Konsumen Daerah Boleh Beli Mobil Di Jakarta Dengan Konsekuensi

25/08/2018| Fat

Foto Toyota Innova tampak samping

Beli mobil baru makin mudah, bisa dilakukan dimana saja

Membeli mobil sekarang makin mudah. Hampir semua merek memiliki outlet penjualan di berbagai daerah di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Namun ketertarikan konsumen membeli mobil di Jakarta tetap paling tinggi karena dianggap paling murah.

Bukan rahasia kalau harga mobil di Jakarta memang paling murah. Harga On The Road (OTR) Jakarta dan sekitarnya sering jadi acuan dealer-dealer di daerah dalam menentukan harga. Dan biasanya harga mobil di daerah selalu lebih tinggi dengan selisih jutaan hingga belasan juta rupiah. Bagi sebagian konsumen daerah selisih harga ini cukup menggiurkan.

>>> Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli Mobil Pertama Yang Diimpikan

Pertanyaannya bolehkah konsumen daerah membeli mobil di Jakarta?

Foto salah satu Dealer Toyota Auto2000, megah

Auto2000, salah satu main dealer Toyota terbesar di Indonesia

CSD & Marcom Department Head Auto2000, Cahaya Fitri Tantriani menyatakan sah-sah saja konsumen daerah membeli mobil di Jakarta. Namun ada konsekuensi yang harus ditanggung yaitu STNK yang diterbitkan dan plat nomornya Jakarta juga, alias B. Tidak bisa menggunakan pelat nomor sesuai domisili konsumen.

Hal ini dikarenakan segala kepengurusan surat-surat dan dokumen resmi mobil seperti STNK, pajak dan yang lain dilakukan di Jakarta.

“Tetap (ada) STNK, plat nomor jadi B (Jakarta). Kalau mau pelat nomor lain (daerah domisili konsumen) tidak bisa. Harus diambil (beli) di daerah,” tutur Tantri kepada salah satu media nasional di Jakarta, Kamis (23/8/2018).

>>> Berita unik dan menarik dari dalam dan luar negeri hanya di sini

Auto2000 Jakarta sendiri sangat sering melayani pembelian unit mobil Toyota oleh konsumen daerah luar Jabodetabek dan mereka terima plat nomor mobil-nya menggunakan plat B (Jakarta). Kalau di kemudian hari konsumen ingin melakukan mutasi nomor kendaraan sesuai daerah domisili konsumen, maka segala kepengurusan dan biaya mutasi ditanggung sendiri oleh konsumen.

“Karena ada peraturannya. Di setiap pemda masing-masing (ada aturan/pajak yang berbeda), jadi tidak bisa,” lanjut Tantri.

>>> Membeli Mobil Baru, Ini Waktu Yang Paling Tepat

Penyerahan kunci mobil baru

Konsumen dari daerah boleh membeli mobil baru di Jakarta, tapi pakai plat nomor B

>>> Berita terlengkap dunia otomotif bisa Anda temukan di Mobilmo

Berita sama topik

International