalam langkah pencegahan dapat dilakukan dengan beberapa cara, berikut ini yang bisa dicoba agar tidak mabuk perjalanan selama di dalam kendaraan.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita di dalam Mobil sedang melihat keluar melalui jendela Mobilnya

Dengan membuka jendela maka angin luar akan terhirup dan membuat tubuh lebih rileks

>>> Baca juga, Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Sakit Punggung Saat Menyetir

  • Sebelum berangkat untuk menempuh perjalanan dengan kendaraan, disarankan untuk memakan cemilan dan juga makanan ringan yang menyehatkan. Makanan ini bisa berupa biskuit atau buah supaya dapat terhindar dari rasa mual pada bagian perut.
  • Ketika menempuh perjalanan pada jalur darat diharapkan untuk tidak merokok. Selain itu hindari juga untuk duduk di dekat perokok, karena bisa menyebabkan kepala pusing (ada juga yang tidak).
  • Memposisikan tubuh saat di dalam Mobil serileks mungkin. Selain itu mengatur napas juga diperlukan, ditambah lagi jangan lupa mengobrol dengan teman untuk menghilangkan perasaan mual di dalam tubuh.
  • Melakukan pergerakan ringan di dalam Mobil untuk melemaskan otot supaya tidak kaku. Selain itu bisa juga dengan menggerakkan kaki dan juga merubah posisi duduk dalam beberapa menit.
  • Disarankan untuk tidak melihat ponsel atau layar smartphone, hal tersebut dikarenakan akan menambah rasa pusing kepala dan juga rasa mual.
  • Duduk di dekat jendela dan membukanya sedikit. Dengan begitu udara segar dari luar akan terhirup dan ini merupakan cara yang paling ampuh.
  • Hal yang kerap dilakukan adalah duduk di bagian depan atau dekat pengemudi. Biasanya banyak orang yang duduk dekat pengemudi akan merasa baik-baik saja, padahal ketika di belakang merasakan mabuk perjalanan.

Cara di atas bisa saja tidak berguna bagi sebagian orang, namun kebanyakan orang cara yang paling ampuh adalah duduk dekat jendela dengan membukanya sedikit. Selain itu saat terdapat orang lain yang muntah, sebaiknya menutup hidung dan tidak melihatnya. Karena hal tersebut bisa membuat kita ikutan merasakannya.

Demikianlah informasi mengenai masalah motion sickness dan cara untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?