Musim Hujan, Hati-hati Mobil Tersambar Petir

10/01/2020| Fatchur Sag

Cuaca ekstrem mengawali perjalanan tahun baru 2020 di Indonesia, mulai dari hujan deras hingga angin kencang. Dampaknya juga luar biasa, banjir menggenangi wilayah ibu kota dan sekitarnya mengakibatkan aktifitas masyarakat terganggu. Di tempat lain sejumlah pohon bertumbangan tak mampu menahan kencangnya angin.

Foto menunjukkan Pohon tumbang menimpa sejumlah kendaraan

Cuaca ekstrem terjadi di Indonesia di awal 2020 menyebabkan banyak bencana

Tidak jarang hujan angin disertai guruh, kilat dan petir. Dan bagi pengendara kendaraan bermotor, kondisi ini sangat menakutkan. Kejadian di Rusia pada September 2019 lalu menjadi contoh dimana sebuah mobil tersambar petir saat melaju di jalan raya yang sedang hujan. Beruntung tidak ada korban jiwa, namun mobil langsung mogok seketika dan rusak.

>>> Mengapa Mobil Bekas Banjir Dijual Murah? Baca Ini Dulu

Menurut Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kasus mobil tersambar petir memang jarang terjadi. Tapi potensinya selalu ada dan mengintai. Karenanya pengemudi perlu melakukan langkah antisipasi.

  • Pertama; Hindari parkir di tempat lapang saat hujan.
  • Kedua; Hindari parkir di bawah objek tinggi yang tidak ada penangkal petir seperti pohon tinggi atau gedung yang tidak ada penangkal petirnya. "Kalau seperti di tanah lapang atau tidak dekat gedung-gedung yang ada penangkal petir bisa saja tersambar," tutur Imam, seperti dikutip dari Kompas, (3/1/2020).
  • Ketiga; Hindari parkir di bawah pohon untuk meminimalisir tertimpa pohon tumbang bila tersambar petir. "Sifat petir adalah mencari jalan terpendek menuju tanah. Terkadang melalui pohon, sehingga akan berbahaya jika memarkir kendaraan di bawah pohon saat hujan deras," jelasnya.

>>> Musim Hujan Datang, Lakukan Antisipasi Agar Tidak Tertimpa Pohon Tumbang

So, pastikan Anda selalu waspada dan berhati-hati. Jangan sampai kasus mobil tersambar petir menimpa Anda hanya gara-gara salah memarkirkan kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International