Ini Kendaraan Yang Tidak Terpengaruh Aturan Ganjil Genap

09/08/2019| Fatchur Sag

Foto salah satu kondisi lalu lintas di kota Jakarta

Kebijakan ganjil genap dirasa cukup efektif mengurangi kepadatan lalu lintas

Instruksi Gubernur (InGub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara yang disahkan Gubernur Anies Baswedan pada 1 Agustus 2019 lalu menjadi sorotan banyak pihak. Tidak lain dan tidak bukan karena isinya dianggap mengundang pro dan kontra seperti larangan beroperasinya kendaraan bermotor berusia lebih dari 10 tahun mulai 2025 mendatang.

Poin lain yang juga jadi perhatian banyak orang yaitu soal perluasan aturan ganjil genap yang dimulai pada tahun 2019 ini juga. Diisukan kebijakan perluasan ganjil genap juga bakal diterapkan pada sepeda motor sehingga dianggap bisa merugikan para pencari nafkah yang mengandalkan kendaraan roda dua ini seperti ojek online.

Untuk yang terakhir ini diharapkan warga ibu kota mengetahui kalau sepeda motor tidak masuk dalam sasaran penerapan ganjil genap. Pemprov DKI Jakarta melalui Dishub Prov DKI Jakarta bekerjasama dengan Polda Metro Jaya merilis kawasan mana saja yang bakal terkena perluasan aturan ganjil genap, termasuk kendaraan yang dikecualikan alias bebas melintas.

>>> Pembatasan Kendaraan di Beijing Ternyata Lebih Kejam Dari Ganjil Genap di Jakarta

Untuk ruas pemberlakuan aturan ganjil genap yang dimulai 9 September 2019 bisa dilihat pada gambar berikut:

Gambar menunjukkan kawasan-kawasan yang terkena perluasan ganjil genap

Foto menunjukkan Peta ruas ganjil genap di kota Jakarta

Ruas jalan dengan aturan ganjil genap makin meluas

>>> Bebaskan Dari Polusi, Kendaraan Bensin dan Diesel Dilarang Beroperasi Di Kota Ini

Sedangkan kendaraan yang tidak terpengaruh aturan ganjil genap dan bebas melintas di kawasan manapun bisa dilihat pada gambar berikut:

Daftar kendaraan yang tidak terkena kebijakan ganjil genap di Jakarta

Beberapa jenis kendaraan tidak terpengaruh aturan ganjil genap di Jakarta

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International