Mobil Zaman Sekarang Mudah Ringsek, Ini Manfaat Besarnya

27/08/2018| Fat

Foto mobil ringsek usai tabrakan

Mobil zaman sekarang lebih mudah ringsek saat tabrakan

Dibanding dengan mobil-mobil zaman dulu, mobil zaman sekarang punya desain lebih keren dan cantik untuk dilihat. Selain itu, dari sisi fitur mobil zaman sekarang juga lebih lengkap dan memberi banyak kemudahan.

Tapi saat terlibat sebuah kecelakaan, mobil zaman sekarang lebih mudah ringsek. Walhasil, hal ini menimbulkan anggapan kalau mobil zaman sekarang rapuh. Masih kuat mobil-mobil zaman dulu yang saat terlibat tabrakan atau benturan hebat tidak mudah ringsek apalagi hancur.

Tapi, benarkah mobil zaman sekarang lebih jelek hanya karena mudah ringsek?

Pemilik Bengkel Garden Speed, Taqwa Suryono Swasono menuturkan mobil sekarang memang didesain mudah ringsek. Tapi itu bukan semata-mata mobil jelek dan tidak berkualitas alias ada manfaat besar dibalik semua itu.

Mobil zaman sekarang di seluruh dunia hampir pasti dilengkapi dengan teknologi zona benturan yang dinamakan crumple zone. Teknologi ini menyerap energi kinetik. Ini ditujukan untuk menjaga keselamatan penumpang saat terjadi tabrakan dari depan dengan remuknya bagian hidung mobil.

>>> Minimalisis Kecelakaan Di Jalan Raya, Perhatikan 11 Tips Aman Berikut

Gambar ilustrasi Teknologi Crumple Zone

Teknologi Crumple Zone meminimalisir dampak fatal kecelakaan

Lain dengan mobil-mobil zaman dulu yang dibuat kaku dan kokoh di bagian depan. Saat terjadi benturan keras dari arah depan, kondisi kendaraan tidak terlalu hancur, tapi energi kinetiknya beralih ke penumpang yang berada di dalam kabin yang akhirnya malah berakibat fatal.

"Ini terobosan yang dipakai oleh produsen otomotif di dunia untuk mengurangi cidera yang ditabrak dan juga yang di dalam mobil," tutur Taqwa di kawasan BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.

Pendapat sama juga disampaikan pihak Toyota Astra Motor (TAM). Menurut Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service PT TAM semua kendaraan terbaru didesain dengan teknologi crumple zone demi mengutamakan keselamatan pengendara saat terjadi kecelakaan.

>>> Jangan abaikan tulisan tips pengemudi berguna lainnya yang ditawarkan di sini

Foto Wuling Confero S ringsek di bagian depan

Dengan teknologi crumple zone mobil akan ringsek saat terjadi benturan namun penumpang tetap aman

"Dengan begitu, penumpang tidak akan mengalami luka parah ketika terjadi kecelakaan. Meski mobil ringsek, orang di kabin tidak akan terluka parah, sebab mesin depan juga diperhitungkan untuk membantu penyerapan benturan," kata Dadi kepada salah satu media nasional belum lama ini.

Nah, jadi tahu kan, ternyata ada manfaat besar mengapa mobil zaman sekarang lebih mudah ringsek saat kecelakaan.

>>> Belum Dibeli, BMW X1 Tabrak Diler di Cina Akibat Salah Injak Gas

>>> Klik di sini untuk mengupdate info seputar tips dan trik otomotif yang lain

Berita sama topik

  • Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    09/09/2021| Abdul

    Apa Alasan Dilarang Menyalip Di Terowongan Dan Jembatan?

    Terdapat larangan menyalip di terowongan dan jembatan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan dan tidak terjadi kecelakaan.

  • Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    11/08/2021| Doris Elisa

    Kenapa Harga Ban Dunlop Ring 15 Lebih Mahal?

    Apakah Anda ingin mengganti ban mobil Dunlop untuk mobil kesayangannya? Anda ingin mencari informasi, daftar harga ban mobil Dunlop khususnya harga ban Dunlop ring 15, dimana jual yang berkualitas dan bergengsi? Ikuti artikel ini, Mobilmo.com akan menjawab semua pertanyaan Anda.

  • Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    06/08/2021| Doris Elisa

    Apakah Anda Sudah Tahu, Inilah Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

    Banyak orang yang salah pikir bahwa tujuan ban mobil diberi alur dan rambut itu hanya sebagai hiasan saja. Padahal, alur dan rambut berpengaruh besar pada pergerakan, keselamatan kendaraan dan pengemudi. Lantas mengapa ban mobil diberikan alur dan rambut?