Transmisi Baru Diciptakan Hyundai Dan KIA, Bisa Pindah Gigi Sendiri Lho!

25/02/2020| Abdul

Transmisi menjadi salah satu bagian kendaraan yang berperan untuk mengatur gigi pada kendaraan sehingga pengaturan kecepatan dapat dilakukan. Dengan mengandalkan transmisi mobil bisa melaju pelan sampai kecepatan tinggi yang dikolaborasikan dengan gas dan kopling. Bahkan dikabarkan transmisi baru tengah diciptakan oleh Hyundai dan KIA.

Gambar ini menunjukkan teknologi transmisi baru ICT

Teknologi baru yang diciptakan Hyundai dan KIA rencananya untuk model kendaraan masa depan

>>> Baca Juga, Dapat Penyegaran, Fitur Keselamatan Tinggi Disematkan Pada Toyota Vellfire Dan Alphard

Teknologi Continuously Variable Transmission (CVT) telah terevolusi oleh pihak KIA dan Hyundai. Yang mana dengan revolusi yang dilakukan menghadirkan tipe transmisi Smartstream IVT (Intelligent Variable Transmission). Penggunaan teknologi yang diberikan menjanjikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dan juga lebih baik.

Informasi mengenai transmisi baru dari Hyundai dan KIA dilansir dari Mobil1 pada 21/3/2020. Yang mana untuk penggunaan transmisi diberikan pada Hyundai Accent. Dengan begitu akan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang meningkat sampai 35 mil per galon (mpg), untuk model sebelumnya mencapai 32 mpg.

Akan tetapi tidak hanya sampai disitu saja, 2 pabrikan asal Korea tersebut tengah menciptakan teknologi ICT Connected Shift System, yang mana teknologi ini merupakan sistem yang dihubungkan dengan teknologi komunikasi dan informasi. Dengan menggunakan teknologi terbarunya ini memungkinkan perpindahan gigi akan terjadi secara otomatis setelah kondisi lalu lintas dan jalan diidentifikasi.

Sementara untuk cara kerjanya adalah sistem bergerak dengan melalui informasi dari navigasi real time. Untuk informasi didapat dari kamera, navigasi 3D dan radar yang telah dilengkapi dengan peta jalan yang akurat. Jadi situasi di depan kendaraan dapat diprediksi oleh ICT Connect Shift System. Kalau untuk saat ini mengandalkan Smart Drive Mode yang masih memerlukan preferensi dari pihak pengemudi.

Jadi kondisi lalu lintas dan juga berbagai aktivitas di jalan akan diumpankan oleh navigasi 3D secara real time. Setelah itu jarak kendaraan dan kecepatan akan dideteksi oleh radar dan kamera memberikan informasi berkaitan dengan jalur.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan teknologi smart drive Mode

Saat ini masih menggunakan Smart Drive Mode

Apabila melihat dari skenario pengujian yang dilakukan oleh pihak perusahaan, maka transmisi baru ICT Connect Shift System mengurangi pergeseran ketika menikung di jalan mencapai 43%. Begitupun pada frekuensi dalam pengereman juga  berkurang sampai 11% pada saat skenario pengujian yang sama. Dengan hal tersebut keausan rem dan rasa lelah pengemudi bisa berkurang.

Untuk penerapan penggunaan transmisi baru ICT Connect Shift System akan diberikan pada model kendaraan masa depan. Perkiraannya teknologi tersebut akan dipadukan dengan pemakaian teknologi otonom. Kita tunggu kabar selanjutnya mengenai kehadiran transmisi yang baru dari “Duo Korea Selatan”.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International