Setir Mobil Speleng, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

02/10/2018 Abdul Kosim Perawatan mobil

Seseorang yang memiliki sebuah Mobil tentu menginginkan kondisinya normal dan tanpa masalah. Dengan begitu ketika diajak untuk bepergian ke suatu tempat dapat terasa aman dan nyaman saat dikendarai. Namun kadang Mobil mempunyai masalah tersendiri dari mulai masalah sepele sampai yang rumit. Oleh sebab itu sangat penting melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi atau bengkel yang terpercaya. Salah satu masalah yang kadang dijumpai adalah setir Mobil speleng.

Setir Mobil merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan gerak dari si pengemudi menuju roda Mobil. Dengan begitu pengemudi bisa membelokkan kendaraan dengan memutar setir. Masalah yang kerap terjadi adalah setir speleng atau kemudi terasa goyang.

Nah berikut ini merupakan beberapa penyebab setir speleng dan cara untuk mengatasinya.

1. Komponen sistem pengereman lengket

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang melepas ban Mobil

Sistem pengereman juga membutuhkan perawatan karena akan berpengaruh ke sistem kemudi (Foto: Asapmobil)

Penyebab pertama yang dapat membuat kemudi terasa speleng adalah komponen rem Mobil yang lengket. Dengan begitu putaran roda jadi tidak maksimal. Jika sudah begitu maka vakum angin menjadi tidak  pada tempatnya. Apabila ingin melakukan pengecekan maka keempat roda harus didongkrak.

2. Kampas rem tersumbat atau kotor

Penyebab setir speleng selanjutnya adalah kampas rem yang kotor. Jika terdapat kotoran yang menempel di kampas rem sebaiknya segera dilakukan pembersihan. Untuk sist dan cakramem pengereman jenis disk brake maka bisa dilakukan penyemprotan dengan bensin. Namun untuk jenis tromol harus dibuka dan dibersihkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

3. Kampas rem Mobil telah aus

Pada saat kampas rem aus maka dapat menjadikan kinerja rem hanya sebelah saja. Jika sudah begitu kemudi akan terasa speleng sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Gambar ini menunjukkan bagian poros roda pada Mobil dan terlihat sistem pengeremannya

Sistem pengereman yang bermasalah bisa membuat setir speleng atau serasa bergoyang (Foto: Static.carfromjapan)

4. Piston rem dalam kondisi macet

Piston rem yang telah bocor bisa berakibat setir Mobil ikut mengalami dampaknya. Untuk melakukan pengecekan bisa dengan menekan pedal rem seperti sedang mengocok. Dengan begitu akan didapati apakah kondisi pinton masih baik atau tidak.

Setelah mengetahui beberapa penyebab setir Mobil speleng, tentu penasaran untuk cara memperbaikinya. Berikut yang bisa sobat lakukan.

>>> Lihat juga, Mengetahui Tips Merawat Rem Parkir Dan Jenisnya

1. Mendongkrak roda Mobil

Saat berkendara di jalan dan terasa speleng pada bagian kemudinya, maka kurangi kecepatan dan berjalan perlahan sampai ke rumah. Setelah itu sobat bisa memeriksa kondisinya, apakah ada masalah atau tidak.

Cek keempat roda apakah ada komponen yang lengket atau putaran roda tidak maksimal. Setelah itu pasangkan dongkrak sampai keempat roda terangkat. Dilanjutkan dengan memutar masing-masing roda dan mana yang putarannya tidak baik. Jika ada salah satu yang kurang maksimal, maka bisa jadi ada masalah pada sistem pengeremannya yang menjadikan vakum angin pada rem tidak dapat kembali ke tempatnya.

Untuk solusinya adalah dengan melakukan pembersihan, dengan begitu sistem pengereman dapat bekerja dengan baik. Setir kemudi pun dapat kembali dapat digunakan dengan semestinya.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang roda Mobil dan terlihat di belakangnya ada poros roda

Terdapat beberapa jenis sistem pengereman seperti tromol (Foto: Whichcar)

2. Mengecek kampas rem

Apabila ternyata saat memeriksa tidak ada masalah, maka dilanjutkan bagian kampas yang dicek. Caranya dengan membuka roda di posisi depan dan cek kondisi kampasnya. Apabila ada kotoran atau benda asing yang menempel dan menghalangi kinerjanya bisa dilakukan pembersihan. Untuk bahan yang digunakan untuk pembersihan adalah bensin.

>>> Baca juga, Mengetahui Manfaat Mengecek Minyak Rem Mobil

3. Mengganti kampas rem

Setelah pengecekan point ke 2, selanjutnya adalah memeriksa ketebalan kampas. Jika ternyata telah aus, maka langkah selanjutnya adalah mengganti kampas rem. Karena saat kampas habis bisa membuat kinerja dari sistem pengereman tidak maksimal yang berakibat setir kemudi speleng atau terasa bergoyang.

gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang cakram pada sistem pengereman di poros roda

Sistem pengereman merupakan salah satu yang penting pada kendaraan (Foto: fiix.io)

4. Cek Sistem pengereman

Saat telah dicek dengan 3 tahapan di atas namun ternyata tidak masalah, maka pengecekan terakhir adalah bagian sistem pengeremannya. Coba dilakukan pengecekan pada bagian pinton remnya, karena sistem pengereman yang bermasalah dapat berpengaruh pada kemudi Mobil.

Untuk mengecek bagian ini membutuhkan 2 orang, satunya mengocok pedal dan satunya melihat piston. Apabila didapati piston rem bocor bisa membawanya ke bengkel apakah bisa diperbaiki atau tidak. Jika tidak maka perlu dilakukan pergantian.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi setir Mobil speleng. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca