Awas, Yang Duduk Disamping Pengemudi Jangan Tidur Selama Perjalanan Mudik

22/05/2018| Fat

Kondisi lalu lintas di ibu kota jakarta yang selalu padat tiap hari

Kepadatan lalu lintas membuat waktu perjalanan semakin lama

Hal yang tak kalah penting, khususnya buat penumpang adalah menemani pengemudi saat dia berada di balik kemudi selama perjalanan. Tugas utama ini merupakan keharusan bagi siapapun yang berada di kursi sebelah sopir.

Kalau perjalanan mudik bersama keluarga, biasanya istri yang berada di kursi depan menemani suami. Nah, disini peran istri sangat dibutuhkan. Dia harus peka terhadap segala hal yang berkaitan dengan kondisi jalan raya dan kondisi fisik suaminya yang sedang mengemudi.

>>> Persiapan Barang Di Dalam Mobil Saat Perjalanan Jauh Di Bulan Ramadhan

"Tugas perempuan (istri), waktu di samping pengemudi dia menjadi co-driver. Artinya dia tidak boleh tidur, dia harus menemani pengemudi di sepanjang perjalanan," tutur Sony Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI) kepada media belum lama ini.

Istri atau siapapun yang jadi pendamping sopir ibarat co driver, harus berperan aktif melihat kondisi jalanan, saat hendak menyalip, saat terjadi kepadatan, mengingatkan kecepatan yang melebihi batas wajar alias terlalu ngebut, menuju trafic light, waspada kendaraan di sebelah kiri dan lain sebagainya. 

Seorang cewek cantik jadi pengemudi truk

Pengemudi butuh pendamping yang selalu menemani, jangan ditinggal tidur

Lalu dengan kondisi suami atau pengemudi juga mesti peka. Lihat perubahan yang ada pada fisiknya, kalau sudah terlihat capek, mengantuk, sering menguap, jangan sungkan ajak untuk menepi di tempat yang aman untuk istirahat. Kalau masih memaksakan diri tetap jalan, cari cara lain yang mengharuskan pengemudi menepikan mobil, bisa dengan berpura-pura ingin buang air kecil atau atau yang lain.

"Tingkat kewaspadaan si pengemudi akan lebih bagus ketika ditemani. Kalau ditemani kita tahu kapan pengemudi lengah, kapan dia jaim (jaga image). Bisa saja dia ngantuk tapi dia bilang tidak karena merasa dirinya laki-laki," tambah Sonny.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Sonny menambahkan, kalau memungkinkan, boleh si istri atau pendamping meminta pergantian mengemudi hingga sopir bisa istirahat dan tubuh kembali bugar.

"Kalau memungkinkan, dia (istri) gantikan posisi si pengemudi (suami)," ujarnya.

So, melihat pentingnya pendamping bagi seorang pengemudi, siapapun yang berada di kursi baris depan samping pengemudi harus selalu terjaga dan menemani sepanjang perjalanan. Jangan malah ditinggal tidur sendiri.

Driver and Co Driver mobil balap dalam sebuah balapan

Ibarat Driver dan Co Driver yang aktif berkomunikasi dan saling membantu sampai perjalanan panjang selesai

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

Berita sama topik

  • Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    21/09/2020| Abdul

    Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    Power window merupakan salah satu fitur pada mobil yang memberikan kemudahan kepada pengemudi saat ingin membuka dan menutup jendela. Sistem yang digunakan sudah elektrik sehingga tidak perlu repot memutarnya tapi cukup menekan tombol saja. Terdapat komponen utama pada power window yang membantu kinerjanya.

  • Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    05/09/2020| Abdul

    Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    Menyalakan lampu mobil saat turun hujan diperlukan untuk membuat visibilitas berkendara mengalami peningkatan. Namun kadang beberapa orang berpikir, lampu mana yang dinyalakan, apakah lampu senja atau lampu utama?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International