The Nitro Bug, VW Beetle Jadi Mobil Modifikasi Tercepat di Dunia

10/09/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Lupakan Bugatti, Ferrari, atau Porsche, VW Beetle ini bisa jadi disebut sebagai mobil modifikasi tercepat. Kecepatannya? Bayangkan kecepatan 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 1 detik!

Ketika memikirkan sebuah Volkswagen (VW) Beetle, pecinta otomotif hanya memikirkan tentang mobil klasik yang enak dibawa mengemudi kemanapun. Tidak pernah ada kaitannya dengan kecepatan. Namun semua itu berubah semenjak seorang mekanik dari Inggris memutuskan memberikan nyawa baru bagi VW Beetle yang menjadi salah satu mobil modifikasi tercepat di dunia.

Gambar yang menunjukan The Nitro Bug, mobil modifikasi tercepat di dunia dari depan

The Nitro Bug, mobil modifikasi VW Beetle tercepat di dunia (Foto: Stian Alexander)

Adalah seorang mekanik bernama Andy Raw yang telah meluangkan waktunya yang berharga selama empat tahun dan menghabiskan £ 100.000 (hampir mencapai Rp2 Milyar) untuk mengubah Beetle nan klasik menjadi salah satu mobil tercepat di dunia.

>>> Tinggal Dirapatkan Sekali Lagi, Mobil Listrik Bakal Lebih Murah Mobil Biasa

Diberi nama The Nitro Bug, Beetle hasil permak ini mampu melaju hingga kecepatan puncak antara 400 – 450 km/jam. Modifikasinya juga memungkin mobil untuk mencapai 0 – 100 km/jam dalam waktu kurang dari satu detik hingga mencapai kecepatan 450 km/jam hanya dalam waktu kurang dari enam detik. Luar biasa bukan?

Gambar yang menunjukan The Nitro Bug, mobil modifikasi tercepat di dunia dari samping

Kecepatan Nitro Bug bisa mencapai 450 km/jam dalam 6 detik (Foto: Stian Alexander)

Bahan bakar yang digunakan juga sangat unik dan mahal sehingga pemodif harus mendapatkan Lisensi Bahan Peledak dan Racun Khusus (EPP) khusus dari Home Office di Inggris. Bahan bakar yang digunakan yaitu nitromethane – zat mudah terbakar yang paling mudah menguap di dunia – yang jika digunakan tanpa lisensi akan membuat penggunanya mendapatkan hukuman dua tahun di penjara.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Andy yang memiliki diler AMR Motors dan TSR Engine Conversions di Newmarket mengklaim bahwa ia bangga menjadi pemilik satu-satunya Bug Nitro di dunia. "Anda hanya berlomba di dalam mobil hanya di bawah enam detik, tetapi itu membuat Anda benar-benar kelelahan secara mental dan fisik - kaki Anda seperti jelly ketika Anda keluar karena dorongan adrenalin begitu kuat."

Dia berkata: "Saya telah menghabiskan ribuan jam di mobil, yang digolongkan sebagai mobil lucu nitro nostalgia. Bisa berkendara mencapai 100 km/jam hanya dalam 0,9 detik dan di atas kertas akan mampu melakukan melaju hingga 400 – 450 km/jam.”

>>> Berbagai berita mobil baru di dalam dan luar negeri hanya ada di sini

Gambar yang menunjukan The Nitro Bug, mobil modifikasi tercepat di dunia dari bawah

Untuk membuat mobil ini, biaya yang dihabiskan mencapai Rp2 Milyar (Foto: Stian Alenxander)

Untuk menjaga keselamatan selama mengendarai ‘monster kecepatan’ ini, Andy menyebutkan bahwa ia harus memakai helm khusus dengan alat bantu pernapasan, baju balap 20 lapis, sepatu bot, dan sarung tangan ketika mengendarai mobil ini. Tentu saja pengamanan yang penting mengingat kecepatan yang dirasakan. Tertarik mencobanya?

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca

  • Pilih Mobil McLaren Sama Seperti Bermain Video Game
    Pasar Mobil Padli Nurdin

    Pilih Mobil McLaren Sama Seperti Bermain Video Game

    08/11/2018

    Memilih mobil baru di diler McLaren Automotive di Toronto sama seperti bermain video game. Mulai dari memilih warna mobil serta opsi lain yang tersedia. Tetapi bedanya, untuk membelinya Anda harus menggunakan uang asli.

  • Menjadi Rongsokan Selama 40 Tahun, Mini Cooper Ini Dijual Seharga Mobil Baru
    Pasar Mobil Padli Nurdin

    Menjadi Rongsokan Selama 40 Tahun, Mini Cooper Ini Dijual Seharga Mobil Baru

    07/11/2018

    Mini original sepertinya tak lekang oleh waktu. Tua-tua keladi, mobil ini sudah pantas dan berharga sebagai mobil klasik. Karena itu, tak salah jika seorang pecinta otomotif asal Inggris ini membayar hampir Rp 400 juta untuk sebuah mobil Mini Cooper rongsokan.

  • Bukan Avanza atau Xpander, Ini Mobil MPV Paling Laris Di Dunia
    Pasar Mobil Fatchur Sag

    Bukan Avanza atau Xpander, Ini Mobil MPV Paling Laris Di Dunia

    07/11/2018

    Untuk urusan mobil MPV paling laris di Indonesia, semua mengakui kalau Toyota Avanza adalah jagonya meski sekarang posisinya sedang di bawah Mitsubishi Xpander. Yang mungkin belum Anda tahu, mobil MPV paling laris di dunia ternyata bukan Avanza atau Xpander. Bahkan tidak disangka mobil MPV ini juga dijual di Indonesia yang hingga sekarang masih dipandang sebelah mata. Penasaran?