Ramai Pengembangan Mobil Terbang, Mobil Amfibi Bagaimana?

05/08/2021| Abdul

Mobil terbang menjadi salah satu kendaraan yang saat ini sedang dikembangkan. Beberapa produsen sedang berlomba-lomba untuk melakukannya. Bahkan baru-baru ini dari pihak Hyundai mengklaim bahwa pada awal tahun 2025 taksi udara siap memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Akan tetapi tahukah Sobat, bahwa sebelumnya mobil yang memiliki peran ganda sudah dikembangkan seperti pada 6 dekade yang lalu. Adapun mobil yang mempunyai peranan ganda ditujukan untuk kendaraan darat dan di air. Kendaraan tersebut dikenal dengan sebutan mobil amfibi.

Gambar ini menunjukkanmobil amfibi warna merah tampak depan

6 dekade lalu perusahaan melakukan pengembangan kendaraan amfibi

Salah satu kendaraan amfibi adalah gagasan dari Hans Trippel dan merupakan buatan Jerman. Mobil tersebut sudah dibangu sejak tahun 1930-an dan yang diciptakan adalah Trippel SG6 Schwimmwagen. Dimana kendaraan tersebut selama Perang Dunia II digunakan oleh pasukan Jerman.

Kemudian dari pihak Trippel di tahun 1961 percaya bahwa untuk pasar terbesar adalah Amerika. Mesin yang diberikan pada kendaraan amfibi adalah4 silinder Triumph yang mempunyai kapasitas 1.147. Pemasangan mesin ditempatkan pada bagian belakang yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 47 bhp.

Gerabox yang dimiliki adalah 4 speed yang dapat menggerakkan roda belakang ketika melaju di jalanan atau darat. Sedangkan ketika berada di air memanfaatkan baling-baling dengan kumlah 2 buah.

>>> Baca Juga, Mahalnya Biaya Kepemilikan Mobil Terbang

Gambar ini menunjukkan mobil amfibi tampak bagian samping

Penjualan kendaraan amfibi jauh dari target

Hanya saja untuk mobil amfibi terbilang peminatnya sangat kurang. Hal tersebut dibuktikan dengan penjualannya yang kurang dari angka 4.000 di tahun 1961-1968, padahal untuk target penjualannya adalah 2.000 unit.

Akan tetapi ada yang menarik pada tahun ini, jadi kendaraan amfibi milik Presiden Lindon Johnson telah ditemukan. Penemuannya berada pada kawasan peternakan di Texas dan rencananya akan dilakukan penjualan.

Untuk perkiraan harga penjualannya adalah sekitar 5.000 dolar AS, apabila dirupiahkan maka berada di angka sekitar Rp 715 jutaan. Penjualan dilakukan pada 13 Agustus di rumah lelang Bonhams, Carmel, california.

>>> Pertamina Perpanjang Program Berhadiah Hingga 30 November

Gambar ini menunjukkan mobil amfibi tampak belakang

Untuk melaju di air kendaraan amfibi mengandalkan kipas

Di Indonesia sendiri juga terdapat kendaraan amfibi yang dimiliki oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gresik. Jadi mobil ini merupakan kendaraan besutan Mitsubishi yakni New Triton GLS MT Double Cabin 4 WD yang telah dilakukan modifikasi.

Tujuan dari modifikasi yang dilakukan adalah untuk bisa digunakan dalam evakuasi apabila terjadi bencana banjir besar. Dalam prosesnya mobil dipermak habis-habisan hingga tersisa mesin dan rangka saja. Untuk pengerjaan dilakukan oleh perusahaan karoseri Tugasanda.

Meskipun begitu, pihak BPBD Gresik terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada beberapa pakar yang berada di Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tujuannya adalah untuk bisa mendapatkan desain yang sesuai dengan harapan.

>>> Desainnya Keren - Keren, ini 5 Pemenang Kompetisi City Hatch Art Tiap Minggunya

Gambar ini menunjukkan mobil Amfibi milik BPBD Gresik

Kendaraan amfibi BPBD Gresik untuk evakuasi korban bencana

Mobil amfibi tersebut tidak hanya dapat digunakan di medan lumpur saja, akan tetapi juga bisa dipakai untuk melewati banjir dengan ketinggian air bah mencapai 1,5 meter untuk melakukan evakuasi.

Di dalam mobil terdapat kap yang dapat dibuka sehingga bisa melihat tempat korban berada. Selain itu, beberapa alat keamanan lain yang diberikan adalah pelampung, gergaji mesin dan lainnya yang diperlukan untuk kenutuhan saat evakuasi.

"Saya beri nama mobil ini Turonggo Tirto, sarana bagi anggota BPBD untuk menolong dan evakuasi korban bila terjadi bencana banjir di Gresik," tutur Bupati Gresik Sambari Halim Radianto kala itu.

>>> Baca berita menarik lainnya seputar mobil di Mobilmo.com