Mengetahui Seatbelt 3 Titik dan 2 Titik Serta Sejarah 3 Point-Seatbelt

06/01/2021| Abdul

Jika membahas 2 tipe tersebut tentunya seat belt 3 titik lebih baik daripada 2 titik dari segi fungsi dan keamanan. Salah satu mobil Toyota yang menggunakan seat belt dengan 3 titik adalah Avanza yang diberikan di semua baris jok yang dimiliki.

Gambar ini menunjukkan pengunci seat belt pada mobil

Seat belt merupakan fitur keselamatan standar pada kendaraan

>>> Baca Juga, Simpel, Ini 3 Alasan Mengapa Pengendara Harus Memakai Sabuk Pengaman

Sedikit membahas sejarah tentang sabuk pengaman 3 titik. Jadi saat ini mobil wajib mempunyai seat belt. Untuk 3 poin-Seatbelt merupakan hasil penyempurnaan dari seat belt yang masih memakai 2 titik. Yang mana untuk seat belt 2 titik hanya mengandalkan sabuk atau lap saja yang berguna sebagai penahan pinggang. Sedangkan untuk yang 3 titik sudah ada tambahan selempang atau sash belt yang berguna sebagai penahan bahu. Dengan seat belt yang 3 titik dapat efektif untuk menahan panggul, bahu dan dada pengendara ketika mengalami benturan.

Adapun ide seat belt tersebut dihadirkan pertama kali oleh Volvo. Jadi penggunaan 3 Point-Sealtbelt dipelopori oleh Volvo yang dipasangkan pada mobil Volvo PV544 di tahun 1959 meskipun hanya optional.

Kemudian selanjutnya dijadikan fitur standar pada mobil Volvo 122 yang peluncurannya dilakukan tahun 1959 akhir dan mobil inilah yang mendapatkan gelar kendaraan pemakai sabuk 3 Point-Seatbelt.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan anak-anak yang memakai seat belt 3 titik

Seat belt 3 titik dapat melindungi pinggang, bahu dan dada ketika mobil mengalami benturan

>>> Jangan Sepelekan, Penumpang Di Kursi Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Adapun ide seat belt 3 titik hadir dari pria asal Amerika yakni Roger W Grisworld dan Hugh DeHaven. Kemudian untuk pematenannya dilakukan di tahun 1955. Namun setelah itu Nils Bohlin yang merupakan seorang penemu dengan kebangsaan Swedia melakukan pengembangan skema dan konstruksinya. Jadi awalnya pihak Bohlin melakukan pekerjaan di Saab sebagai pengembang untuk kursi pesawat terbang. Kemudian pada tahun 1958 pihaknya bergabung dengan pihak Volvi dan pengembangan terkait 3 Point Seatbelt pun dilakukan.

Membahas soal keamanan dari pihak Marcel Kurniawan selaku Training & Development Manager Real Driving Centre menyebutkan, bahwasanya untuk safety belt 3 titik memberikan keamanan lebih. Hal tersebut karena bisa membuat kepala dan bahu supaya tidak terlempar ke arah depan. Jadi tubuh akan tetap berada di kursi secara efektif meskipun mobil mengalami benturan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan beberapa orang memakai seat belt 2 titik

Seat belt 2 titik masih kurang maksimal melindungi pengendara dan penumpang

Sedangkan untuk seat belt 2 titik keamanannya terbilang kurang karena hanya mengikat bagian pinggang saja sehingga resiko cedera bisa lebih tinggi. Oleh sebab itulah saat berniat membeli mobil bisa memilih yang mempunyai seat belt 3 titik pada setiap kursinya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International