Mengapa Mobil Bekas Banjir Dijual Murah? Baca Ini Dulu

04/01/2020| Abdul

Banjir menjadi salah satu bencana alam yang tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Namun yang pasti, saat mobil terendam banjir akan ada masalah yang menghantui. Baru-baru ini terdengar kabar bahwa banjir telah menggenangi wilayah DKI Jakarta. Mungkin ada beberapa wilayah lain yang bernasib sama. Dalam pembahasan kali ini adalah mengenai mobil bekas banjir dijual murah.

Bahkan dalam pasar mobil bekas, kendaraan yang sudah tergenang banjir akan lebih sulit dijual  dan kebanyakan showroom tidak menerimanya. Oleh sebab itu penjualan umumnya dilakukan perorangan dengan tidak menyebutkan gamblang bahwa mobil tersebut bekas banjir, meskipun tidak semua penjual begitu.

Jadi ketika membeli sebuah mobil bekas dengan kondisi yang pernah terendam banjir akan ada resikonya. Memang untuk harganya lebih terjangkau namun kedepannya akan merepotkan pembeli. Dengan melihat hal tersebut tentunya ada beberapa faktor yang membuat mobil bekas yang sudah tergenang banjir harganya murah dan sulit untuk dijual.

1. Terjadinya Kerusakan Pada Bodi Dan Interior

Gambar ini menunjukkan kondisi mobil setelah terendam banjir

Perbaikan mobil terendam banjir terbilang besar

>>> Baca Juga, Mobil Matic Kebanjiran, Cukup 3 Hal Ini Yang Boleh Dilakukan Pemilik

Pada saat mobil tergenang banjir maka otomatis bodi bagian luar terkena air dan juga benda lain yang ikut terbawa air. Sehingga resikonya adalah bodi mobil banyak goresan ataupun penyok. Selain itu cat bodi mobil yang terkena air banjir tersebut dapat menjadikannya kusam, bahkan karat akan menyerang bila tidak segera dilakukan pencucian setelah banjir telah surut.

Begitupun untuk bagian interior, pada saat air masuk ke dalam kabin mobil maka dapat membuat lumpur, batu kerikil dan benda lainnya masuk ke dalam. Hasilnya bagian ini akan dipenuhi lumpur dan benda lain serta merusak bagian kabin seperti jok, plafon, dashboard dan bagian lainnya di dalam mobil.

Jangan lupakan kolong mobil, karena bagian ini juga menjadi salah satu bagian yang rawan terkena karat, apalagi mobil yang terendam banjir.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Kerusakan Pada Mesin Dan Sistem Kelistrikan Mobil

Gambar ini menunjukkan mesin mobil dalam kondisi terendam banjir

Mobil terendam banji dapat membuat banyak komponen yang rusak atau bermasalah

>>> Meski Murah, Jangan Beli Mobil Bekas Terendam Banjir

Selain pada bagian eksterior dan interior masih ada resiko kerusakan lain pada kendaraan saat tergenang banjir yakni pada mesin dan sistem kelistrikan. Tentunya hal ini lah yang membuat mobil bekas banjir dijual murah. Ketika mesin mengalami masalah akibat banjir akan banyak komponen bermasalah. Bahkan untuk perbaikan perlu dibongkar secara total agar semua komponen bisa dibersihkan.

Begitupun pada sistem kelistrikan, saat tergenang banjir maka sistem kelistrikan secara otomatis mengalami masalah. Jika dinyalakan akan menyebabkan konsleting yang dapat membuat kerusakan lebih parah. Oleh sebab itu sangat disarankan setelah mobil tergenang banjir mobil segera dilakukan perbaikan total. Bahkan resiko timbulnya karat pada bagian-bagian mobil masih tetap menghantui.

3. Biaya Perbaikan Yang Mahal

Bagi beberapa orang yang mempunyai uang lebih bisa melakukan perbaikan pada mobilnya yang tergenang banjir. Kenapa tidak semua pemilik mobil bisa melakukan perbaikan? Jadi untuk perbaikan yang dilakukan pada mobil terbilang menyeluruh, dari mulai eksterior, interior maupun mesinnya. Sehingga biayanya akan sangat mahal.

Oleh sebab itu pemilik mobil meminimalisir hal tersebut dengan cara menjual mobilnya dengan harga murah. Bisa juga dengan melakukan perbaikan ringan kemudian baru menjualnya.  Selain itu, bagi yang bisa melakukan perbaikan total biasanya juga akan langsung menjualnya untuk menggantinya dengan yang baru. Apalagi resiko mobil bekas yang pernah tergenang banjir akan bisa mengalami kerusakan kembali di kemudian hari.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 pegawai  asuransi astra sedang duduk

Pemilik mobil akan lebih tenang jika mobil bekas terendam banjir tercover asuransi

Dengan mengetahui beberapa hal tersebut tentunya sudah tahu alasan mobil bekas banjir dijual murah. Namun perlu diingat, bahwa mobil yang diasuransikan dan klaim banjir disetujui tentu akan lebih meringankan  pemilik karena tidak perlu mengeluarkan biaya dalam jumlah besar untuk perbaikan. Oleh sebab itulah asuransi mobil terbilang penting dan mempunyai manfaat yang bisa didapatkan. Itulah pandangan kami mengapa mobil bekas banjir dihargai dengan murah. Mungkin masih ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi harga mobil bekas banjir.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ini Cara Blokir STNK Online Di Jakarta Agar Tidak Terkena Pajak Progresif

    14/12/2020| Abdul

    Ini Cara Blokir STNK Online Di Jakarta Agar Tidak Terkena Pajak Progresif

    Blokir STNK diperlukan untuk menghindari pajak progresif dan juga menghindari masalah di kemudian hari yang dialami oleh pemilik baru kendaraan yang sebelumnya kita miliki dan sudah dijual. Apalagi memiliki mobil 1 dan lebih dari satu dengan nama yang sama akan membuat pemilik perlu membayar pajak progresif.

  • Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

    07/11/2020| Abdul

    Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

    Sampai pada saat ini mobil Toyota Fortuner telah melewati beberapa generasi. Namun ada yang belum tahu mengenai fitur Toyota Fortuner generasi pertama. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya.

  • Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    13/08/2020| Abdul

    Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    Semakin mahalnya mobil baru membuat masyarakat Indonesia cenderung berminat terhadap mobil bekas. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, mobil bekas juga memberi banyak pilihan beragam termasuk berbagai tipe dan model yang bisa dipilih sesuai selera. Di antara banyak pilihan tersebut, salah satunya membeli mobil bekas taksi.

International