Tak Ada Ganjil Genap, Jalanan Ibu Kota Jadi Padat

18/03/2020 | Fatchur Sag

Himbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar masyarakat belajar, bekerja, dan beribadah di rumah seiring sejalan dengan pencabutan sementara peraturan ganjil genap (GaGe) oleh Gubernur DKI Anies Baswedan di seluruh ruas jalan ibu kota. Kebijakan berlaku mulai 16 Maret hingga 30 Maret 2020 atau selama dua pekan.

Gambar menunjukkan Banner pencabutan ganjil genap di Jakarta

Ganjil genap ditiadakan selama 2 pekan

Sisi baik dirasakan masyarakat karena mereka tidak lagi harus memutar atau melipir saat menggunakan kendaraan roda empat. Di jalanan manapun mereka bisa beroperasi.

Namun sisi kurang baik juga harus dirasakan karena kebijakan yang dianggap sebagai langkah preventif terhadap penyebaran virus Corona itu berimbas pada kepadatan. Populasi kendaraan di beberapa ruas jalur protokol menjadi lebih padat.

>>> Ini Kendaraan Yang Tidak Terpengaruh Aturan Ganjil Genap

Disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo Situasi yang ada berbeda dibandingkan hari-hari sebelumnya. “Biasanya jam 8 dan 9 sudah longgar arus lalu lintas, kemudian yang kemarin pelaksanaan ditiadakan Gage (ganjil genap) bahkan sampai malam masih terjadi kepadatan,” tutur Sambodo, seperti dikutip dari NTMCPolri, (17/3/2020).

“Karena ditiadakan akhirnya volume meningkat, tapi di titik-titik lainnya memang terjadi karena anak-anak sekolah diliburkan dan ASN banyak kerja di rumah dititik lainnya tetap terjadi penurunan volume,” jelasnya.

Foto menunjukkan salah satu pemandangan kemacetan di Jakarta di hari pertama pencabutan ganjil genap

Tak ada ganjil genap, lalu lintas di Jakarta kembali macet (Foto:Liputan6)

>>> Tidak Bikin Pegal Ketika Terjebak Macet, Yuk Intip Cara Kerja Fitur Brake Hold Di Mobil Honda

Belum diketahui apakah kondisi seperti ini bakal terjadi setiap hari hingga 30 Maret 2020 mendatang. Yang pasti pihaknya dan para pemangku kepentingan bakal melakukan evaluasi dalam tiga hari kedepan untuk menemukan solusi yang terbaik.

“Nanti kita libatkan lah seluruh stakeholder terkait dengan evaluasi Gage ,” ujar dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan peniadaan sistem ganjil genap tetap berlaku hingga dua Minggu ke depan.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik