Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

12/07/2020| Abdul

Dalam berkendara, seorang pengemudi wajib memiliki konsentrasi yang baik agar selalu sigap dan tetap waspada. Untuk menjaga konsentrasi dalam mengemudi, kamu bisa lakukan dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan penambah konsentrasi pengemudi.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang mengemudikan mobil

Pengemudi harus selalu berkonsentrasi terhadap jalanan

Dengan tetap fokus dan konsentrasi dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti melanggar lalu lintas atau yang paling parah yaitu kecelakaan lalu lintas. Perlu diketahui bahwa beberapa makanan di bawah ini telah terbukti dapat meningkatkan serta menjaga kualitas konsentrasi otak supaya tetap stabil. Lalu, jenis makanan apa itu?

>>> Baca Juga, Menarik, Biaya Servis Mobil di Diler Ini Dikemas Seperti Menu Makanan Di Restoran

Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi

1. Kafein

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kafein bisa meningkatkan konsentrasi. Kamu dapat menemukan kandungan kafein pada coklat, teh, kopi, serta beberapa minuman berenergi. Kafein bisa mengatasi masalah kantuk dalam berkendara yang mengganggu dalam mengemudi. Namun, kamu juga harus memperhatikan agar tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein secara berlebihan, karena mempunyai risiko berkurangnya cairan di dalam tubuh yang menyebabkan sangat mudah mengalami dehidrasi.

Gambar ini menunjukkan kopi dan secangkir kopi sudah diolah

Kafein terkandung dalam kopi, coklat dan juga teh

2. Pisang

Buah pisang mengandung kalium, serat, mangan, dan Vitamin B yang tinggi. Sehingga buah pisang dapat membantu produksi serotonin, norepinephrine, dan dopamine dalam tubuh.

Hasilnya dapat berfungsi memperlama durasi konsentrasi otak seseorang. Bukan hanya itu, buah pisang juga termasuk buah yang kaya akan energi dan nutrisi. Sehingga cocok dimakan buat kamu yang akan berkendara agar membantu meningkatkan konsentrasi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Kacang-kacangan

Untuk meningkatkan konsentrasi, salah satu makanan yang tepat untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan terutama kenari dan kacang almond. Kedua jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan omega 3, antioksidan, serta vitamin B6 dan E yang mempunyai manfaat dalam meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Perlu kamu ketahui kandungan yang ada pada kacang-kacangan dapat menjadi stimulasi yang baik pada otak supaya tetap fokus dalam konsentrasi.

Gambar ini menunjukkan banyak jenis kacang-kacangan

Kandungan di dalam kacang-kacangan bisa bantu tingkatkan konsentrasi pengemudi

>>> Lihat Juga, Beberapa Alasan Dilarang Merokok Saat Mengemudi Mobil

4. Telur

Makanan penambah konsentrasi pengemudi selanjutnya adalah telur. Di bagian kuning telur terdapat kandungan choline dan lutein yang tergolong tinggi serta memiliki peran yang penting pada otak. Kandungan tersebut dapat memaksimalkan fungsi kognitif, daya ingat, dan konsentrasi. Selain itu, kandungan fenilalanin yang ada pada telur mampu menghasilkan hormon dopamin yang memiliki fungsi untuk meningkatkan suasana hati (mood).

Apabila suasana hati dalam kondisi yang baik maka tubuh akan merespon rasa nyaman yang berdampak terhadap konsentrasi mengemudi yang baik.

5. Blueberry

Blueberry cukup dikenal sebagai salah satu buah yang paling sehat. Selain memiliki antioksidan yang tinggi, blueberry juga sangat kaya akan vitamin C dan K. Buah yang terlihat kecil ini ternyata mempunyai banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu membantu melindungi sel-sel otak dari efek negatif stres dan kecemasan. Selain itu mampu meningkatkan daya konsentrasi dalam jangka waktu yang lama.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. Yogurt

Yoghurt termasuk dalam makanan yang mampu meningkatkan konsentrasi karena tidak hanya mengandung kalsium dan protein, juga terdapat kandungan asam amino tirosin yang  dapat membantu produksi hormon saraf dopamine dan noradrenalin. Kedua zat ini dapat meningkatkan konsentrasi dan ingatan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah botol berisi yogurt dan 2 buah sendok

Makanan pendukung bisa buat engemudi lebih fokus

7. Alpukat

Buah lain yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi kamu adalah Alpukat, karena kolesterol di dalam daging Alpukat dapat mengurangi tumpukan lemak yang berbahaya pada dinding arteri. Sehingga darah dapat mengalir dengan lancar ke otak yang berdampak pada kerja otak yang akan lebih maksimal.

Itulah artikel makanan penambah konsentrasi pengemudi. Untuk menghindari hal negatif di jalanan saat berkendara, kamu perlu dalam kondisi tubuh terbaikmu dan memiliki konsentrasi yang stabil. Oleh karena itu kamu harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan prima dan disertai dengan istirahat yang cukup serta  mengkonsumsi makanan-makanan yang mampu meningkatkan konsentrasi kamu.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

International