Mobil Nyentrik Ini Pakai Mesin Suzuki Hayabusa

17/09/2018| Fatchur Sag

Foto Suzuki Hayabusa melintas di jalanan

Suzuki Hayabusa, motor besar dengan tenaga super (foto: DroomTalk)

Ada reviewer yang mengatakan Suzuki Hayabusa adalah motor monster, hanya orang gila saja yang mau mengendarainya. Boleh jadi seperti itu, dengan mesin 1340cc, 4-stroke, liquid-cooled, 4-cylinder, DOHC, yang menghasilkan tenaga 175 hp dan torsi 138 Nm Suzuki Hayabusa bisa melaju hingga 312 km/jam di jalanan bebas hambatan.

Di masa lalu, Suzuki ternyata pernah menggunakan mesin Suzuki Hayabusa untuk menciptakan sebuah mobil sport konsep bernama Suzuki Hayabusa Sport Prototype (HSP). Dikutip dari Motor1, Suzuki HSP menjalani debut pertamanya di pameran otomotif Tokyo Auto Salon 2002.

>>> Mobil Sport Terbaik Yang Pernah Ada, No 3 Bikin Melotot!

Foto keren Suzuki Hayabusa Sport Prototype tampak depan samping

Mobil Suzuki Hayabusa Sport Prototype (HSP) punya desain mirip dengan Panoz Esperante GTR-1 (foto: Motor1)

Suzuki memilih menggunakan mesin dan nama Hayabusa karena Suzuki HSP memang dirancang sebagai mobil sport ringan yang bobotnya hanya 550 kg saja. Secara dimensi juga mendukung, mobil Suzuki Hayabusa HSP hanya punya panjang 3.790 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.100 mm. Untuk performa, dipakaikan mesin naturally aspirated 1.300 cc yang digunakan pada motor GSX-R1300R Hayabusa.

Desain mobil Suzuki Hayabusa HSP juga cukup unik. Dengan dimensi mungil mobil didesain seperti TVR-Esque berpintu gullwing dan sedikit sentuhan Panoz Esperante GTR-1. Sayang, mobil Suzuki Hayabusa HSP ini tidak pernah masuk jalur produksi. Bahkan versi konsepnya saja tidak siap dikendarai di jalan raya. Sangat berbeda dengan motor besar Hayabusa yang kini sudah menjelajah hampir di seluruh jalanan di dunia.

>>> Baca Review Lengkap Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Hayabusa Sport Prototype tampak samping

Foto Mobil Suzuki Hayabusa Sport Prototype tampak samping belakang

Foto interior Mobil Suzuki Hayabusa Sport Prototype, sederhana

Mobil Suzuki Hayabusa Sport Prototype (HSP) tak pernah diproduksi massal, hanya digunakan untuk pameran (foto: Motor1)

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International