Pemerintah Longgarkan Kredit Kendaraan Bermotor 1 Tahun, Ini Syaratnya!

02/04/2020| Fatchur Sag

Masalah ekonomi menjadi paling terdampak oleh wabah virus Corona (COVID-19). Pembatasan aktivitas di luar rumah lewat kampanye Work from Home (WFH) membuat banyak kegiatan ekonomi masyarakat terganggu. Imbasnya penghasilan menurun tajam dibanding hari-hari normal.

Pemerintah akhirnya mengeluarkan kebijakan penangguhan kredit kendaraan selama satu tahun mulai 1 April 2020. Disebutkan kelonggaran kredit ini berlaku untuk pekerja sektor informal. Termasuk di dalamnya tukang ojek, sopir taksi, dan para nelayan yang memiliki tanggungan kredit kendaraan bermotor.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto logo Otoritas Jasa Keuangan

Pemerintah tangguhkan kredit kendaraan bermotor

"Otoritas Jasa Keuangan juga menerbitkan beberapa kebijakan yaitu keringanan dan atau penundaan pembayaran leasing sampai dengan Rp 10 miliar termasuk untuk UMKM dan pekerja informal maksimal satu tahun serta memberikan keringanan pembayaran kredit atau leasing tanpa batasan plafon sesuai dengan kemampuan bayar debitur dan disepakati dengan bank atau lembaga leasing," tutur Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Senin sore (31/3/2020).

"Tukang ojek, sopir taksi, serta nelayan yang sedang memiliki kredit motor atau mobil, saya sampaikan kepada mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama satu tahun," katanya lagi.

>>> Mau Kredit Mobil, Jangan Asal Pilih Leasing. Perhatikan Tiga Hal Berikut

Syarat dan cara pengajuan

Ilustrasi pengisian formulir permohonan penangguhan kredit

Harus ada permohonan untuk keringanan kredit kendaraan bermotor

Untuk mendapatkan keringanan kredit kendaraan bermotor seperti yang dimaksud, ada ketentuan dan persyaratan yang harus dipenuhi sesuai kesepakatan Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Diantaranya tidak memiliki tunggakan sebelum 2 Maret 2020 atau bersamaan dengan pengumuman kasus Corona pertama di Indonesia. Lalu nominalnya tidak lebih dari 10 miliar seperti disebut Presiden di atas, serta memiliki jaminan atau pemegang unit kendaraan. Untuk kriteria lain mengikuti aturan yang ditetapkan perusahaan pembiayaan atau leasing.

Untuk pengajuan bisa dilakukan mulai 30 Maret 2020 dengan cara sebagai berikut:

  1. Pengajuan permohonan keringanan dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir yang dapat didownload di website resmi perusahaan pembiayaan
  2. Pengembalian formulir dilakukan melalui email (tidak perlu mendatangi kantor perusahaan pembiayaan)
  3. Persetujuan permohonan restrukturisasi akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email.

>>> Mau Beli Mobil, Kenali Perbedaan DP dan TDP

Foto ilustrasi taksi online

Penangguhan kredit tidak berlaku secara umum

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International