Mobil Suka Gonta Ganti Pengemudi? Optimalkan Melalui Fitur Memory Seat

15/11/2018| Mahmudi Restyanto

Pada mobil-mobil mewah seperti Mercedes-Benz atau BMW, pada bagian kursi pengemudi sering dijumpai fitur memory seat yang digambarkan melalui angka 1 sampai 3. Namun ada juga beberapa pabrikan yang menyematkan fitur ini untuk penumpang baris depan walaupun mungkin tidak terlalu efektif digunakan dibandingkan kursi pengemudi. Bila Anda menggunakan jasa supir saat hari kerja dan mobil Anda kemudikan sendiri saat akhir pekan, maka fitur ini sangat berguna.

>>> Baca juga: Cewek Bisa Lebih Oke Loh Dibanding Cowok Saat Mengemudi Asal Perhatikan Hal Ini

Perlu diperhatikan bahwa fungsi dari fitur memory seat adalah memanggil ulang posisi duduk yang telah diatur sebelumnya dengan cara menekan salah satu angka yang sudah direkam. Umumnya tombol memory seat diletakkan oleh pabrikan pada door trim atau sisi samping alas jok untuk mempermudah akses saat ingin menggunakannya.Hadirnya fitur ini pada mobil mewah adalah untuk mobil yang digunakan oleh lebih dari satu pengemudi yang mempunyai ukuran tubuh dan preferensi mengemudi yang berbeda-beda.

Pastikan posisi mengemudi nyaman

Setiap orang mempunyai posisi mengemudi yang berbeda sesuai ukuran tubuh dan preferensi

Fitur memory seat sendiri biasanya mampu menyimpan banyak jenis konfigurasi posisi duduk. Standarnya, memory seat akan menyimpan posisi kursi seperti sliding, reclining, dan ketinggian jok. Namun yang lebih canggih, posisi setir dan spion juga bisa direkam sehingga pengemudi mendapatkan posisi terbaik. Sayangnya masih cukup banyak pemilik mobil yang belum mengoptimalkan fitur ini. Bagaimana cara mengoptimalkan fitur tersebut?

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaik hanya ada di Mobilmo.com

Langkah pertama yang harus diperhatikan, setiap pabrikan mempunyai perbedaan pengaturan tetapi penggunaan fitur memory seat tidak jauh berbeda antara merek yang satu dengan yang lainnya. Untuk menggunakan fitur ini, posisi mobil harus dalam keadaan hidup, tidak harus menghidupkan mesin minimal kelistrikan sudah “on”. Setelah itu atur posisi duduk yang ideal untuk postur tubuh Anda, seperti ketinggian headrest, ketinggian kursi, sliding, reclining, thight support hingga lumbar support jika pabrikan menyediakannya. Untuk beberapa mobil Eropa seperti Mercedes-Benz E-Series, posisi spion luar dan juga posisi setir yakni tilt dan telescopic juga masuk dalam pengaturan memory seat sehingga bisa Anda optimalkan juga.

Gunakan memory seat untuk mempersingkat waktu

Fitur memory seat berguna untuk mobil yang digunakan oleh lebih dari satu pengemudi atau dipakai bergantian

>>> Mengemudi Tambah Nyaman Dengan Merawat Dashboard Mobil Yang Baik

Bila posisi terbaik sudah Anda dapatnya, tekan tombol “Set” atau “M” yang berdekatan dengan angka pada fitur memory seat. Setelah itu dilanjutkan dengan menekan angka 1, 2 atau 3 untuk merekam posisi yang sudah Anda atur. Saat terdengat bunyi “bip” atau lampu inidikator pada tombol menyala maka posisi mengemudi Anda sudah tersimpan pada angka yang Anda pilih dalam fitur memory seat.

Apabila mobil baru dipakai orang lain atau supir dan ingin mengembalikan posisi duduk Anda, cukup menekan angka yang telah Anda simpan sebelumnya. Ada yang cukup menekan sekali dan langsung mendapat posisi ideal, tetapi beberapa pabrikan ada yang harus menahan tombol hingga seluruh pergerakan terhenti pada posisi yang telah tersimpan. Fitur ini bermanfaat sehingga tidak membuang waktu terlalu banyak untuk mengatur posisi terbaik mengemudi sesuai ukuran tubuh Anda berkali-kali.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

  • Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    04/08/2020| Abdul

    Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    Bumper pada mobil bukan hanya disediakan sebagai aksesoris tambahan namun juga untuk meredam atau menahan benturan. Jika diartikan, pengertian bumper adalah batang plastik atau besi yang melintang pada bagian belakang dan depan mobil yang berfungsi untuk benturan.

  • Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    12/07/2020| Abdul

    Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    Makanan penambah konsentrasi pengendara bisa dikonsumsi. Sehingga perjalanan bisa lebih fokus terhadap jalanan dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Sobat tidak perlu khawatir karena makanan yang kami infokan mudah untuk didapatkan.

International