Riset IIHS, Penyumbang Kecelakaan Terbesar Adalah Mobil Dimensi Kecil

02/06/2020| Abdul

Salah satu lembaga keselamatan berkendara di Amerika Serikat (AS) yakni IIHS (Insurance Institute for Highway Safety) mengungkapkan, bahwasanya untuk model mobil yang menjadi penyumbang kecelakaan lalu lintas paling besar adalah mobil dimensi kecil. Dari total 20 model, kasus kecelakaan yang terjadi di jalan raya 15 model  disumbang oleh mobil kecil.

Berkaitan dengan hal tersebut diungkapkan oleh  Joe Nolan selaku Wakil Presiden Senior IIHS, yang mana untuk perlindungan yang diberikan kepada pengendara lebih sedikit untuk mobil kecil.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil habis kecelakaan dalam kondisi rusak bagian depan

Kecelakaan juga bisa dfisebabkan oleh faktor pengemudi

"Mobil kecil menawarkan lebih sedikit perlindungan bagi pengemudi dalam kecelakaan. Karena bobotnya lebih ringan, penumpang menerima beban lebih besar saat tabrakan dengan kendaraan yang lebih besar," ujar Joe Nolan dilansir dari laman iNews.

Berhubungan dengan mobil dimensi kecil, peringkat pertama yang menyumbangkan angka kecelakaan tertinggi  diduduki oleh mobil city car besutan Fird yakni Fiesta keluaran tahun 2017. Untuk mobil tersebut terdapat 46 kasus kecelakaan tunggal dan kecelakaan yang terjadi non tunggal terdapat 98 kasus.

Berbeda dengan mobil premium dan mewah yang diklaim mempunyai keamanan paling tinggi di dunia. Hal tersebut disebabkan oleh pemberian teknologi yang lebih mumpuni dari segi keselamatan dan keamanan. Ditambah lagi dari segi harga terbilang lebih mahal dibandingkan mobil kecil.

>>> Baca Juga, Kecelakaan di Jalan Tol, Antara Performa dan Pelanggaran Lalu Lintas

Gambar ini menunjukkan tulisan IIHS dan kata panjangnya

IIHS lakukan riset tentang mobil penyumbang kecelakaan terbesar

Bahkan menurut riset yang dilansir dari laman IIHS pada 2/6/2020 menunjukkan, untuk rasio kematian pada kendaraan mewah persentasenya lebih rendah. Angka tersebut dibandingkan dengan jenis kendaraan non-premium dengan dimensi yang sama.

Seperti yang telah diketahui, bahwa untuk mobil mewah berkelas premium mempunyai fitur keselamatan yang mumpuni dan berteknologi canggih. Beberapa fitur yang diberikan seperti lane departure warning system dan blind spot warning. Dengan adanya fitur tersebut memungkinkan pengemudi mendapat peringatan pada saat mobil bergerak keluar jalur saat berada di jalan arteri atau jalan bebas hambatan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Ford Fiesta 2017 warna merah

Berdasarkan riset IIHS mobil dimensi kecil menjadi penyumbang kecelakaan terbesar

Bahkan tidak hanya mobil mewah saja, untuk mobil dalam segmen minivan dan juga SUV, angka kecelakaan yang disumbangkan masih terbilang rendah. Meskipun begitu menurut kami, bahwasanya selain soal mobil dimensi kecil atau besar, mobil dengan fitur canggih dan lainnya, kecelakaan terjadi juga karena peran pengemudi yang kehilangan fokus atau kondisi tubuh kurang fit.

Oleh sebab itu sebelum berkendara sebaiknya  memeriksa kondisi tubuh dan juga kendaraannya. Pastikan semuanya dalam kondisi sehat dan tidak ada masalah.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International