Fitur ISOFIX Pada Mobil Ada Di Bangku Kedua, Kenapa?

18/02/2021| Abdul

International Standard Organizations FIX (ISOFIX) tentunya sudah tidak asing bagi para pemilik mobil. ISOFIX merupakan salah satu fitur pada kendaraan yang mempunyai  fungsi cukup penting pada beberapa kondisi. Posisinya ditempatkan di baris kedua dan berguna saat seseorang mengajak anak-anak untuk pergi ke suatu tempat dengan mobil. Yang jadi pertanyaan adalah mengapa fitur ISOFIX pada mobil diberikan pada jok baris kedua?

Gambar ini menunjukkan tempat ISOFIX pada jok mobil

Fitur ISOFIX sangat berguna terutama ketika mengajak anak-anak bepergian

>>> Baca Juga, Ada ISOFIX Tapi Child Car Seat Dijual Terpisah, Ini Alasannya

Sebelum membahas mengenai penempatan ISOFIX pada mobil, sedikit mengulas tentang sejarahnya. Pengembangan fitur tersebut dilakukan sudah lama yakni tahun 1997 dan untuk menemuinya tidak sulit untuk saat ini karena sudah banyak kendaraan yang menggunakannya.

Posisinya ditempatkan pada baris kedua kendaraan, yang mana fitur ini merupakan salah satu perangkat yang berhubungan dengan keselamatan tambahan di mobil. Dengan adanya ISOFIX tentunya akan meningkatkan keselamatan selama perjalanan bagi anak-anak. Lantas apa alasannya ditempatkan pada baris kedua?

1. Sebagai Keselamatan Tambahan Yang Diberikan Pada Anak-Anak

Fitur ISOFIX di baris kedua berdampingan dengan seat belt. Adapun fungsinya diberikan fitur tersebut adalah untuk mengaitkan Child Seat  ketika mengajak anak-anak berada di dalam kendaraan. Child Seat sendiri anjurannya memang ditempatkan pada bangku kedua di kendaraan dan bukan ditempatkan di jok depan. Adapun tujuannya supaya saat mobil mengalami benturan yang keras atau kecelakaan maka cedera parah tidak dialami oleh anak-anak.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambnar ini menunjukkan Child Seat pada Jok mobil

Child Seat akan terpasang dengan kencang di bangku dengan ISOFIX

>>> Jangan Pernah Dilakukan, Ini Bahaya Besar Mengemudi Sambil Memangku Anak

2. Child Seat Tetap Berada Ditempatnya

Untuk penggunaan Child Seat disarankan saat mengajak anak-anak yang mempunyai usia di bawah 8 tahun. Bentuknya sebuah kursi yang khusus untuk anak-anak dan dirancang supaya bisa ditempatkan di mobil dengan diberikan sabuk keselamatan yang khusus. Nah kursi ini hanya bisa ditempatkan pada fitur ISOFIX pada mobil yang ada di dalam mobil. Jika ditempatkan di baris ketiga, pertama atau jok mobil yang tidak ada ISOFIX maka tidak bisa dipasangkan. Apabila memaksakannya tentu kekuatannya kurang sehingga dapat membuat Child Seat tidak bisa diam atau bergoyang bahkan beresiko kelempar.

Jadi pada saat kursi anak ditempatkan pada ISOFIX baris kedua maka selama perjalanan anak-anak akan tetap berada pada posisi tersebut. Tidak hanya itu saja, saat mobil mengalami guncangan karena melewati jalan bergelombang, kurang baik atau terjadi benturan yang keras maka anak-anak bisa tetap berada di tempatnya.

Alasan mengapa tidak ditempatkan pada jok depan adalah karena ada airbags yang posisinya berada di dashboard. Jika mengembang karena mengalami benturan keras maka wajah anak bisa tertutupi oleh airbag. Ditambah lagi resiko terkena pecahan kaca juga bisa terjadi saat kaca depan pecah akibat benturan yang terlalu keras. Oleh sebab itulah baris kedua di kendaraan dianggap paling aman untuk menempatkan Child Seat, bukan bangku baris belakang ataupun depan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan anak-anak duduk di Child Seat Mobil

Pada Child Seat juga ada sabuk keselamatan khusus

Demikianlah informasi mengenai fitur ISOFIX pada mobil. Semoga bermanfaat dan memberikan yang terbaik untuk keluarganya, terutama untuk anaknya saat bepergian. Dengan memberikan Child Seat yang dihubungkan dengan ISOFIX membuat keamanan lebih meningkat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International