Bumper Mobil Berbahan Plastik Rusak, Perbaiki Dengan Cara Ini

05/08/2017 Mobilmo.com Perawatan mobil

Pada awal diciptakan mobil, bagian bumper mobil sebenarnya difungsikan sebagai pengamanan pengendara mobil. Tak heran jika kebanyakan mobil jadul sering dilengkapi bumper dari bahan yang kuat seperti plat besi.

Pada awal diciptakan mobil, bagian bumper mobil sebenarnya difungsikan sebagai pengamanan pengendara mobil. Tak heran jika kebanyakan mobil jadul sering dilengkapi bumper dari bahan yang kuat seperti plat besi. Seiring dengan kemajuan zaman dengan persaingan industri mobil yang sengit kini bumper mobil sudah beralih fungsi menjadi hiasan saja alias hanya berfungsi sebagai hiasan untuk penampilan body mobil saja agar mobil menjadi lebih keren dipandang. Alhasil, sekarang para produsen mobil banyak yang memproduksi bumper mobil dari bahan plastik.

Posisi bumper yang ada depan membuat bagian ini selalu menjadi korban pertama kali ketika mobil mengalami benturan atau tabrakan sehingga kadang bumper yang berbahan plastik mengalami pecah atau bahkan menjadi hancur jika benturan itu terlalu keras. Eit,… jangan khawatir jika mobil anda mengalami hal yang semacam ini, asalkan bumper mobil anda hanya pecah saja alias belum hancur ternyata masih ada harapan untuk memperbaikinya. Cukup dengan menyediakan peralatan yang sederhana seperti obeng, palu, amplas, dempul, kawat serta pemanas atau las karbit. Siapkan juga air secukupnya. Setelah itu ikuti langkah sebagai berikut. Pertama-tama lepaskan bumper mobil anda yang telah rusak atau pecah, kemudian bawa agak terlalu jauh dari body mobil anda. Jika bumper mobil anda hanya retak saja belum sampai pecah anda hanya perlu menjahitnya saja dengan menggunakan klem dan kawat. Atau dengan menggunakan plat yang sudah dibuat seperti isi staples. Panaskan kawat untuk membuat lubang pada tempat klem, dan kemudian gunakan obeng yang telah dipanaskan untuk meratakan dan menutupi klem-klem tersebut. Jika kerusakan bumper anda cukup parah, anda boleh langsung mengelasnya. Hal itu dikarenakan pada ujung ujung permukaan bumper yang pecah tak bisa langsung dijahit, perlu dilemaskan dahulu dengan cara melakukan pemanasan pada bagian ujung plastic yang pecah. Setelah dilas, anda cukup menemukan ujung ujung yang pecah satu sama lain agar permukaan tersebut bisa menyambung kembali menjadi satu. Setelah selesai, buatkan beberapa penguat dengan plat dibagian dalam bumper dengan cara membuat lubang lubang yang kecil untuk memasang pelat kebagian bumper. Jika anda sudah selesai menjahit atau mengelas permukaan bumper mobil yang pecah, setelah itu amplas permukaan tersebut dengan merata. Kenudian lakukan pendempulan dibagian tersebut secara merata setelah itu semprot dengan cat dengan warna sesuai selera anda. Lakukan beberapa hal di atas dengan hati hati serta tlaten agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Mungkin anda ingin baca

  • Bersih-Bersih Kaca Mobil Menyenangkan, Lakukan Sambil Nunggu Buka Puasa

    Bersih-Bersih Kaca Mobil Menyenangkan, Lakukan Sambil Nunggu Buka Puasa

    19/05/2018

    Menunggu buka puasa, dari pada menganggur main gadget tak ada salahnya pemilik mobil melakukan hal positif ini biar tidak terasa lama, yaitu membersihkan kaca mobil. Ah, cuma membersihkan kaca mobil saja... Jangan salah, aktivitas satu ini kadang terabaikan sebab merasa tidak begitu penting atau kalah dengan kegiatan-kegiatan lain. Ingat-ingat kalau sudah mau dipakai, kaca kok buram, kok kotor dan sebagainya.

  • Tips Mengukur Tekanan Udara ideal Pada ban Mobil Tanpa Alat Khusus dan cara Merawatnya
    Perawatan mobil Abdul Kosim

    Tips Mengukur Tekanan Udara ideal Pada ban Mobil Tanpa Alat Khusus dan cara Merawatnya

    11/05/2018

    Sebentar lagi musim mudik akan segera tiba, bagi pemudik yang menggunakan Mobil pribadi sebaiknya memperhatikan kondisi kendaraanya supaya dapat sampai tujuan dengan aman dan nyaman. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kondisi ban, seperti tekanan udara ideal pada ban Mobil agar perjalanan menjadi lebih nyaman.

  • Waktu yang Tepat untuk Merawat Mobil Menjelang Lebaran
    Perawatan mobil Abdul Kosim

    Waktu yang Tepat untuk Merawat Mobil Menjelang Lebaran

    11/05/2018

    Bulan puasa hampir tiba dan ini tandanya akan menuju pada lebaran Idul Fitri. Biasanya saat lebaran akan merayakannya di kampung halaman bersama keluarga besar. Oleh sebab itu persiapan mudik dilakukan dengan matang agar dapat sampai tujuan dengan selamat. Perjalanan mudik dapat menggunakan Mobil pribadi ataupun transportasi umum. bagi pengguna kendaraan pribadi harus tahu waktu yang tepat untuk merawat Mobil.