Mengemudi Tambah Nyaman Dengan Merawat Dashboard Mobil Yang Baik

03/10/2018 Abdul Kosim Perawatan mobil

Bagian interior merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan perawatan. Mengingat mengemudi Mobil berada di dalam, sehingga membuatnya nyaman sangat diperlukan. Salah satu bagian yang dapat berpengaruh dan selalu dipandang adalah dashboard Mobil. Merawat dashboard Mobil sangatlah diperlukan, supaya tetap nyaman ketika mengemudi. Apalagi bagian ini yang kerap dipandang oleh pengemudi dan penumpang bagian depan.

Manfaat yang dimiliki dashboard sebenarnya banyak seperti untuk menyimpan benda atau makanan yang siap diambil. Dengan begitu saat dibutuhkan dan ingin segera diambil dapat segera digunakan tanpa harus mengganggu konsentrasi ketika mengemudi.

Berikut ini merupakan beberapa tips merawat dashboard Mobil yang perlu diperhatikan.

1. Membersihkan menggunakan kemoceng bahan lembut

Gambar ini menunjukkan sebuah kemoceng sedang ditempelkan pada dashboard Mobil

Kemoceng yang kasar beresiko menggores dashboard Mobil (Foto: Blackxperience)

Ketika berniat membersihkan dashboard Mobil diharapkan tetap menjaga kondisinya agar terhindar dari masalah seperti goresan. Oleh sebab itu disarankan menggunakan kemoceng yang berbahan halus. Untuk prosesnya sendiri dilakukan dengan hati-hati jangan terlalu keras. Hal tersebut dikhawatirkan dapat merusak bagian lain disekitarnya.

Dalam proses pembersihan sebaiknya membuka semua jendela pintu. Tujuannya agar debu dan kotoran dapat keluar dan tidak menyebar ke bagian kabin Mobil. Setelah beberapa saat ulangi langkah pembersihannya untuk memastikan bahwa telah bersih secara maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

2. Membersihkan dengan kanebo dalam kondisi lembab

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kanebo sedang ditempelkan pada panel dashboard Mobil

Gunakan kanebo yang lembab untuk membersihkan dashboard lebih maksimal (Foto: Autocontentexp)

Penggunaan kanebo terbilang sangat efektif untuk menghilangkan kotoran yang agak bandel. Jadi dalam merawat dashboard Mobil, menggunakan kanebo sangat diperlukan. Karena hanya menggunakan kemoceng saja terbilang masih kurang. Hal tersebut dikarenakan debu yang terbang masih dapat menempel kembali.

Jadi setelah pembersihan menggunakan kemoceng, dilanjutkan dengan mengelap dashboard Mobil dengan kanebo yang lembab. Dengan begitu hasil yang didapat akan lebih maksimal. Untuk prosesnya dilakukan pengelapan beberapa kali kemudian cuci dan bilas kanebo untuk penggunaan di lain hari.

>>> Baca juga, Mengetahui Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

3. Membersihkan bagian sulit dengan vacuum cleaner

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan yang satu memegang kuas dan yang satu memegang vacuum cleaner

Penggunaan vacuum untuk menyedot debu dan kotoran lebih maksimal (Foto: Camargus)

Pada tahap pembersihan di bagian yang sulit diharapkan menggunakan vacuum cleaner. Biasanya bagian ini seperti ventilasi AC, mp3, mp4 dan bagian audio lainnya. Akan tetapi jika dirasa pada bagian dashboard masih terdapat sisa debu maka bisa memanfaatkan vacuum untuk melakukan penyedotan. Agar dalam merawat dashboard Mobil benar-benar bersih.

4. Saat berkendara mengurangi membuka kaca

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil warna hitam dengan kaca jendela terbuka

Kaca Mobil yang sering terbuka dapat membuat debu dan kotoran lebih banyak masuk (Foto: Shutterstock)

Pada saat kaca Mobil terlalu lama terbuka, maka debu yang masuk juga akan bertambah banyak. Meskipun tidak dipungkiri bahwa ketika berada di dalam Mobil akan terasa panas dan sumpek, namun sobat bisa memanfaatkan AC Mobil untuk menyejukkannya.

Dengan menutup kaca jendela tentu debu yang masuk tidak akan banyak dan dashboard Mobil tidak mudah kotor. Jika berada di tempat parkir, sebelum melakukan perjalanan membuka pintu dan jendela supaya udara panas di dalam kabin dapat keluar. Dengan begitu selama perjalanan tidak akan terasa panas secara berlebih.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaik hanya ada di Mobilmo.com

5. Membersihkan sisa makanan dan minuman

Dashboard Mobil memang kerap digunakan untuk meletakkan makanan dan minuman selama bepergian. Untuk merawat dashboard Mobil supaya tetap dalam kondisi baik, alangkah baiknya membersihkan setelah perjalanan apabila ada sisa makanan dan minuman yang berserakan atau tumpah.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita di dalam Mobil sedang membersihkan dashboard

Bagian dashboard yang terdapat sisa makanan atau minuman dapat menimbulkan jamur (Foto: Driving)

6. Menutup kaca depan ketika sedang parkir

Saat  parkir Mobil diharapkan memperhatikan segala sesuatunya. Memang di perkotaan banyak yang melakukan parkir sembarangan entah panas atau teduh. Hal tersebut dipengaruhi oleh minimnya lahan parkir. Hal tersebut tidak bisa dihindarkan, karena terbilang cukup mendesak.

Jika hal tersebut dilakukan dalam jangka panjang dapat berpengaruh dengan warna dashboard Mobil yang berubah. Untuk mengatasi masalah ini bisa mengakalinya dengan menutup kaca depan menggunakan koran atau kain dan benda lain.

>>> Baca juga, Unik, Membersihkan Dashboard Mobil Dengan Minuman Jadi Kinclong

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil warna hitam dengan kaca depan Mobil tertutup

Penutup kaca depan dapat melindungi dashboard dari sinar matahari langsung (Foto: Tokoonline88)

7. Menggunakan produk penunjang

Dalam merawat dashboard Mobil bisa menggunakan bahan penunjang seperti Biopolish Leather Care. Dengan begitu akan benar-benar bersih dan terbebas dari debu sehingga akan tetap terawat. Dengan memanfaatkan produk tersebut dapat membuat dashboard Mobil terlihat mengkilap.

Gambar ini menunjukkan dua buah tangan yang satu memegang kain dan yang satu memegang botol pembersih

Gunakan cairan penunjang untuk membersihkan kabin Mobil (Foto: Mobilku)

Dalam menggunakan bahan ini sebaiknya dilakukan secukupnya saja. Jangan sampai terlalu berlebihan karena bisa membuat lengket dengan tangan. Produk ini merupakan bahan semir sehingga harus berhati-hati dalam penggunaannya.

Selain itu bahan ini juga jangan sampai bercampur dengan makanan. Karena dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan  saat ada yang memakannya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips merawat dashboard Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca