Honda Odyssey 2019, Minivan Pertama Peraih Peringkat Keselamatan “GOOD” dari IIHS

17/08/2018| Padli Nurdin

Honda Odyssey menjadi satu-satua minivan yang diuji coba dan mendapatkan peringkat “GOOD” bagi pengemudi dan penumpang dalam serangkaian tes kecelakaan yang dilakukan oleh IIHS. Selain itu, IIHS juga mengakui bahwa Odyssey memberikan kemudahan untuk pemasangan kursi pengaman anak dengan aman di dalam kendaraan dengan sistem LATCH.

Gambar yang menunjukan mobil baru Honda Odyssey 2019 yang sedang melaju di jalan

Honda Odyssey 2019 mendapatkan peringkat "GOOD " dari IIHS Amerika

Odyssey memenuhi syarat sebagai 2018 IIHS Top Safety Pick, yaitu menjadi mobil dengan tingkat keselamatan tingkat tinggi berdasarkan pengujian IIHS, dengan tambahan lampu-lampu LED dari Honda Sensing yang tersedia pada trim standar EX dan di atas.

>>> Tak terhenti pada MPV dan SUV, Wuling siapkan model lain

"Daftar keselamatan pembeli Minivan sebagai salah satu pertimbangan pembelian terbesar mereka, dan Odyssey terus menjadi pemain terbaik dalam peringkat keamanan independen, lebih menjauhkan diri dari pesaing segmen," kata Ray Mikiciuk, asisten wakil presiden Penjualan Honda Automobile. "Jika Anda berada di pasar untuk minivan dan Anda peduli tentang keselamatan, tidak ada pilihan lain selain Honda Odyssey."

Gambar yang menunjukan mobil lama Honda Odyssey 2014 yang sedang uji tabrakan depan dari IIHS

Honda Odyssey 2014 ketika melakukan uji tabrakan depan dari IIHS

>>> Berbagai berita pasar mobil terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di sini

Small overlap crash atau uji tabrakan depan terjadi ketika hanya sudut depan kendaraan menabrak kendaraan lain atau objek tidak bergerak seperti pohon atau tiang listrik. IIHS mulai menilai kendaraan untuk perlindungan penumpang dalam kecelakaan depan pada tahun 2012 dan menambahkan uji kecelakaan dari sisi pada 2017 untuk memastikan penumpang di kedua sisi mendapatkan perlindungan yang sama.

LATCH, dari pengujian IIHS, merupakan sistem perangkat keras untuk lebih melindungi anak-anak dibandingkan sabuk pengaman pada penumpang dewasa. Pemasangan sabuk dengan LATCH akan lebih efektif dibandingkan menggunakan sabuk pengaman biasa, sebagaimana hasil dari penelitian yang dilakukan oleh IIHS.

>>> Dapatkan review mobil keluaran Honda lainnya hanya di Mobilmo

Uji tabrak depan Honda Odyssey 2018 dari IIHS

Diantara minivan keluaran 2018 hingga 2019 yang dievaluasi, Odyssey merupakan satu-satunya yang mendapatkan peringkat “GOOD+” untuk kemudahan menggunakan LATCH. Peringkat “GOOD+” adalah untuk kendaraan yang memenuhi kriteria untuk peringkat “GOOD” dan memberikan pengamanan ekstra pada lima posisi duduk yang dilengkapi LATCH, tiga di baris kedua dan dua di baris ketiga.

>>> Dapatkan berita terlengkap dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International