Jika Tidak Tersedia Takometer, Begini Cara Pindah Gigi Yang Tepat

25/11/2019 | Arfian Alamsyah

Video penjelasan mengenai rev matching

Di tahun 2019 ini masih ada saja mobil baru yang tidak dilengkapi dengan takometer pada panel instrumennya. Lantas bagaimana caranya mengetahui saat yang tepat untuk melakukan perpindahan gigi? Cara rev matching dapat Anda gunakan untuk pindah gigi yang tepat pada mobil tanpa takometer. Bedanya untuk mobil tanpa takometer perlu feeling pengemudi yang kuat untuk menentukan dalam perpindahan gigi. Mengapa demikian?

>>> Begini cara rev matching yang benar

Gambar menunjukkan tuas transmisi Suzuki New Carry 2019

Tuas transmisi manual Suzuki New Carry

Karena dalam istilah rev matching pada dasarnya adalah usaha untuk menyesuaikan putaran mesin di gigi berikutnya. Ambil contoh saat mobil melaju dari gigi satu hendak pindah ke gigi dua, kan saat perpindahan gigi atau gear shifting tersebut akan ada saat dimana rpm atawa putaran mesin turun. Tanpa adanya takometer, tellinga pengemudi harus awas terhadap raungan putaran mesin.

>>> Ternyata sulit pindah gigi dapat menjadi penyebab kecelakaan maut di jalan raya

Gambar menunjukkan panel instrumen Suzuki New Carry Pick Up 2019

Tidak semua mobil dilengkapi dengan takometer

Cara ini dilakukan dengan menekan sedikit pedal gas saat berpindah ke gigi yang lebih rendah. Jadi pada intinya, rev matching ini akan sangat membantu Anda dalam menemukan titik optimum dari torsi yang bekerja pada mesin mobil Anda. Namun, Anda wajib kenal banget atau memahami karakter mesin mobil Anda, dan hanya dapat dipraktekkan pada mobil bertransmisi manual. Apalagi jika tanpa takometer telinga harus benar-benar awas.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar menunjukkan Mesin K15B-C Suzuki New Carry Pick Up 2019

Mesin yang meraung menandakan perlu segera pindah gigi 

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik