Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Sakit Punggung Saat Menyetir

26/08/2018| Abdul

Sakit punggung saat menyetir memang merupakan salah satu efek yang dirasakan ketika terlalu lama mengemudi. Namun hal tersebut juga tergantung dari fisik seseorang, kadang ada yang kuat dan juga ada yang tidak dan membuat pegal serta timbul rasa sakit.

Sensasi yang dirasakan ketika berkendara berbeda dengan duduk di kursi kantor. Mengingat saat berada di dalam Mobil tubuh mendapatkan getaran, percepatan, goyangan dan lainnya.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang di dalam Mobil sambil memegang lehernya

Terlalu lama mengemudi Mobil tanpa istirahat dapat menimbulkan rasa pegal dan kelelahan

Dari pihak Alan Hedge, PhD, CPE selaku profesor ergonomi di Cornell University mengatakan, bahwasanya getaran yang terjadi pada tulang belakang akan mendorong cakram (bantalan yang bertindak sebagai peredam syok serta memungkinkan pergerakan tulang). Pihaknya juga menambahkan bahwa hal tersebut bisa berakibat rusaknya mekanis pada bagian cakram.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

“Ada bukti bahwa kombinasi dari faktor-faktor ini, ditambah dengan desain kursi mobil itu sendiri, dapat meningkatkan kemungkinan masalah punggung bagi sebagian orang,” jelasnya, yang dilansir dari Menshealth.

Untuk masalah sakit punggung saat menyetir, dari pihak Douglas Krebs, DC selaku ahli ortopedi chiropractic di Chicago memberikan sarannya. Yang mana untuk membuat daerah pinggang supaya dapat sebuah kesempatan untuk melakukan perlawanan baik dari tekanan fisik dan juga desain Mobil. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyesuaikan punggung kursi pada Mobil hingga 100 derajat dan juga untuk kursi bawah 5 derajat ke bagian atas.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi sedang duduk dan mengemudi dan terdapat bantalan warna merah di punggungnya

Gunakan bantalan pada punggung untuk mencegah sakit punggung selama mengemudi

Walaupun untuk posisi ideal untuk punggung adalah 130 derajat, namun dengan posisi di atas yang terbilang lebih sempit memungkinkan pengendara untuk mengistirahatkan lehernya. Biasanya dapat meletakkan leher pada bantalan yang terdapat pada kursi Mobil dengan kondisi masih dapat melihat jalanan dengan baik.

>>> Mungkin tertarik, Tak Ingin Celaka, Jangan Paksakan Diri Berkendara Saat Lelah Dan Mengantuk

Selain itu, kebanyakan Mobil yang dipasarkan memang tidak mempunyai cukup pendukung lumbal di bagian bawah. Nah untuk solusinya, pihak Krebs menyarankan untuk memberikan bantalan sendiri seperti bantal ataupun dengan menggulung kaos dan menempatkannya di bagian belakang punggung ketika berkendara. Tentunya hal ini akan cukup membantu memberikan rasa nyaman selama perjalanan.

“Jika Anda memberi bantalan yang aman di punggung bawah untuk menurunkan tekanan pada cakra lumbal Anda, bagian tubuh lainnya akan jatuh ke tempatnya,” kata Krebs.

Gambar ini menunjukkan sebuah bantalan warna hitam yang menempel pada jok Mobil

Penggunaan bantalan pada punggung kerap dilakukan banyak pengemudi

>>> Baca juga, Pastikan Posisi Duduk yang nyaman Saat berkendara Ketika Melakukan perjalanan

Pada saat Anda tidak menggunakan kaki untuk menekan pedal, maka bisa sejenak menstabilkan bagian bawah dari tubuh. Jadi untuk langkahnya adalah dengan menjaga kaki kiri tetap menekan kuat pada lantai, kemudian apabila sedang bersandar pada bagian cruise control, maka bisa dengan menekan kedua kaki ke bagian lantai. Usahakan dalam melakukannya sampai tulang kering dan juga paha dapat membentuk sudut 90 derajat. Dengan begitu kaki akan terasa lebih rileks dan nyaman.

Dari pihak Krebs juga menambahkan, pada saat berkendara dalam waktu lebih dari 20 menit, maka sebaiknya menyesuaikan kursi pengemudi. Selain itu merubah posisi duduk juga dilakukan supaya mengurangi beban yang konstan pada bagian tulang belakang.

Apabila Anda terjebak dalam kemacetan panjang dan lebih dari satu jam, maka bisa sejenak berhenti untuk sekedar merenggangkan otot supaya tidak sakit punggung saat menyetir.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International