Musim Lebaran Tahun Ini Tak Ada Pembatasan Truk Logistik

07/04/2020| Fatchur Sag

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat banyak aktivitas warga serba terbatas. Kegiatan pendidikan terganggu, aktivitas ekonomi warga menurun. Banyak orang kehilangan penghasilan karena lebih banyak orang mengurung diri di rumah. Makin susah lagi karena musim Ramadhan dan Lebaran semakin dekat dimana kebutuhan meningkat.

Terkait masalah kelancaran logistik yang menjadi kebutuhan dasar warga, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjamin bakal tetap disuplai dengan baik.

Foto menjunjukkan truk Fuso diparkir rapi

Truk logistik tidak akan dibatasi di musim lebaran tahun ini

“Jadi kemenhub hanya menjamin angkutan logistik tetap boleh beroperasi meski kondisi wabah corona ini'” tutur Staf Ahli Menteri Bidang Logistik Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Cris Kuntadi, seperti dikutip dari Bisnis, (5/4/2020).

>>> Ada Zero ODOL, Mitsubishi Fuso Yakin Penjualan Meningkat

Selain itu, Kemenhub juga berencana menghilangkan pembatasan truk-truk sumbu tiga seperti yang dilakukan musim lebaran tahun-tahun sebelumnya demi kelancaran suplai di atas, dan mengingat kondisi lalu lintas diprediksi masih lengang karena himbauan Work from Home (WFH). Meski demikian, kelonggaran ini tidak berlaku untuk kendaraan-kendaraan ODOL (over dimension over load), mereka tetap dilarang seperti biasanya.

"Saat menjelang lebaran juga yang biasanya truk sumbu 3 atau lebih dibatasi geraknya, tahun ini kemungkinan tidak dibatasi, tetapi ODOL tetap dilarang,” jelasnya, Minggu (5/4/2020).

>>> Ancaman Virus Corona Tak Pengaruhi Pemberantasan Truk ODOL

Foto menunjukkan sejumlah truk menunggu giliran untuk jalan

Tidak ada kelonggaran, truk ODOL tetap dilarang beroperasi

Seperti diketahui pemerintah sedang berencana menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kendaraan dan sarana transportasi bakal dibatasi, kecuali beberapa yang masih diperkenankan lewat. Diantaranya angkutan logistik, kendaraan petugas, ambulance, mobil dinas yang memang berdinas, dan angkutan ternak.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

  • 4 Penghargaan Di ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2020 Diraih Oleh 2 Mobil Sedan Honda

    19/02/2021| Abdul

    4 Penghargaan Di ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2020 Diraih Oleh 2 Mobil Sedan Honda

    Honda menjadi salah satu produsen mobil yang terkenal akan produk-produknya. Yang menarik adalah 2 mobil sedan Honda mendapatkan penghargaan ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2020. Adapun yang diraihnya mencapai 4 penghargaan.

  • Logo Baru GM Dihadirkan, Jadi Tanda Masuk Dalam Industri Kendaraan Listrik

    11/01/2021| Abdul

    Logo Baru GM Dihadirkan, Jadi Tanda Masuk Dalam Industri Kendaraan Listrik

    Lohgo baru GM dihadirkan untuk menjadi bukyti bahwa pihaknya telah siap untuk masuk dalam era kendaraan listrik. Bahkan CEO GM menggelontorkan dana besar untuk membuat kendaraan listriknya. Meskipun begitu, sebelumnya GM sudah memperkenalkan produknya dalam segmen mobil listrik yaitu Hummer EV dan Cadillac Lyriq.

  • Hadir Sejak 2005, SPBU Shell Hadir Juga Di Kota Kecil

    11/01/2021| Abdul

    Hadir Sejak 2005, SPBU Shell Hadir Juga Di Kota Kecil

    SPBU Shell saat ini sudah disediakan untuk kota-kota kecil. Karena sebelumnya hanya disediakan untuk kota besar saja. Dengan begitu masyarakat tentunya akan lebih mudah beraktivitas menggunakan kendaraan saat bahan bakar bisa didapatkan dengan lebih mudah.

International