Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Bus Bagi Ibu Hamil Supaya Tetap Aman Dan nyaman

22/05/2018| Abdul Kosim

Terdapat waktu yang tidak disarankan untuk melakukan perjalanan bagi ibu hamil, seperti 12 minggu pertama dan juga setelah minggu ke – 36 usia kehamilan. Adapun alasannya adalah saat awal kehamilan beresiko mengalami keguguran, selain itu wanita yang baru saja hamil sebelum 12 minggu kerap timbul rasa mual dan mudah capek.

Namun ternyata pada masa akhir kehamilan juga beresiko keguguran, oleh sebab itu setelah minggu ke-36 tidak boleh melakukan perjalanan. alangkah baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan perjalanan mudik dengan bus bagi ibu hamil. Apalagi bagi yang mempunyai komplikasi masalah kehamilan seperti diabetes, tekanan darah tinggi  atau pernah melahirkan dengan prematur dan lainnya.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan yang diletakkan pada perut dalam keadaan hamil

Bagi ibu hamil yang akan melakukan perjalanan mudik sebaiknya konsultasi dahulu pada Dokter kandungan

Sebelum berangkat mudik tentunya harus mempersiapkan segalanya supaya saat perjalanan terasa aman dan nyaman. Adapun hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksakan kondisi kehamilan sebelum berangkat mudik pada dokter kandungan. Pastikan bahwa keadaannya sehat dan siap untuk diajak bepergian.

Selanjutnya adalah mempersiapkan segala sesuatunya soal perawatan seperti vitamin, obat-obatan dan buku rekaman medis kehamilan. Dengan begitu saat ada kondisi darurat di jalan, buku tersebut dapat menjadi rujukan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi seputar mudik lainnya

Sebaiknya mencari referensi dokter kandungan atau rumah sakit setelah sampai di kampung halaman atau tempat tujuan Anda mudik. Dengan begitu, saat dirasa sudah mau melahirkan bisa segera dilakukan penanganan oleh ahlinya.

Perjalanan mudik dengan bus bagi ibu hamil memang harus lebih berhati-hati. Sangat disarankan untuk memilih bus eksekutif dengan tujuan dapat merasakan kenyamanan selama dalam perjalanan. selain itu tidak perlu berdesak-desakan dengan penumpang lain layaknya bus kelas Ekonomi. Siapkanlah camilan untuk berjaga-jaga ketika bus yang dikendarai terlambat melakukan pemberhentian di restoran, karena jalanan pada saat musim mudik rawan terjadi kemacetan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate Berita Terbaru seputar Otomotif yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Berikut ini merupakan beberapa tips melakukan perjalanan mudik dengan bus bagi ibu hamil dan juga pengendara lain yang dilansir dari busnesia.com.

Gambar ini menunjukkan 2 buah mobil bus sedang berhenti dan terdapat beberapa orang di depannya

Bagi ibu hamil saat mudik dengan bus sebaiknya mengajak teman atau suami agar lebih aman

Pertama - Saat bepergian sebaiknya jangan sendirian, apalagi bagi ibu hamil dan jarak yang ditempuh cukup jauh. Sangat disarankan untuk mengajak keluarga, teman atau pasangan ada.

Kedua – Pada saat pemberhentian dan berniat turun sebaiknya menunggu sampai benar-benar berhenti. Karena berbahaya bagi ibu hamil saat naik atau turun bus dalam keadaan masih melaju.

Ketiga – Apabila bisa sebaiknya memilih kursi penumpang di bagian tengah. Tempat tersebut memang dinilai lebih aman saat terjadi masalah yang tentunya tidak diinginkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terbaru

Keempat – Pada saat bus sedang melaju jangan berdiri karena bisa kehilangan keseimbangan. Resiko yang terjadi adalah terjatuh dan membahayakan diri sendiri.

Kelima – Tetaplah fokus dan menyiapkan diri dari segala sesuatu yang membahayakan. Seperti misalnya saat melintasi lubang atau jalanan yang tidak baik pasti akan timbul guncangan pada Mobil. oleh sebab itu [erlu waspada supaya tidak kaget terutama untuk ibu hamil.

Keenam - Saat menempuh perjalanan mudik dengan bus bagi ibu hamil, sebaiknya memilih bus yang mempunyai Ac. Tentunya ha; ini dapat menjadikan penumpang terhindar dari asap kendaraan ataupun paparan debu.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

Ketujuh – Mungkin beberapa bus ada yang mempunyai toilet di dalamnya. Pada saat ingin menggunakannya sebaiknya berpegangan dengan kuat, karena dalam kondisi bus berjalan akan sulit untuk menyeimbangkan tubuh saat sedang berada di toilet. Apalagi jalanan yang ditempuh tidak rata atau bergelombang, pastinya guncangan yang dihasilkan juga lebih keras.

Gambar ini menunjukkan mobil bus dalam jumlah banyak di terminal sedang menunggu penumpang

Pilihlah bus eksekutif agar perjalanan mudik lebih nyaman

Pada intinya perjalanan mudik dengan bus bagi ibu hamil harus menuruti kata dokter. Jika dokter berkata aman dan siap melakukan perjalanan, maka dapat pulang kampung segera. Akan tetapi jika dokter berkata tidak, maka tetap bersabar sampai tahun depan atau setelah anak yang dikandung lahir untuk pulang ke kampung halaman.

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International