Beberapa Tips Memilih GPS Untuk Mudik Lebaran Dengan Mobil

01/06/2018| Abdul

Saat menjelang lebaran banyak keluarga di perantauan yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tujuannya adalah merayakan lebaran bersama keluarga tercinta dan juga saudara. Terdapat banyak jenis GPS yang tentunya dapat membantu perjalanan mudik baik menggunakan Mobil ataupun motor.

Seperti pendapat dari Kasmali yang merupakan penjual GPS yang bertempat di daerah Gunung Sahari Jakarta, yang mana untuk GPS Navigasi yang beredar dan dijual di pasaran atau toko otomotif telah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para pemudik. Hanya saja perlu memperhatikan beberapa aplikasinya. Berikut ini merupakan cara memilih GPS untuk mudik lebaran.

1. Detail Peta

Untuk detail peta tiap merek atau tipe terdapat perbedaan. Biasanya soal kelengkapannya, seperti misalnya ada yang memberikan detail peta dengan jelas seperti tempat pengisian bahan bakar, rumah makan, musholla dan lainnya. namun kadang ada juga yang tidak detail hanya memberikan jalannya saja.

Gambar ini menunjukkan gps yang terdapat pada dashboard mobil dengan banyak lokasi di dalamnya

Dengan GPS yang lengkap bisa mengetahui tempat makan atau SPBU terdekat

"Tergantung detail map-nya, kalau produk GPS SF550B yang disediakan toko kami, detail mapnya sudah lengkap karena dalam pengoperasiannya telah menggunakan 24 satelit," kata Kasmali.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang berita Mobil baru

2. Upgrade Peta

Selain memperhatikan detail petanya, dalam memilih GPS untuk mudik juga diperlukan pula upgrade peta terkini. Jadi lebih baik memilih GPS yang bisa memberikan info terkini pada jalanan, mengingat kondisi jalan selalu berubah setiap waktu.

Gambar ini menunjukkan gambar pada GPS mobil dengan beberapa tempat ditunjukannya

Perjalanan mudik dapat menggunakan GPS sebagai penunjuk arah sampai tujuan

"Upgrade map GPS umumnya harus bayar, tapi ada juga yang bisa langsung di-upgrade tanpa membayar lagi dengan kualitas yang baik," kata Kasmali yang mengatakan tempatnya bekerja telah mengembangkan produk GPS selama 6 tahun.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik terbaru lainnya

3. Info Lalu Lintas

Adapun yang selanjutnya dalam memilih GPS untuk mudik adalah yang dapat memberikan info lalu lintas terkini. Biasanya GPS tipe ini terhubung dengan internet dan cara kerjanya secara online. Namun kinerjanya lebih maksimal karena bisa diketahui kondisi lalu lintasnya dan memudahkan pengendara untuk menghindari kemacetan yang tentunya tidak diinginkan.

Gambar ini menunjukkan jari telunjuk menempel pada layar GPS Mobil

Dengan mengetahui info lalu lintas lewat GPS dapat menghindari kemacetan yang parah

"Jalur mudik saya memang itu-itu saja, tapi saya butuh tahu macet di mana sampai mana, biar saya bisa pilih alternatif lain," kata Octavianus Winkie yang merupakan salah satu pemudik.

>>> Baca juga, KTB Hadirkan Jagoan Baru, Fuso Fighter Plus Fitur GPS Runner Telematics yang diulas oleh cintamobil.com

4. Jenis GPS

Dalam pemilihan GPS sebaiknya yang telah portable sehingga bisa dibongkar dan dipasang dengan mudah pada Mobil. dengan begitu akan memudahkan pemasangan dan pembongkaran oleh pemilik saat tidak digunakan dan akan dipasang pada kendaraan lainnya.

Gambar ini menunjukkan gps yang menunjukkan arah lokasi yang dituju

Penggunaan GPS Portable dapat dipasangkan pada semua jenis Mobil

"GPS jenis portable cocok untuk kendaraan apa saja, Toyota, Honda, Daihatsu, dan sebagainya, jadi kalau mau ganti kendaraan ya gampang, bahkan untuk dipakai ke motor juga bisa meskipun butuh holder khusus," kata Kasmali.

>>> Mungkin tertarik, Ini Dia Merk GPS Mobil Terbaik Lebih Akurat

5. Layar GPS

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menunjuk layar pada gps di dalam mobil

Gunakan GPS yang dapat dilihat serta dibaca dengan mudah

Untuk tips memilih GPS untuk mudik yang terakhir adalah menyesuaikan layar GPS dengan penggunanya. Seperti misalnya bagi pemilik yang tidak bisa membaca dengan tulisan kecil, maka alangkah baiknya memilih GPS dengan tulisan yang besar. Ukuran layar yang sering digunakan oleh kebanyakan orang saat membeli GPS adalah 4,3 inci sampai 5,0 inci. Bagi yang tidak ada masalah saat melihat angka atau tulisan, baik kecil atau besar bebas memilih ukuran yang paling disukai.

Demikianlah informasi mengenai tips memilih GPS untuk mudik dengan Mobil. semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International