Mengetahui Cara Membaca Kode Aki Mobil Dengan Mudah

10/07/2018 Abdul Jual beli mobil

Aki merupakan komponen vital pada Mobil yang berfungsi untuk memberikan daya listrik pada komponen kelistrikan pada kendaraan. Aki Mobil memiliki kode yang berbeda tergantung merek dan juga jenis serta tanggal pembuatannya. Kode aki Mobil bisa menjadi informasi buat pembeli seperti seberapa lama aki tersebut berada di Toko.

Apabila dilihat secara garis besar, terdapat 2 jenis penamaan standar aki yakni JIS yang merupakan standar jepang dan DIN  standar Jerman. Tentunya untuk kode aki Mobil yang dimiliki antara keduanya juga berbeda.

1. JIS (Japan Industrial Standard)

Untuk jenis ini biasanya digunakan pada Mobil produksi Jepang. Sebagai contoh kode yang terdapat pada aki jenis ini adalah NS40ZLS. Untuk pembacaannya adalah N berarti normal kemudian S adalah pengurangan daya aki sebesar 20%. Dilanjutkan dengan kode 40 yang merupakan angka utama daya pada aki. Sedangkan Z adalah penambahan daya aki sebesar 20% setelah adanya pengurangan yang ditandai huruf S kedua dari kode. Sedangkan huruf L bermakna Left sebagai penanda bahwa pole atau posisi kutub minus (-) berada di sebelah kiri. Untuk S terakhir mempunyai makna bahwa aki memiliki pole besar.

Gambar ini menunjukkan sebuah aki Mobil Jenis JIS dengan warna putih dengan tutup merah dan tutup masuk cairan aki warna kuning

Aki Mobil dengan Jenis JIS mempunyai Pole yang menonjol

Untuk perhitungan rumus pada kode aki Mobil NS40ZLS adalah 40Ah – 20% + 10% = 35 Ah dengan menggunakan pole kutub sebelah kiri serta menggunakan kepala aki besar.

Jika masih belum paham kita mulai dari paling pimpel. Seperti misalnya aki punya kode N40 maka berarti daya yang dimiliki 40Ah tanpa adanya pengurangan ataupun penambahan. Sedangkan untuk masalah pole kepala aki besar tidak hanya pada aki yang menggunakan kode S di belakang saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Sebagai contoh kode aki Mobil JIS yakni NS60LS, NS60S, NS40ZLS dan NS40ZS, semuanya menggunakan kepala aki besar karena terdapat kode S di paling belakang. Lantas mengapa N40 menggunakan pole aki kepala besar? Jadi pada dasarnya aki yang mempunyai kepala kecil adalah yang terdapat kode NS di depan tanpa ada S di belakang kode. Selain itu aki yang mempunyai ampere di bawah 45Ah juga menggunakan kepala kecil. Dengan begitu maka aki yang menggunakan kode NS70 mempunyai pole besar, karena memiliki daya 70Ah-20% = 56Ah meskipun tanpa adanya penambahan huruf S di belakang.

Sementara untuk kode L yang merupakan penanda letak kutub negatif berada di sebelah kiri juga perlu diketahui. Apabila tidak ada kode L pada aki berarti menandakan bahwa kutub (-) negatif berada di sebelah kanan.

Untuk mengetahui posisi pole pada aki bisa dengan membaca tulisan danger/ peringatan dengan arah Anda atau tidak terbalik. barulah Anda bisa melihat pole berada di sebelah kiri atau kanan.

Semakin berkembangnya zaman terdapat perubahan yang dilakukan, begitu juga tipe baru yang bermunculan. Akan tetapi dalam hal ini kadar ampere yang dimiliki sama. Seperti misalnya pada kode aki Mobil 35B24R yang merupakan pergantian dari NS40Z. Untuk kode tersebut cara membacanya adalah 35 = 35Ah kemudian B merupakan kode pabrik. Dilanjutkan dengan 24 = panjang 24 cm dan untuk R adalah Right atau kanan.

>>> Baca juga, Penggantian Manual Baterai/ Aki pada Mobil yang diulas oleh cintamobil.com

2. DIN (Deutsches Institut für Normung)

Untuk kode aki Mobil jenis DIN berbeda dengan JIS. Biasanya pada jenis ini banyak digunakan pada Mobil produksi Jepang dengan penamaan lebih simpel. Untuk kode pada jenis ini penamaannya lebih simpel, hanya menggunakan angka saja seperti misalnya 55533. Untuk pembacaannya adalah angka pertama 5 berarti 0 lalu 55 merupakan daya yang dimiliki. Jadi aki mempunyai daya 055Ah. Pada aki jenis DIN angka pertama mempunyai makna tersendiri yakni 5=0, 6=1 dan 7=2. Contoh kode lain adalah 60038 yang mempunyai makna 6 berarti 1, dengan begitu daya yang dimiliki adalah 100Ah.

Gambar ini menunjukkan sebuah aki Mobil jenis DIN warna hitam dengan kutub warna merah dan hitam

Aki Mobil jenis DIN mempunyai Pole yang tenggelam

Untuk jenis ini mempunyai kode besar dengan letak kepala polenya tenggelam, jadi total tinggi (TT) sama dengan tinggi aki (T). Berbeda dengan JIS yang mempunyai pole nongol ke atas, sehingga total tinggi (TT) lebih besar dari tinggi aki (T). Dengan begitu penggunaan kedua jenis tersebut berbeda dalam penggunaannya dan disesuaikan dengan jenis Mobil.

Untuk mengetahui kecocokan pada Mobil tidak perlu bingung, tinggal melihat spek aki lama berapa ampere dan menggunakan pole nongol atau tenggelam.

>>> Baca juga, Inilah Cara Merawat Aki Mobil biar Tahan Lama

3. Kode Aki Yuasa

Pada kode aki Mobil merek Yuasa sebenarnya sangat mudah dalam membacanya. Sebagai contoh adalah 2106049, cara membacanya adalah 2 angka di depan adalah hari pembuatan dilanjutkan 2 angka bulan produksi dan 2 angka lagi tahunnya. Sedangkan untuk angka terakhir adalah kode negara. Jadi maksud kode di atas adalah aki dibuat pada hari ke 21 bulan o6 dan tahun 2004. Untuk produksinya di Indonesia, karena 9 merupakan kode negara Indonesia.

Gambar ini menunjukkan 5 buah aki mobil merek YUASA dengan warna hitam dan putih

Aki Mobil Yuasa memiliki kode yang mudah dibaca

>>> Mungkin tertarik, Ciri-Ciri Aki Rekondisi Yang Perlu Diwaspadai

4. Kode Aki GS

Untuk aki merek GS terdapat 6 digit yang menggunakan huruf dan angka. Sebagai contoh 20B4B5. Cara membacanya juga cukup mudah, yakni 2 angka di depan adalah tanggal dan B merupakan bulan yang berarti November. Sedangkan 4 merupakan tahun produksi dan yang terakhir adalah B5 yang merupakan shift produksi serta line produksi.

Gambar ini menunjukkan 2 buah aki merek GS dengan warna hitam dan kutub warna hitam dan merah

Aki Mobil merek GS menggunakan kode 6 digit untuk penamaannya

Untuk penamaan bulan, aki GS menggunakan nomor dan angka. Untuk 1 – 9 merupakan Januari sampai September, sedangkan A,B dan C adalah Oktober, November dan Desember.

>>> Memiliki Budget tapi bingung mau beli Mobil di mana? Kunjungi situs cintamobil.com dan dapatkan harga yang menarik

Mungkin anda ingin baca

  • Jangan Panik! Begini Solusi Kredit Mobil Baru Yang Macet
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Jangan Panik! Begini Solusi Kredit Mobil Baru Yang Macet

    20/09/2018

    Sistem kredit bisa jadi sudah merakyat bagi masyarakat di Indonesia. Tidak hanya untuk kalangan atas saja, bahkan kalangan bawah juga sudah mengetahui masalah ini. Hal tersebut dikarenakan banyak barang yang dijual dengan sistem kredit seperti peralatan rumah tangga, barang-barang elektronik dan kendaraan. Untuk Mobil sendiri sudah banyak yang memilih menggunakan sistem kredit dalam pembeliannya. Namun untuk kredit Mobil baru yang macet, terdapat solusi untuk mengatasinya.

  • Tips Memilih Kabel Audio Mobil, Beberapa Faktor Perlu Diperhatikan!
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Tips Memilih Kabel Audio Mobil, Beberapa Faktor Perlu Diperhatikan!

    16/09/2018

    Memasang sistem audio tambahan pada kendaraan memang bisa menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan lebih saat berkendara dan mendengarkan musik dengan lebih mantab. Saat melakukannya diharapkan hati-hati dalam memilih kabel audio Mobil. Pasalnya kualitas kabel juga dapat berpengaruh dengan suara yang dihasilkan.

  • Mengetahui Tipe Cowok Berdasarkan Kondisi Mobil, Apakah Sobat Termasuk Salah satunya?
    Jual beli mobil Abdul Kosim

    Mengetahui Tipe Cowok Berdasarkan Kondisi Mobil, Apakah Sobat Termasuk Salah satunya?

    15/09/2018

    Kebanyakan orang menganggap Mobil sebagai rumah kedua, hal tersebut tidak terlepas dari aktivitas keseharian yang membutuhkan Mobil. Melihat hal tersebut maka dapat dilihat karakter dan tipe cowok berdasarkan kondisi Mobil.