Jalur Sepeda Disiapkan Meski Belum Ada CFD di Jakarta

16/06/2020| Fatchur Sag

Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ke 4 sebagai masa transisi menuju New Normal. Hingga akhir Juni 2020 warga diberi kelonggaran menjalani sejumlah aktivitas seperti berkendara dan berolahraga. Namun, beberapa kegiatan masih belum diizinkan, seperti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD).

Foto menunjukkan sejumlah orang melakukan olahraga bersepeda

PSBB transisi, sejumlah aktivita dilonggarkan

CFD masih ditiadakan

Minggu, 14 Juni 2020 menjadi hari Minggu pertama pemberlakuan masa transisi. Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan (Dishub) masih meniadakan kegiatan Car Free Day (CFD) yang biasa dilakukan di Bundaran HI. Hal itu dilakukan untuk mencegah kerumunan warga yang berpotensi menimbulkan penyebaran ulang COVID-19.

Meski tidak ada CFD, warga diizinkan untuk melakukan olahraga di luar seperti bersepeda, lari pagi, jalan sehat, dan yang lain. Dishub bahkan menyiapkan jalur sepeda secara khusus di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin yang bisa digunakan dari jam 06.00 WIB hingga jam 18.00 WIB.

“Lajur sepeda tersebut disiapkan sehubungan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang masih ditiadakan sementara.” tutur Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Syafrin Liputo seperti dikutip dari NTMC Polri, (14/6/2020).

>>> Hati-Hati, Mulai Hari Ini Ada Sanksi Jika Jadi Penerobos Jalur Sepeda

Banner CFD masih ditiadakan

PSBB transisi, kegiatan CFD belum diizinkan

Syarat patuh protokol kesehatan

Sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19, warga yang bersepeda maupun yang berolahraga lain disyaratkan mematuhi protokol kesehatan berupa memakai masker, menjaga jarak aman, menggunakan botol minum sendirian (tidak bergantian), menjaga kebersihan, serta tidak berkerumum dengan orang/pesepeda lain.

Pesepeda menggunakan lajur paling kiri, pejalan kaki hanya boleh di trotoar dan tidak boleh ke badan jalan. Sementara untuk pedagang masih dilarang berjualan.

“Kita terus memantau perkembangan situasi Covid-19 pada masa transisi PSBB ini. Oleh karena itu, protokol kesehatan wajib diterapkan setiap warga pada setiap aspek kegiatan, termasuk saat bersepeda. Akhir pekan ini, HBKB belum dapat dibuka kembali. Namun, warga dapat memanfaatkan satu lajur paling kiri di Jalan Sudirman-Thamrin untuk bersepeda,” ujarnya.

Untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik sejumlah personel Dishub berjaga di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin beserta personel dari Satpol PP DKI Jakarta.

>>> Berkendara Aman Saat Pandemi Corona, Ikuti Aturan Pedoman PSBB

Foto menunjukkan aktivitas bersepeda tetap memakai masker

Tetap patuh protokol kesehatan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ini Tanggapan Gaikindo Terkait Insentif PPn BM Dari Pemerintah

    05/03/2021| Abdul

    Ini Tanggapan Gaikindo Terkait Insentif PPn BM Dari Pemerintah

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa pemberian insentif PPn BM sudah dilakukan mulai awal Maret 2021. Beragam pihak memberikan pendapatnya terkait hal tersebut. Nah untuk kali ini tanggapan Gaikindo terkait kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

  • Polisi Uji Coba Tilang Elektronik di Banten Hingga 31 Maret

    04/03/2021| Abdul

    Polisi Uji Coba Tilang Elektronik di Banten Hingga 31 Maret

    Hati-hati berkendara di Banten, polisi tengah melakukan uji coba tilang elektronik di beberapa titik persimpangan mulai 1 Maret hingga 31 Maret 2021 mendatang. Jadi uji coba tilang elektronik di Banten merupakan sebuah himbauan kepada masyarakat. Nantinya pada 1 April baru akan dilakukan penindakan secara resmi.

  • Sudah Masuk Maret, Ini Penurunan Harga Mobil Toyota Yang Terkena Relaksasi PPn BM

    02/03/2021| Abdul

    Sudah Masuk Maret, Ini Penurunan Harga Mobil Toyota Yang Terkena Relaksasi PPn BM

    Penurunan harga mobil Toyota terjadi karena sudah mulai dilakukan kebijakan relaksasi PPn BM mulai 1 Maret 2021. Banyak produsen kendaraan yang terkena kebijakan ini, khususnya bagi yang mempunyai kendaraan di bawah 1.500 cc. Kali ini kami informasikan mengenai penurunan harga mobil Toyota, sehingga bagi Sobat yang ingin membeli mobil bisa jadi inilah saatnya.

International