Unik, Uji Tabrak Mobil KIA Dilakukan Secara Horizontal

30/06/2020 | Abdul

Pengujian kendaraan dalam hal tabrakan kerap dilakukan oleh produsen mobil untuk memastikan produknya mempunyai sistem keselamatan yang mumpuni. Bahkan dengan hal tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membeli kendaraannya. Yang menarik adalah, uji tabrak mobil KIA dilakukan dengan cara yang unik.

Gambar ini menunjukkan mobil KIA Carnival tampak depan

KIA Carnival mobil MPV asal produsen Korea Selatan

>>> Baca Juga, Hati-Hati, Sampai 3 Juli Ada Rekonstruksi Jalan Tol Jagorawi

Biasanya banyak produsen mobil melakukan uji tabrak kendaraan di jalanan horizontal atau datar. Pengujian dilakukan untuk melihat kemampuan kendaraan dari kendaraan dalam menyerap dampak tabrakan bagi penumpang. Sehingga nantinya bisa mendapatkan mobil yang mempunyai sistem keselamatan yang maksimal.

Tapi tidak seperti umumnya, uji tabrak  mobil KIA di Selandia Baru menggunakan cara unik dalam melakukan pengujian. Jadi tidak dilakukan secara horizontal namun secara vertikal.

Adapun cara yang dilakukan adalah dengan menjatuhkan mobil KIA Carnival. Yang mana ketinggiannya adalah 12,6 meter dengan mengandalkan derek. Untuk tekniknya adalah kendaraan ditempatkan pada permukaan yang rata jika dilihat secara vertikal kemudian dijatuhkan dan mempunyai kecepatan 56 km/jam.

Dengan menggunakan cara tersebut maka orang bisa jelas dalam melakukan pengamatan berkaitan dengan penyerapan dampak tabrakan KIA Carnival dengan efektif. Pada pengujian tersebut, bumper dan bagian kap nya rusak. Namun untuk ke belakangnya hanya terjadi kerusakan minimal, sebagian besar dampaknya diserap oleh zona crumple MPV.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan proses uji tabrak KIA Carnival

Uji tabrak KIA Carnival dilakukan secara horizontal

Selain itu, dalam sepersekian detik airbag yang berada di dalam mobil mengembang. Dengan begitu cedera yang bisa saja terjadi pada boneka di dalam mobil dapat diminimalisir. Untuk mobil besutan pabrikan Korea Selatan yakni KIA Carnival model 2016 mendapatkan sertifikat bintang 5 dari ANCAP.

Dengan uji tabrak mobil KIA yang dilakukan tersebut, membuat mobil menjadi yang teraman di Selandia baru. Berikut ini video yang diunggah oleh akun Youtube @KiaNewZealand pada beberapa waktu lalu pada saat dilakukan uji tabrak dengan cara yang unik.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik