Rekayasa Lalu Lintas Selama Asian Games Bukan Hanya Genap Ganjil!

19/07/2018| Padli Nurdin

Salah satu event terbesar Asia kembali datang ke Indonesia. Menyikapi hal ini, pemerintah mengatur lalu lintas agar tidak terlihat ‘berantakan’ selama penyelenggaraan Asian Games 2018 berlangsung. Sebagai pengemudi yang berlalu-lalang di daerah perkotaan Jakarta, mengetahui rekayasa lalu lintas selama Asian Games merupakan pengetahuan mendasar yang perlu diperhatikan.

Sebelumnya, masyarakat hanya mengetahui kebijakan ganjil genap yang dilaksanakan selama penyelenggaraan Asian Games. Namun, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menyebutkan kebijakan transportasi yang disiapkan Pemerintah bukan hanya itu.

Gambar yang menunjukan penanda Asian Games 2018 di Indonesia

Indonesia akan menyelenggarakan Asian Games ke-18 pada tanggal 18 Agustus –  2 September 2018

“Ada tiga kebijakan yang terkait satu sama lain yaitu manajemen rekayasa lalu lintas, penyediaan angkutan umum dan pengaturan lalu lintas angkutan barang,” jelas Bambang beberapa hari lalu ketika ditemui media.

>>> Jaguar Land Rover ajak konsumen berkendara penuh tantangan

Selain kebijakan ganjil genap yang dilakukan bagi kendaraan pribadi mulai setiap hari pukul 06.00 – 21.00 WIB, Pemerintah juga akan memberlakukan kebijakan buka tutup gerbang tol prioritas. Kebijakan ini akan diterapkan bervariasi, mulai dari pukul 06.00 – 17.00 dan pukul 12.00 – 21.00 setiap harinya.

Gambar yang menunjukan petugas kepolisian yang sedang memasang banner peraturan genap ganjil

Peraturan genap ganjil menjadi salah satu upaya pemerintah mengatur arus lalu lintas

Penutupan pintu tol diprioritaskan untuk rute Wisma Atlet Kemayoran, Gelora Bung Karno (GBK), Velodrome Rawamangun dan Cibubur. Kebijakan ini juga meliputi penyediaan jalur khusus bagi kendaraan pengangkut atlet dan angkutan umum bus di jalan tol.

>>> Berita pasar mobil dalam dan luar negeri hanya di sini

Kebijakan angkutan umum ditujukan untuk menunjang mobilitas masyarakat, terlebih untuk mendukung penonton dan wisatawan mancanegara yang datang melihat penyelenggaraan Asian Games.

Ketiga, pembatasan lalu lintas angkutan barang dilaksanakan dengan memperluas pembatasan lalu lintas angkutan barang golongan III, IV, dan V pada ruas tol tertentu. Saat ini, pembatasan lalu lintas angkutan barang pada ruas tol Cawang-Tomang-Pluit dan Tomang-Kembangan telah diberlakukan. Kendaraan angkutan barang sudah tidak boleh melintas di luar pukul 22.00 – 05.00 WIB.

>>> Ingin membeli mobil baru? Informasi selengkapnya klik di sini

Gambar yang menunjukan lalu lintas pada jalanan di Jakarta

Tiga kebijakan ini diprediksi mampu mengurangi kemacetan parah di Jakarta

Bagi pengemudi angkutan barang, kebijakan ini akan diperluas ke ruas Tol Cawang Tj. Priok, ruas Tol Pelabuhan, ruas Tol Cawang TMII dan ruas Tol Cawang Cikunir selama Asian Games berlangsung.

Semoga saja, dengan tiga kebijakan Pemerintah untuk rekayasa lalu lintas selama Asian Games bisa menjadikan lalu lintas lebih terkendali untuk menyokong kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan event empat tahunan terbesar di Asia ini.

>>> Berbagai berita informatif paling lengkap hanya di Mobilmo

Berita sama topik