Ikuti Jejak Fiat Chrysler dan BYD, KIA Motors Berencana Bikin Masker

27/03/2020 | Fatchur Sag

Pandemi virus Corona (COVID-19) di Kota Wuhan China mulai menghilang diiringi berkurangnya virus di kota lain di China secara signifikan. Namun kondisi yang berbeda terjadi di negara lain dimana COVID-19 sedang ganas-ganasnya merajalela seperti di Eropa, Timur Tengah dan Asia Tenggara. Sejumlah negara seperti Italia, Swiss dan Spanyol bahkan telah lockdown dan memutus diri dari akses dunia luar demi memutus rantai penyebaran virus.

Gambaran Virus Corona menyebar di seluruh dunia

Virus Corona telah menjadi pandemi global

Atas situasi ini produsen mobil asal Korea Selatan, KIA Motors berencana memproduksi masker di di pabrik mereka di China. Meski KIA sendiri tengah menghadapi situasi sulit karena pabriknya di beberapa negara tutup, hal ini tetap dipertimbangkan demi membantu mencegah penyebaran Corona yang lebih parah.

"Kia dapat membuat masker di pabrik Yancheng setelah pemerintah Cina mendorong pembuat mobil untuk melakukannya," kata juru bicara KIA Motors, sebagaimana ditulis Reuters, (25/3/2020) tanpa menjelaskan kapan waktunya dan berapa jumlah masker yang akan diproduksi.

>>> Susul Geneva, Beijing Motor Show 2020 Batal Karena Corona

Foto menunjukkan logo KIA Motors

KIA Motors berencana produksi masker

Sebelumnya, Fiat Chrysler Automobile (FCA) mengumumkan keputusan memproduksi masker untuk membantu melawan virus Corona. FCA menargetkan memproduksi lebih dari 1 juga masker dalam beberapa minggu mendatang yang akan disumbangkan kepada para polisi, pemadam kebakaran, serta  petugas medis di berbagai negara.

Di China, produsen mobil listrik terbesar BYD secara resmi membuka produksi masker dan disinfektan pada 13 Maret 2020 lalu. Dan saat ini, pabrik yang telah beroperasi penuh mampu menghasilkan sebanyak 5 juta masker dan 300 ribu botol disinfektan setiap hari. Ini adalah langkah nyata BYD dalam membantu pemerintah memerangi dan mencegah penyebaran virus Corona.

Pabrikan mobil yang lain seperti Ford, VW, GM dan yang lain pun mengambil langkah serupa, memproduksi peralatan medis untuk penanganan Corona seperti respirator dan ventilator.

>>> Cegah Penyebaran COVID-19, Kemenhub Batalkan Program Mudik Gratis

Foto seorang pekerja menunjukkan masker

Pabrikan otomotif banyak yang mengkonversi menjadi produsen alat kesehatan

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik