Kompetisi Balap Tuna Netra: Semua Orang Bisa Ikutan

30/07/2018| Padli Nurdin

Dunia balap memang identik dengan kecepatan dan kemampuan menganalisis trek balap. Meskipun begitu, kompetisi balap di India ini menghadirkan sebuah tantangan yang mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang, yaitu kompetisi balap tuna netra.

Memang terdengar aneh, tapi kompetisi balap Blind Man Car Rally sudah bertahun-tahun diselenggarakan di India, dan semua orang dengan keterbatasan penglihatan bisa ikut serta.

Perhatikan bagaimana peserta memberikan arahan kepada pengemudi

Tapi jangan takut, mereka dengan keterbatasan tersebut tidak akan memacu mobil mereka sendirian. Peserta yang ikut terbagi menjadi peserta penyandang tuna netra yang akan menjadi co-driver dan pengemudi dari orang-orang yang masih bisa melihat. Sang co-driver akan menjadi pemandu yang mengarahkan pengemudi untuk menyelesaikan lomba hanya dengan membaca peta dengan huruf Braille.

>>> Waspada, jangan tertipu polisi palsu yang razia kendaraan

Perbedaan terbesar antara reli ini dan kompetisi lainnya adalah sang pengemudi harus mengikuti kecepatan yang ditetapkan untuk memastikan keselamatan semua orang yang terlibat. Anda akan dihukum ketika masuk finis lebih awal, sama seperti ketika Anda terlambat datang.

Kompetisi ini dimaksudkan untuk memberdayakan masyarakat yang memiliki keterbatasan penglihatan dan membuktikan bahwa mereka mampu menjadi bagian dalam sebuah kompetisi balap. Selain itu, kompetisi ini bertujuan untuk menunjukan bahwa kerjasama merupakan satu hal yang diperlukan dalam semua aspek kehidupan.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Dapatkan informasinya hanya di sini

Gambar yang menunjukan seorang tuna netra yang sedang berfoto di dalam mobil

Seorang peserta tuna netra dengan pengemudi

Bukan hanya itu, menurut laporan dari akun Facebook resmi kompetisi ini, semua uang yang didapatkan dari kompetisi ini akan disumbangkan untuk “kesejahteraan orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan dan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu”.

>>> Dapatkan berita unik dari dunia otomotif hanya di Mobilmo.com

Kompetisi ini juga menjadi salah satu balapan paling populer di India, karena lokasi balapan yang berubah setiap tahun. Selain itu,jumlah peserta yang berbeda-beda, meskipun biasanya terdapat lebih dari 85 mobil berlomba dalam trek.

Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi penyandang tuna netra untuk berkompetisi

Sebelumnya, Blind Man Car Rally yang ke-17 diadakan di Surat, salah satu kota di sebelah barat India. Kompetisi yang diikuti oleh 101 tim ini mengambil rute dari Umra Community Hall hingga Piplod dan menempuh jarak sejauh 71 kilometer mengelilingi Surat hingga garis finish yang terletak di pusat kota.

>>> Berita paling lengkap dari dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International