Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

04/08/2020| Abdul

Meski umumnya berada di depan dan belakang mobil, bumper juga biasa ditemukan pada sisi-sisi samping mobil yang sama-sama berfungsi untuk melindungi bodi mobil terhadap benturan. Dahulu, bumper mobil dirancang hanya untuk sebagai peredam benturan, namun seiring berjalannya waktu kini bumper dirancang sebagai pelindung mobil seisinya dari benturan. Sehingga pengemudi akan lebih aman mengendarai mobilnya. Lalu, apa saja fungsi bumper mobil?

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil tampak bagian depan

Mobil memiliki bumper dengan beragam fungsi

>>> Baca Juga, Bumper Mobil Berbahan Plastik Rusak, Perbaiki Dengan Cara Ini

1. Bumper berfungsi komponen mobil lainnya seperti bagian mesin dan tangki minyak mobil. Dengan hadirnya bumper, jika terjadi kecelakaan bumper melindungi komponen-komponen mobil tersebut.

2. Selain komponen, bumper juga melindungi pengendara dan penumpang yang ada di dalam mobil. Meskipun begitu tetap menggunakan sabuk pengaman ya.

3. Dengan adanya bumper di mobil kamu dapat mengurangi risiko dampak yang ditimbulkan oleh benturan yang keras.

Setelah masing-masing bumper mobil telah terpenuhi, bumper mulai dilirik sebagai aksesoris penting yang menunjang tampilan mobil sehingga banyak yang rela mengubah tampilannya untuk dimodifikasi. Di dunia modifikasi bumper standar atau pabrikan biasanya diubah dengan bumper fiber yang disesuaikan dengan tampilan selera masing-masing. Di pasaran bumper memiliki variasi harga, mulai dari yang termurah hingga kelas premium.

Contohnya bumper fiberglass dan bumper fiberglass mold. Bumper jenis ini merupakan yang paling digemari konsumen otomotif Indonesia. Pasalnya material yang ada di bumper ini memiliki bahan yang lebih bagus dan kuat. Harga yang ditawarkan masih bersahabat dengan kantong dan tergantung dengan kesulitan pembuatan, mulai dari Rp 150 Ribu hingga jutaan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan bumper depan mobil didepan rumah

Bumper juga bisa berpengaruh pada tampilan kendaraan

>>> Lihat Juga, Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

Konsumen laki-laki lebih suka memesan bumper yang bergaya ala-ala sport, sedangkan perempuan lebih suka bumper yang bergaya minimalis atau yang biasa saja. Sebenarnya segmentasi pasar bumper tidak begitu banyak. Selain alasan modifikasi, konsumen hanya akan mengganti bumper bawaannya jika rusak terdampak kecelakaan atau memang layak diganti.

Fungsi bumper mobil adalah menahan, meredam dan melindungi, namun disarankan untuk tidak membeli bumper berbahan metal karena meskipun tampilan mobil jadi lebih modern dan mewah bumper metal tidak dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya. Bumper bermaterial lentur atau plastik yang kerap dipandang remeh malah didukung oleh komponen chassis, baik yang bertipe ladder ataupun monokok. Tetapi balik disesuaikan dengan selera konsumen. Dan sangat direkomendasikan.

Selain bumper fiber, konsumen juga senang melirik bumper ARB. Harga yang ditawarkan ARB dipatok mulai 3 jutaan dan memiliki kesan gagah dan kokoh. Umumnya pemilih bumper ini rata-rata memiliki mobil besar atau sport. Dalam segmentasi pasarnya, penyuka bumper ARB sejatinya orang-orang yang memang gemar modifikasi, selain karena alasan bumper yang kuat juga memiliki tampilan yang mewah dan modern.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan bumper mobil dan body kit samping serta belakang

Terdapat beberapa jenis bumper dengan beragam tampilan menarik

Itulah artikel Pengertian dan fungsi bumper mobil. Meski kelihatannya sederhana bumper sangat krusial terhadap keamanan mobil. Selalu pastikan membeli bumper dengan kualitas terbaik dan yang terpenting disesuaikan dengan bajet yang kamu punya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

International