Belajar Mengemudi Mobil Manual, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Panik

26/02/2020 | Abdul

Rasa panik memang kadang timbul saat belajar mengemudi mobil manual. Namun hal tersebut tidak boleh berkelanjutan. Sobat perlu melakukan beberapa hal supaya rasa panik hilang.  Hal tersebut dikarenakan, saat seseorang merasa panik pikiran jadi kurang fokus dan menyebabkan tingkah yang kurang benar. Bagi Sobat yang belajar mengemudi mobil manual harus melakukan beberapa hal supaya kepanikan bisa dikurangi dan hilang.

Meskipun begitu, jangan sampai kepanikan menghalangi niat Sobat untuk belajar mengemudi mobil. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan supaya belajar mengemudi bisa lebih tenang sehingga mudah bisa dan mahir dalam mengendalikan mobil.

Berikut ini merupakan beberapa tips menghilangkan panik saat belajar mengemudi mobil manual:

1. Mengatur Posisi Duduk Yang Nyaman

Gambar ini menunjukkan tuas untuk mengatur jok mobil

Atur posisi kursi sehingga mudah mengoperasikan pedal dan pandangan lebih luas

>>> Hindari Risiko Fatal Pengereman Mendadak, Ini Fitur Keselamatan Yang Wajib Ada

Posisi duduk yang pas akan memberikan kenyamanan selama belajar mengemudi. Kenyamanan inilah yang bisa membuat tubuh lebih rileks dan kepanikan jadi berkurang. Sobat bisa mengatur ketinggian jok mobil sehingga mempunyai pandangan yang baik terhadap jalan. Selain itu, pastikan pengaturan tetap memperhatikan jarak jok terhadap pedal gas,kopling dan rem. Memang pengaturan tersebut terlihat sepele, namun dengan melakukannya rasa panik bisa hilang dan mudah saat melakukan akselerasi.

2. Memahami Fungsi Fitur Dan Alat Di Dalam Mobil

Di dalam mobil terdapat beberapa fitur dan alat untuk membantu pengendara mengendalikan mobil dan memberikan kenyamanan. Beberapa diantaranya seperti pedal gas, kopling dan rem. Begitu juga pada rem tangan dan tuas transmisi yang merupakan bagian penting dalam mengoperasikan kendaraan.

Selain beberapa alat tersebut, Sobat juga perlu memahami soal fitur di dalam kendaraan seperti Cruise Control, Electronic Stability Control dan lainnya yang berada di dalam mobil. Sobat perlu mencoba beberapa fitur dan alat di dalam mobil agar lebih paham soal penggunaannya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil dan sebuah tangan menekan tombol power window

Saat bisa mengoperasikan beragam alat dan fitur maka akan lebih mudah mengendalikannya

>>> Baca Juga, Pengemudi Pemula, Haruskah Menunggu Sampai Mahir Untuk Turun

3. Menjalankan Mobil Dengan Perlahan

Setelah posisi duduk diatur dan mencoba beberapa fitur dan alat di dalam mobil, langkah selanjutnya untuk menghilangkan rasa panik saat belajar mengemudi mobil manual adalah dengan menjalankannya perlahan. Untuk caranya dengan menginjak pedal kopling dan memasukkan gigi satu. Setelah itu, injaklah pedal gas sedikit sambil melepas pedal kopling secara perlahan. Apabila masih panik atau grogi, cobalah sambil mendengarkan musik.

4. Belajar Dengan Ahlinya

Tips hilangkan panik selanjutnya adalah dengan belajar kepada ahlinya atau yang sudah professional. Mereka memahami tentang mengemudi mobil dan juga cara mengajarkan ilmunya kepada para pemula yang baru memulai. Dalam hal ini Sobat bisa mendapatkannya di tempat kursus setir mobil. Meskipun perlu mengeluarkan biaya, namun hal tersebut sepadan dengan fasilitas kendaraan dan juga ilmu yang diberikan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi wanita dan seorang pria duduk di sampingnya

Adanya instruktur profesional mencagah terjadinya kesalahan

5. Memperbanyak Latihan

Tips terakhir dalam belajar mengemudi mobil manual adalah dengan memperbanyak latihan. Apabila sudah terbiasa maka rasa panik dan grogi akan hilang. Sobat bisa melakukannya di tempat khusus latihan, parkiran, lapangan dan jalanan yang luas dan sepi. Dalam hal ini Sobat bisa mengajak teman atau saudara untuk mendampingi, tapi carilah yang memang telah mahir mengemudikan mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik