Soal Mobil Listrik, Honda Tunggu Juklak dan Juknis

27/11/2019| Fatchur Sag

Hingga saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) belum memperlihatkan geliatnya terhadap elektrifikasi. Meski Perpres sudah diteken awal Agustus 2019 lalu, HPM belum nampak mau 'melistrikkan' produk-produknya di Indonesia, baik dalam bentuk plug in hybrid maupun full electric. Bahkan gelontoran investasi baru sebesar Rp 5,1 triliun dari Honda Motor Company, Ltd hingga tahun 2023 mendatang tidak memasukkan klausul mobil listrik.

Foto seorang sedang mengisi  dengan Honda e charging port

Honda belum memulai elektrifikasi di Indonesia

Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, masih antengnya Honda bukan berarti tak mendukung program pemerintah dalam pengembangan industri kendaraan listrik dalam negeri. Tapi ada beberapa pertimbangan yang dirasa cukup penting.

"Itu untuk pengembangan model baru dan lokalisasi, kami sangat komitmen dengan lokalisasi. Kami juga sangat mendukung program pemerintah dalam hal pengembangan industri dalam negeri," tutur Yusak di acara Honda Fastival 2, Kemayoran, Jakarta, Minggu (24/11/2019).

Dijelaskan Yusak, beberapa hal yang masih jadi pertimbangan diantaranya belum adanya Petunjuk Pelaksana (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) sebagai bentuk kepastian pemerintah atas Perpres No. 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program KBL Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle). Kedua hal tersebut penting agar langkah-langkah yang dilakukan Honda benar-benar on track.

>>> Vattenfall Siapkan Power Charger Untuk Pengguna Mobil Listrik Honda di Eropa

Meski belum memulai program elektrifikasinya di Indonesia, studi ke arah itu sudah dilakukan. Sedangkan untuk implementasinya menunggu sampai Juklak dan Juknis keluar. "Kita baru akan mengambil action jika juknis sudah keluar," tutur Yusak. "Begitu diundangkan, kita akan bergerak dan buatkan strategi bagaimana jalannya Honda di Indonesia untuk kendaraan listrik." tambahnya.

Sebagai tambahan, Honda memiliki sejumlah model mobil listrik yang dipasarkan di beberapa negara, seperti Honda Insight, Accord Hybrid, Clarity PHEV, Clarity Electric, Clarity Fuel Cell dan yang terbaru Honda e. Kira-kira apa yang paling cocok untuk Indonesia, menurut Yusak yang paling cocok untuk saat ini adalah model hybrid.

>>> Mobil Listrik Honda E Resmi Diluncurkan, Bakal Masuk Indonesia?

Foto Honda Clarity Electric tampak dari samping depan

Honda punya banyak model mobil listrik

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik