Ada 5 Tipe Pengemudi, Kamu Yang Mana?

17/02/2020 | Fatchur Sag

Bukan hanya faktor kendaraan dan kesehatan pengendara, perilaku di jalan raya berpengaruh besar pada keselamatan. Bahkan faktor manusia memiliki peranan paling besar dibanding yang lain.

Foto pengemudi bergaya

Cari tahu seperti apa gaya mengemudimu?

Berbicara soal pengendara atau pengemudi, Jasa Marga merilis penelitian dari London School of Economics and Political Science (LSE) yang mengungkap ada 5 tipe pengemudi. Masing-masing berhubungan dengan keselamatan di jalan raya.

1. Tipe Guru

Gambar Pengemudi tipe guru

Pengemudi tipe ini punya kebiasaan suka mengajari pengemudi lain tentang cara berkendara di jalan. Kadang tidak peduli kalau pengemudi lain sebenarnya juga sudah tahu apa yang dia bicarakan.

>>> Pengenalan Otomotif Sejak Dini Mitsubishi Dikemas Dengan Kegiatan Menarik

2. Tipe Sok Tahu

Gambar gaya Pengemudi sok tahu

Mudahnya ini adalah tipe pengemudi sok tahu, merasa paling mengerti segalanya dan suka merendahkan pengemudi lain.

3. Tipe Pesaing

Gambar gaya Tipe pengemudi kompetisi

Tipe pengemudi ini selalu ingin unggul dibanding yang lain. Gayanya suka menutup celah jalur dan tidak memberikan kesempatan pengemudi lain menyalip. Di belakang kendaraan lain suka membunyikan klakson minta jalan tanpa peduli jalanan sedang padat. Di baris terdepan lampu merah langsung melesat saat lampu berubah hijau.

>>> Bukan Hanya Soal Bahaya, Berikut Fakta Lain Menggunakan Ponsel Saat Berkendara

4. Tipe Rasional

Gambar Tipe pengemudi rasional

Yang ini lebih memilih menggunakan logika dan bisa mengendalikan emosi saat berkendara. Enggan berkejaran dengan kendaraan lain karena tahu risikonya sangat tinggi, sementara keunggulan waktunya tidak signifikan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Tipe Bebas

Gambar gaya Tipe pengemudi bebas

Tipe pengemudi ini tak mau terlalu stres dengan kondisi di sekitar. Kena macet, dari pada menggerutu lebih memilih mendengarkan musik, menepikan kendaraan lalu bermain game, atau memilih tiduran di rest area.

Anyway, apapun tipe kamu sebagai pengemudi, sebaiknya selalu prioritaskan keselamatan baik untuk diri sendiri, pengguna jalan lain, maupun beragam objek di sekitar jalan. Kira-kira kamu tipe yang mana?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik