10 Poin Penting Buat Jadi Sopir Mobil Carteran Yang Hebat

10/10/2018 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Persaingan jasa transportasi mobil rental atau mobil carteran tak sebatas pada harga murah dan armada yang berkualitas. Tak kalah penting dari itu semua adalah pemberian layanan terbaik yang membuat pelanggan merasa sangat puas, termasuk menyediakan sopir yang handal dan juga hebat. Lalu bagaimana kiat untuk jadi sopir mobil carteran yang handal?

Foto penyerahan kunci rental mobil

Ada banyak profesi yang mengutamakan skill mengemudi

Mahir mengemudi mobil? Bagus, Anda punya banyak kesempatan mengais rejeki dari balik setir kemudi. Ada banyak pekerjaan profitable yang bisa Anda lakukan seperti jadi sopir angkutan umum, taksi online, armada perusahaan, sopir pribadi para bos hingga jadi pembalap handal. Satu profesi lagi di balik setir kemudi adalah sopir mobil carteran. Anda dibayar untuk tugas mengantarkan pelanggan menggunakan mobil Anda sendiri atau mobil bos.

Untuk profesi ini karena sifatnya adalah pelayanan, Anda punya tugas yang tidak hanya sekedar mengantar pelanggan sampai tujuan dengan selamat dan tepat waktu. Lebih dari itu Anda harus bisa memberikan memposisikan mereka sebagai seorang 'pembeli' yang kata pepatah disebut sebagai raja. Anda harus membuatnya senang, membuatnya nyaman, membuatnya dihormati dan membuatnya seperti seorang 'raja' alias bos. Bila itu bisa Anda lakukan, bukan tak mungkin bakal ada fee mengalir ke kantong Anda diluar harga yang disepakati. Kalaupun tidak ada fee untuk saat itu, mereka bakal menjadi pelanggan setia Anda pada waktu-waktu mendatang.

>>> Cewek Bisa Lebih Oke Loh Dibanding Cowok Saat Mengemudi Asal Perhatikan Hal Ini

Seorang penumpang mobil sewaan duduk dengan nyaman

Sewa mobil, solusi alternatif memenuhi kebutuhan transportasi

John Evans, sopir mobil carteran dari perusahaan rental dan carter mobil mewah AZ Luxe bercerita bagaimana bosnya, Abbass Zadeh mengajarkan dia menjadi sopir mobil carteran yang hebat dan disukai banyak pelanggan.  Setidaknya ada 10 poin penting yang dibagikan John Evans dari bosnya itu yang ditulis di AZ Luxe’s Chauffeur’s Bible:

  1. Selalu tiba 15 menit lebih awal dari waktu penjemputan yang disepakati. Dengan tiba lebih awal, pelanggan lebih merasa tenang dan tidak khawatir jadwal keperluannya bakal terlambat.
  2. Selalu buka pintu untuk klien Anda. Ini akan membuat pelanggan sangat tersanjung, merasa dilayani seperti seorang tuan dengan kendaraannya sendiri. Pastikan wanita masuk ke dalam mobil yang pertama sebagai penghormatan.
  3. Dasi Anda harus diikat dengan benar dan erat dan kancing baju Anda diikat. Harus ada kesesuaian penampilan antara mobil mewah dan sopir yang bersahaja. Selain pakaian yang tertata rapi jangan lupa untuk mengenakan sepatu yang sopan dan bersih.
  4. Rambut Anda harus rapi dan jenggot terawat dengan baik. Selain pakaian yang rapi, penampilan tubuh juga harus menawan. Jangan biarkan rambut Anda acak-acakan, gondrong tidak terawat atau panjang dan dibiarkan tergerai. Kalau Anda punya jenggot, pastikan juga tertata apik dengan panjang yang serasi.
  5. Pakai wewangian yang lembut. Beberapa pelanggan tidak suka dengan aroma wewangian yang kuat dan menyengat. Tapi, mereka lebih tidak suka kalau berdekatan dengan orang lain yang tubuhnya bau apek. Jadi pilih wewangian dengan aroma yang lembut.
  6. Jangan menawarkan jabat tangan dengan penumpang Anda, kecuali mereka mengulurkan tangan terlebih dahulu. Budaya Eropa tidak mengajarkan seorang pelayan mengulurkan tangan untuk bersalaman dengan tuannya. Ini bisa menimbulkan kesan kurang sopan dan tidak beretika. Lain lubuk lain ikannya, lain negara lain budayanya. Di Indonesia yang lebih elok adalah mengulurkan tangan terlebih dahulu untuk bersalaman.
  7. Jangan berbicara kecuali diajak bicara. Untuk hal-hal yang tidak terlalu urgent, seorang sopir mobil carteran sebaiknya tidak mengawali perbincangan dengan pelanggannya kecuali beberapa hal seperti menanyakan apakah AC terlalu dingin, perlu bantuan buat cari sinyal radio atau hal urgent yang lain.
  8. Masuk ke kursi pengemudi sebagai pria sejati. Masuk dan duduklah dengan mantap namun bersahaja. Jangan masuk ke dalam mobil dan duduk di balik kemudi seperti seperti batu jatuh dari langit, berdebum dan mengejutkan. Begitu pula saat menutup pintu jangan sampai menimbulkan suara keras seolah Anda terlalu terburu-buru.
  9. Selalu berkendara dengan aman dan penuh antisipasi. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, waspada dengan objek lain di luar mobil dan hindari tindakan mengejutkan. Biarkan pelanggan merasakan kenyamanan seutuhnya tanpa terganggu perasaan was was dan takut.
  10. Mengemudi yang enak. Pastikan untuk berhenti dengan pengereman lembut dan berjalan dengan tarikan gas dengan lembut. Begitu pula saat menambah dan mengurangi kecepatan, lakukan perpindahan gigi dengan halus.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Foto aksi Jason Statham dalam film Transporter

Pengemudi hebat tak cukup dengan skill mengemudi yang mumpuni

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca