Mitsubishi Optimis Xpander Bisa Rebut Pasar Low MPV Dari Avanza

30/07/2018| Fat

Gambar Mitsubishi Xpander tampak dari depan

Diluncurkan di GIIAS 2017, Mitsubishi Xpander langsung fenomenal

Keberhasilan Mitsubishi Xpander mengambil alih tahta Toyota Avanza pada Februari 2018 cukup menghebohkan. Terlebih low MPV pertama milik Mitsubishi tersebut belum lama diluncurkan, yaitu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Sedangkan Avanza sudah 15 tahun mengaspal di Indonesia.

Kehebohan berbalas, usai bertahan selama empat bulan berturut-turut menjadi pemimpin pasar low MPV, Xpander harus rela posisinya diambil kembali oleh Avanza pada Juni 2018.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil sejuta umat andalan Toyota tersebut tercatat sebanyak 4.648 unit, sedangkan Xpander hanya terjual sebanyak 3.278 unit. Situasi ini terus menjadi bahan pemberitaan media sampai sekarang dengan kemasan berbeda namun isinya sama yaitu "persaingan Avanza vs Xpander".

>>> Kembali Rebut Pasar, Penjualan Toyota Avanza Juni 2018 Lebih Baik Dibanding Xpander

Gambar Toyota Avanza tampak dari samping

Avanza benar-benar menghadapi persaingan sengit dengan Xpander

Apakah Mitsubishi bakal menyerah begitu saja?

Jawabannya tentu tidak. Mitsubishi sadar kalau Xpander belum bisa secara total mengalahkan Toyota Avanza meski berhasil merebut pasar low MPV empat bulan berturut-turut.

Keberhasilan Toyota menjual Avanza lebih banyak dari Mitsubishi jual Xpander ditanggapi dengan santai oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor. MMKSI beralasan turunnya penjualan bulan Juni 2018 bukan karena Xpander sudah sepi peminat, tapi lebih karena pendeknya hari kerja karena ada cuti bersama dan libur lebaran.

"Kita terus terang mensupply sesuai dengan kebutuhan produksi maksimum yang dilakukan MMKI. Nah kebetulan di bulan Juni itu working daysnya pendek hanya 2 minggu saja mungkin efektifnya," tutur Head of Sales and Marketing PT MMKSI, Imam Choeru Cahya di Bekasi belum lama ini.

>>> Ingin membeli Xpander terbaru? Dapatkan informasi lebih lanjut hanya di sini

Aktifitas Perakitan Mitsubishi Xpander di pabrik

Mitsubishi terus menggenjot produksi Xpander untuk memangkas inden yang makin mengular

MMKSI berharap laporan penjualan bulan Juli 2018 nanti bakal menempatkan Xpander sebagai pemimpin pasar low MPV lagi menggeser kompetitornya.

"Kita delivery transportasi kan ada pembatasan juga, harapannya bisa recover bulan Juli ini. Hitung-hitungan saya bisa di atas 7.000 unit," katanya yakin.

Penasaran hasil laporannya seperti apa? Tunggu sampai Mobilmo.com memberitakan!

>>> Berbagai berita otomotif bisa Anda dapatkan di Mobilmo

Berita sama topik

International