Mengenal Fungsi Fitur ESP (Electronic Stability Program) Pada Mobil

26/06/2020 | Abdul

ESP adalah fitur pada mobil yang dapat menjaga keseimbangan dan menyesuaikan torsi pada ban. Contohnya ketika kamu sedang melaju atau sedang menghadapi lintasan berlumpur maka sistem ini akan menjaga kendaraan dari yang namanya oversteer/understeer, sehingga mobil tidak mudah tergelincir atau mengalami kecelakaan. Jadi fungsi fitur ESP terbilang cukup bermanfaat.

Dalam kasus ini fitur ESP bekerja menyeimbangkan torsi pada roda agar tidak terjadi hal demikian. Lalu, bagaimana cara kerja dan fungsi dari fitur ESP pada mobil? Simak penjelasan di bawah ini biar kamu ga main nonaktifkan fitur ESP tersebut.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi kinerja ESP saat berada di tikungan

ESP menjadi salah satu fitur keselamatan dalam berkendara

>>> Baca Juga, Bukan Lagi Pemanis, Ini Peran Besar Stop Lamp Pada Spoiler

Fungsi fitur ESP (Electronic Stability Program)

1. Menjaga Agar Mobil Tetap Stabil

Dalam berkendara mungkin kamu akan berada dalam momen mesti banting setir ke kanan atau ke kiri karena situasi tertentu, tapi saat itu mobil sedang dalam melaju lurus ke depan, sistem ESP ini kemudian bertanggung jawab dengan memberi perintah pada fitur keamanan lainnya untuk segera beraksi agar kenderaan kamu tetap stabil dan ban tidak kehilangan traksi.

2. Bekerja Setiap Detik

Aktivitas kamu di dalam mobil seperti menekan pedal gas, memutar setir hingga menginjak rem semuanya dikontrol dan dimonitoring oleh ESP kemudian dikirim ke komputer central (ECU) untuk diolah. Setelah itu, semua proses monitoring, pembacaan data hingga perintah eksekusi diolah hanya dalam beberapa detik saja lho. Canggih!

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan 4 sensor yang mendukung kinerja fitur ESP

Terdapat 4 sensor bantu kinerja dari ESP pada mobil

>>> Baca Juga, Mengenal Fitur Mundur Otomatis, 3D View Camera dan Reversing Assistant Pada BMW X7

3. Mengelola Besaran Tenaga Pada Mesin

Selain fungsi fitur ESP, ESP juga diberi keleluasaan mengatur besaran tenaga pada mesin. Contohnya ketika kamu sedang terjebak lumpur, sistem ESP mengontrol besaran tenaga dari mesin ke ban mobil, hal ini berfungsi agar tidak terjadi spin pada roda saat kamu menginjak pedal gas secara masif. Saat seperti ini ESP mengatur kestabilan tenaga dari mesin ke ban biar kembali mendapatkan grip supaya mobil kamu berjalan dengan stabil.

4. Memaksimalkan Peran ABS

Rem mendadak memang bikin kaget dan was-was serta rawan kecelakaan apabila berada disekitar ada kendaraan lain. Pengereman mendadak juga bisa membuat mobil kehilangan traksi pada ban sehingga mudah tergelincir. Saat momen ini terjadi ESP akan segera merespon dengan memberi sinyal kepada sistem rem ABS (anti-lock brake system) buat segera bekerja memberikan tekanan pada disc brake untuk roda agar kembali ke jalur traksinya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan kinerja ESP saat terdapat benda di depan

Beberapa merek mobil mempunyai nama berbeda dengan fungsi yang sama

5. Fitur ESP Dapat Dinyalakan/Matikan

Fitur ESP memberikan kemudahan dan keselamatan dalam berkendara, mobil yang sudah memiliki fitur ini tidak perlu susah-susah untuk mengoperasikannya karena semua dikerjakan otomatis oleh empat sensor ESP. Prosedur menyalakan dan mematikan ESP juga sangat mudah dengan tinggal menekan tombol on/off yang ada di beranda mobil. Meski begitu, kamu jangan sampai menonaktifkanfitur ESP ini ya.

Itulah Fungsi fitur ESP (Electronic Stability Program). Meski sudah dibantu dengan fitur tersebut bukan berarti lebih santai dalam berkendara, tapi tetap kamu harus fokus dan menjaga keselamatan saat berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 14/05/2020 | Abdul

    Perbedaan Spoiler Dan Wing Pada Mobil

    Aksesoris pada mobil yang ditempatkan pada bagian belakang adalah spoiler dan wing. Yang mana di pasaran banyak beredar dengan berbagai jenis dan model, baik itu produk aftermarket ataupun bawaan pabrik. Lantas apa perbedaan spoiler dan wing?

  • 12/05/2020 | Abdul

    Dari Penelitian, Berkendara Dengan Hewan Peliharaan Bisa Kurangi Stress Pengemudi

    Berdasarkan penelitian dari SEAT, berkendara dengan hewan peliharaan dapat membuat pengendara bisa lebih berhati-hati dan mengurangi stress selama perjalanan. Jadi tentunya terdapat hal positif saat mengajak hewan berkendara.

  • 09/04/2020 | Abdul

    Mengemudi Sportcar Perlu keahlian Agar Tidak Terjadi Masalah

    Sportcar menjadi salah satu mobil yang cukup cepat dengan akselerasi yang sangat mumpuni. Sehingga tidak sembarangan orang bisa mengemudi Sportcar. Beberapa mobil Sportcar di Indonesia adalah Mazda6, Nissan GT-R dan juga Toyota Supra.