Jangan Risau Tak Ada GPS, Inilah 5 Penunjuk Jalan Lain Yang Bisa Digunakan

13/03/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Selain navigasi GPS yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini, sebenarnya masih ada beberapa system navigasi lainnya yang bisa dijadikan alternatif penunjuk jalan dan akan sangat berguna bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Navigasi atau penunjuk arah/jalan adalah penentuan arah dan posisi perjalanan, baik di peta atau di medan sebenarnya. Maka dari itu, pengetahuan mengenai pedoman arah, peta, dan Teknik pemakaiannya harus dipahami dan dimiliki. Sebelum ditemukannya pedoman arah, penunjuk jalan dilakukan dengan cara melihat posisi dari benda-benda langit, mulai dari bintang-bintang, matahari, yang tentunya akan bermasalah jika langit tengah mendung.

Penunjuk Jalan GPS

Foto perangkat GPS terpasang di mobil

Penunjuk jalan GPS paling sering digunakan saat ini

Baru-baru ini, penggunaan alat navigasi GPS semakin popular di masyarakat. Apalagi dengan diluncurkannya aplikasi-aplikasi penunjuk arah GPS di android, seperti Google Map, Waze, dan masih banyak yang lainnya, sehingga mempermudah para penggunanya untuk mencari alamat atau lokasi tujuan tertentu saat bepergian.

GPS merupakan radio navigasi penentu posisi memakai satelit. Dengan nama formal NAVSTAR GPS (Navigation Satellite and Ranging Global Positioning System). Dalam penentuan posisi sendiri, GPS memberikan ketelitian posisi dengan spektrum yang cukup luas. Mulai dari yang teliti hingga yang biasa saja. Lalu, apakah ada sistem navigasi lain selain GPS?

>>> Pembatasan Kendaraan di Beijing Ternyata Lebih Kejam Dari Ganjil Genap di Jakarta

Penunjuk Jalan Selain GPS

Ya, selain navigasi GPS yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti sekarang ini, sebenarnya masih ada beberapa system navigasi lainnya yang bisa dijadikan alternatif penunjuk jalan, diantaranya sebagai berikut :

1. Radar

Gambar ilustrasi radar

Radar, piranti wajib pada pesawat terbang

Alat navigasi elektronik selain GPS adalah RADAR (Radio Detection and Ranging), yaitu sebuah peralatan navigasi terpenting dalam suatu pelayaran. Radar pada dasarnya berfungsi mengukur dan mendeteksi jarak sebuah objek yang ada di sekeliling kapal. Selain bisa memberikan petunjuk mengenai adanya kedudukan pantai, pelampung, kapal, dan objek di sekeliling kapal lainnya, radar juga bisa memberikan baringan maupun jarak antara objek-objek tersebut dengan kapal.

Karena itulah, radar sangat berguna untuk mengetahui posisi kapal lain karenanya bisa mencegah atau menghindari tabrakan di laut. Alat navigasi ini sangat bermanfaat saat keadaan sedang berkabut, cuaca buruk, maupun belajar di malam hari. Apalagi jika petunjuk pelayaran semisal bukit, pelampung, bangunan visual, atau lampu suar tak bisa diamati. Keunggulan utama radar jika dibandingkan alat navigasi lain ialah radar tak memerlukan stasiun pemancar.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

2. RDF

Foto perangkat Radio RDF

Radio Direction Finder (RDF) sering digunakan sebagai perlengkapan militer

Radio Direction Finder (RDF) ialah pesawat radio untuk pencari arah/lokasi yang dijalankan lewat system penerimaan gelombang yang dilakukan pemancar dari stasiun pemancar. Prinsip kerjanya, RDF ini akan menerima sistem gelombang elektromagnetik menggunakan stasiun pemancar. Maka dari itu, antena tersebut adalah penghantar yang baik, sehingga gelombang elektromagnetik yang berasal dari pemancar dan diterima antena bisa membangkitkan gelombang yang memiliki getaran sama seperti getaran gelombang elektromagnetik.

>>> Beberapa Merk GPS Mobil Terbaik dan Lebih Akurat

3. AIS

Foto perangkat AIS (Automatic Identification System) di dalam kapal

AIS (Automatic Identification System), penunjuk arah dan pelacak handal di lautan

Navigasi penunjuk jalan atau penunjuk arah lainnya ialah AIS (Automatic Identification System) yaitu system pelacakan pada kapal jarak pendek, dan biasanya digunakan pada stasiun pantai dan kapal untuk melacak dan mengidentifikasi kapal memakai pengiriman data elektronik menggunakan kapal lainnya dan dari stasiun pantai yang terdekat.

Informasi berupa identifikasi posisi, kecepatan, dan tujuan bisa ditampilkan dalam layer ECDI atau komputer. AIS digunakan untuk membantu para awak kapal untuk bernavigasi serta memungkinkan pihak berwenang maritim dapat memantau dan melacak gerakan kapal.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

4. Peta

Foto GPS Google Maps di mobil

GPS Google Maps, paling terkenal dari seluruh sistem navigasi

Peta bisa dikatakan sebagai alat navigasi manual, yang sudah ditemukan sejak dulu jauh sebelum teknologi GPS ditemukan. Peta adalah perlengkapan utama yang menggambarkan dua dimensi bidang datar secara sebagian atau keseluruhan dari bagian permukaan bumi. Biasanya diproyeksikan dengan skala/perbandingan tertentu.

>>> Tersesat Di Jalan! Begini Cara Bertanya Yang Sopan Saat Berkendara

5. Bertanya

Foto seseorang sedang bertanya kepada orang lain di jalan

Menggunakan bahasa yang sopan dapat memberikan seseorang yang ditanya lebih akrab

Penunjuk jalan lain yang tak kalah berguna adalah manusia. Dengan bertanya kepada orang lain Anda bisa lebih mudah mendapatkan penjelasan daerah tujuan, jalan utama menuju lokasi dan jalan alternatif sebagai cadangan. So pasti untuk yang satu ini Anda tidak bisa bertanya kepada sembarang orang. Anda bertanya kepada orang tahu dengan daerah tujuan Anda dengan cara yang sopan.

Itulah alat-alat navigasi manual dan elektronik selain GPS yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk penunjuk jalan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.