Beberapa Alasan Dilarang Merokok Saat Mengemudi Mobil

23/03/2020| Abdul

Kenyamanan menjadi salah satu hal dicari oleh para pengemudi sehingga beberapa pengaturan dilakukan seperti pengaturan kemudi dan jok mobil. Selain itu ada juga yang menyiapkan cemilan, minuman dan juga mendengarkan lagu kesukaan. Bahkan ada juga yang merokok saat mengemudi mobil.

Merokok memang hak masing-masing, namun alangkah baiknya jika bijak dalam menempatkan posisinya. Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa merokok di dalam mobil itu dilarang.

1. Untuk Menjaga Kesehatan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa merokok bisa menjadi penyebab terjadinya beberapa penyakit seperti pernapasan. Namun hal tersebut merupakan hak masing-masing mau merokok atau tidak. Yang pasti saat mengemudi tidak disarankan merokok, apalagi saat membawa penumpang yang tidak merokok.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang rokok dan kemudi mobil

Usahakan tidak merokok di dalam mobil

>>> Lihat Juga, Cara Mudah Mengatasi jok Mobil tersundut rokok

2. Kabin Jadi Bau Dan Kotor

Pada saat merokok di dalam kabin maka asapnya akan bertahan dan menempel di sudut kabin seperti pada panel pintu depan dan dashboard. Aromanya akan sulit menghilang dan tetap menempel pada kabin mobil. Selain itu, kenyamanan penumpang dan juga penghuni mobil lain yang  tidak merokok jadi terganggu, apalagi saat mengajak anak kecil maka tidak disarankan melakukannya.

Tidak hanya itu saja, asap rokok juga berpotensi masuk menuju sirkulasi AC  sehingga bisa menjadi endapan di dalamnya. Hasilnya udara yang dikeluarkan AC bisa bercampur dengan nikotin dari asap rokok.

3. Konsentrasi Jadi Terganggu

Alasan dilarang merokok saat mengemudi mobil selanjutnya adalah bisa membuat konsentrasi jadi terganggu. Mengemudi merupakan sebuah pekerjaan yang harus dilakukan sepenuhnya tidak sambil melakukan aktivitas lain seperti main ponsel atau merokok. Jika melakukan kegiatan lain seperti merokok maka konsentrasi bisa terganggu seperti harus melihat pegangan rokok dan membuang abu yang tersisa.

Belum lagi asap yang dikeluarkan oleh rokok kadang di depan pengemudi sehingga bisa beresiko mengganggu pandangan terhadap jalanan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang rokok dekat spion mobil

Jangan buang puntung rokok keluar mobil

>>> Baca Juga, Suka Merokok di Dalam Mobil, Ini Kerugian Yang Harus Ditanggung

4. Bisa Buat Pengguna Jalan Lain Celaka

Salah satu hal yang menyebalkan adalah bisa membuat orang lain celaka. Yang mana hal tersebut terjadi karena pengemudi yang merokok membuang puntungnya sembarangan saat rokok sudah habis. Sobat bisa membayangkan sebuah mobil sedang melaju dalam kecepatan 60 sampai 80 km/jam dan pengemudi membuang puntung rokok dari dalam mobil, maka pengguna jalan di belakangnya akan berpotensi terkena.

Kalau mobil sih tidak masalah, tapi bila ada orang sedang di pinggir jalan atau sepeda motor di belakangnya maka bisa berakibat buruk. Puntung rokok mempunyai bara panas, bila terkena baju, wajah atau tangan bisa terasa sakit dan beresiko menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

5. Melanggar Undang-Undang Lalu Lintas

Berhubungan dengan larangan merokok saat mengemudi mobil juga disebutkan dalam Undang-Undang LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan) Pasal 283 No 22/2009.

Bunyinya adalah “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Untuk maksud dari gangguan konsentrasi dalam Undang-undang tersebut bisa karena menggunakan ponsel, merokok dan juga mendengarkan musik.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan rokok ditempatkan pada asbak di mobil

Jika memang merokok setidaknya sediakan asbak dalam mobil

Itulah informasi mengenai beberapa larangan merokok saat mengemudi mobil. Namun bila Sobat tetap ingin melakukannya sebaiknya sediakan asbak di dalam mobil supaya tidak berpotensi mengganggu mengganggu pengguna jalan lain. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

International